in: News | February 17, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Tour ke Perusahaan Top Taiwan Bersama TAITRA – Hari Kelima

Hari ini merupakan hari terakhir tur ke perusahaan top Taiwan yang digelar oleh TAITRA untuk perwakilan media dari beberapa negara. Sesuai dengan jadwal yang diumumkan saat perwakilan media tiba di Taipei, Taiwan, hari ini tur akan bergerak dari Taichung, sebuah kota di bagian barat Taiwan, kembali ke Taipei di bagian utara. Namub, di perjalanan ke Taipei, akan ada dua pemberhentian, ke dua perusahaan terakhir yang akan kami semua kunjungi, yaitu Ching Hung Machinery & Electric dan E Ink.

Ching Hung Machinery & Electric (CMHER)

Perusahaan yang satu ini merupakan pemain yang cukup ternama di bidang industri, dengan produk utama yang mungkin tidak akan langsung mejangkau kita, sebagai pengguna akhir. Sejak beberapa tahun ini, CHMER langsung bersaing dengan berapa perusahaan asal Jepang di bidang yang sama. CHMER sendiri memproduksi mesin dan alat otomasi lain, dengan presisi dan performa tinggi, yang digunakan oleh perusahaan lain dalam operasional sehari-hari mereka.

CHMER 01

Berdasarkan penjelasan dari perwakilan CHMER, produk-produk mereka umumnya digunakan oleh industri besar, termasuk untuk bidang otomotif dan aviasi. Hal itu membuat presisi menjadi tuntutan yang wajib bisa dipenuhi oleh CHMER, di mana produk mereka harus benar-benar menawarkan presisi yang sangat tinggi, tanpa mengorbankan performa, sehingga bisa dipercaya oleh pelaku industri otomotif dan aviasi. CHMER sendiri menanggapi tantangan itu, yang diberikan oleh pemain besar, dengan menawarkan mesin-mesin yang rutin mendapatkan penghagaan di berbagai tingkat, termasuk Taiwan Excellence dan dari berbagai pihak secara internasional, seperti untuk wire cutter modern terbaru mereka.

CHMER 02

Satu hal yang menarik, CHMER sudah menganggap bahwa mesin presisi tinggi saja sudah tidak lagi cukup untuk era saat ini, sehingga mereka mulai bergerak ke arah yang lebih lanjut, dengan mengintegrasikan IoT ke dalam mesin-meSin buatan mereka. Integrasi dengan IoT memungkinkan CHMER menawarkan mesin pintar yang bisa membantu dalam banyak hal, termasuk menginformasikan berbagai hal ke penggunanya, misalnya terkait anomali di mesin, bahkan ketika pengguna berada di tempat lain, tentunya melalui Internet. Selain itu, CHMER juga mengembangkan sistem big data untuk mesin-mesin mereka yang diharapkan bisa membantu mereka atau pelanggan di bidang penelitian dan pengembangan, serta analisis data untuk pemanfaatan mesin yang lebih baik.

CHMER 03

E Ink Holdings

Sebagai penutup dari tur ke perusahaan top dari Taiwan, TAITRA mengajak para perwakilan media berkunjung ke kantor pusat E Ink. Produk dari E Ink sendiri, e-paper, sudah sangat dikenal, yaitu untuk layar di perangkat eBook Reader, salah satunya di Amazon Kindle. Layar e-paper sendiri adalah layar yang hemat daya dan memiliki tampilan yang sangat mirip dengan kertas, sehingga menarik untuk diaplikasikan di berbagi produk untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu, seperti untuk digital signage, termasuk di luar ruangan karena e-paper sendiri tidak terpengaruh oleh cahaya matahari.

EInk 01

Pengembangan e-paper adalah salah satu fokus dari E Ink, di mana mereka telah berhasil mengkreasikan e-paper dengan kemampuan yang lebih baik dari yang sudah banyak dikenal. Salah satu yang paling menarik adalah layar e-paper yang hanya membutuhkan daya 0.9 mW saja, yang membuatnya bisa digunakan hanya dengan transmisi daya dari NFC. Hal ini akan menawarkan penggunaan yang lebih luas, termasuk untuk perangkat IoT, di mana layar dengan konsumsi daya yang rendah akan jadi keuntungan tersendiri bagi suatu perangkat.

EInk 02

E Ink mengkreasikan pengembangan e-paper sesuai dengan kebutuhan yang ada dalam berbagai skenario. Saat ini, e-paper sudah banyak dipakai, selain di e-reader dan digital signage, layar jenis ini juga digunakan di alat-alat pendukung untuk beberapa bidang, termasuk pendidikan, perbankan, dan transportasi. Perusahaan ini juga telah mengembangkan e-paper yang kompatibel dengan input stylus, sehingga memungkinkan hadirnya tablet super tipis untuk kebutuhan sederhana dengan waktu penggunaan yang panjang dalam sekali isi ulang baterai.

EInk 03

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES