in: News | February 16, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Tour ke Perusahaan Top Taiwan Bersama TAITRA – Hari Keempat

Hari keempat di tur TAITRA kembali diisi dengan mengunjungi markas beberapa perusahaan ternama dari Taiwan. Ada 3 perusahaan yang akan dikunjungi oleh perwakilan media dari 19 negara yang diundang secara khusus oleh TAITRA untuk tur kali ini. Tiga perusahaan yang dikunjungi hari ini adalah Heartway, Hiwin, dan Kenda.

Heartway

Perusahaan ini bergerak di bidang kesehatan dengan produk utama kursi roda, baik manual maupun elektrik. Salah satu fokus dari Heartway adalah teknologi untuk membawa kemudahan bagi hidup manusia, terutama bagi yang membutuhkan bantuan kursi roda untuk mobilitas sehari-hari. Mereka membawa unsur teknologi ke kursi roda mereka, yaitu dengan menggadirkan motor listrik ke kursi roda sehingga memudahkan mobilitas pengguna dengan mekanisme kontrol yang sangat sederhana. Produk Heartway memang terlihat banyak digunakan oleh penduduk di Taiwan, terutama untuk usia lanjut, untuk mobilitas sehari-hari mereka.

Heartway 01

Heartway 02

Heartway 03

Kursi roda elektrik Heartway terbagi ke dalam dua kategori, yaitu untuk indoor dan outdoor, dengan perbedaan ukuran dan kecepatan, serta daya tahan baterai dalam sekali isi ulang. Kursi roda seperti ini ditujukan untuk orang tua atau yang membutuhkan alat bantu mobilitas karena cedera atau hal lain. Selain bisa mendukung mobilitas penggunanya, beberapa tipe kursi roda elektrik juga hadir dengan mekanisme otomatis untuk melipat produk sehingga mudah dibawa ke dalam kendaraan.

Heartway 04

Heartway mengatakan bahwa mereka mendesain produk benar-benar dengan memperhatikan kebutuhan yang ada dengan teknologi untuk mengatasinya, yang membuat produk mereka benar-benar cocok untuk target penggunanya masing-masing. Mereka juga melakukan pengujian yang intensif yang menjamin produk benar-benar bisa digunakan di lingkungan nyata dengan baik. Ke depan, mereka akan terus mengembangkan lagi produk-produk baru dengan fitur dan teknologi yang lebih baik lagi sejalan dengan fokus mereka.

Tim Jagat Review berfoto bersama staff Indonesia yang bekerja di pabrik Heartway
Tim Jagat Review berfoto bersama staff Indonesia yang bekerja di pabrik Heartway

HiWin

Selanjutnya, perwakilan media mengunjungi perusahaan top lain dari Taiwan yang bermarkas di area yang sama, di daerah Taichung, Taiwan, yaitu HiWin. Perusahaan ini bergerak di bidang industri, dengan produk utama mesin untuk berbagai bidang industri presisi, komponen, unit motion control, solar panel, dan berbagai produk industri yang lain. Mereka menyebutkan bahwa produk mereka punya ciri khas kecepatan tinggi dengan presisi tinggi yang mudah diintegrasikan dengan berbagai sistem yang ada.

HiWin 01

HiWin menyebutkan bahwa produk mereka banyak sekali ditemukan di produk yang banyak digunakan oleh banyak orang sehari-hari, baik dalam bentuk komponen atau di balik layar produksi, tetapi tidak mudah dikenali karena umumnya tidak akan terlihat dengan mudah dari luar. Mereka punya banyak sekali pelanggan di seluruh dunia, di mana para pelanggan itu sangat bergantung pada produk HiWin, misalnya untuk komponen di mesin-mesin mereka. Bahkan, HiWin berani mengklaim bahwa banyak perusahaan tidak bisa menjalankan proses produksi mereka. Klaim itu tidak berlebihan, karena mesin-mesin dan komponen yang diproduksi HiWin memang membuat produksi berbagai produk lain, termasuk chip yang banyak digunakan di elektronik.

HiWin 02

HiWin 03

Secara keseluruhan, HiWin sendiri dianggap sebagai perusahaan yang sangat penting di Taiwan. Tanpa kreasi perusahaan ini, banyak produk tidak bisa diproduksi. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila HiWin banyak sekali mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak.

Kenda

Terakhir untuk hari keempat ini, TAITRA mengajak perwakilan media untuk mengunjungi Kenda. Perusahaan ini adalah produsen ban ternama, terutama untuk ban sepeda. Namun, selain ban sepeda, mereka juga memproduksi ban untuk kendaraan lain, termasuk motor dan mobil pribadi.

Kenda 01

Kenda sudah memiliki pengalaman panjang dalam bidang produksi ban, di mana sejak didirikan 55 tahun lalu mereka sudah memproduksi ban, dan termasuk untuk segmen balap. Saat ini, beberapa tim balap menggunakan produk dari Kenda, khususnya untuk produk baru mereka dari lini Valkyrie Pro K1160X, salah satu produk baru mereka. Produk ini memang didesain khusus dengan mengedepankan kebutuhan untuk sepeda balap, dengan tingkat kelekatan yang tinggi dengan permukaan, serta optimasi lain yang membuatnya bisa jadi pembeda.

Kenda 02

Kenda 03

Terkait pengembangan ban sendiri, Kenda selalu mengikuti tren yang ada dengan mengkreasikan ban sesuai dengan kebutuhan yang ada. Ban yang mereka kreasikan akan disesuaikan dengan karakteristik kebutuhan di dunia nyata. Terkait Taiwan sendiri yang jadi salab satu gudang produsen sepeda populer dunia, Kenda juga bekerja sama dengan produsen sepeda ternama dari negara tersebut, seperti Merida, untuk ban sepeda-sepeda yang diproduksi merek-merek tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES