in: News | February 11, 2017 | by: Yufianto Gunawan

SSD Optane Pertama Bukan untuk PC?

Raksasa chip dunia, Intel, tampaknya mulai memandang PC bukan sebagai prioritas utama mereka. Intel mulai beralih memperhatikan data center terlebih dahulu, sehingga segmen itu akan mendapatkan prioritas dalam merasakan produk dengan teknologi terbaru mereka. Salah satu yang mulai banyak dibicarakan, data center akan menjadi segmen yang pertama kali akan merasakan SSD Optane.

Intel-Optane

SSD Optane Pertama: untuk Data Center

Intel disebut sudah menyiapkan SSD baru dengan basis Optane, wujud dari 3D XPoint yang dikembangkan Intel dalam beberapa tahun terakhir ini. SSD Optane pertama itu bisa saja disebut sebagai DC P4800X. SSD DC P4800X disebut akan hadir dalam form factor PCIe card, dengan menawarkan kapasitas 375 GB dan standar NVMe.

Selain SSD, Intel seharusnya juga menyiapkan Optane dalam bentuk RAM DDR4. Beberapa waktu lalu, RAM DDR4 Optane ini disebut mulai dibagikan ke rekan-rekan mereka untuk uji coba. Sama seperti SSD Optane, RAM DDR4 Optane disebut juga akan diprioritaskan untuk data center terlebih dahulu.

Janjikan Optane Tetap untuk PC

Namun, Intel tidak akan mengabaikan PC begitu saja. Mereka menyebutkan bahwa salah satu fokus pengembangan dari Optane adalah untuk PC, terutama untuk kalangan gamer. Oleh karena itu, tampaknya hanya tinggal menunggu waktu saja sebelum Intel menyiapkan produk berbasis Optane untuk PC, termasuk SSD.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES