in: News | February 8, 2017 | by: Yufianto Gunawan

WD Mulai Produksi Chip 3D NAND 512 Gb

Salah satu produsen perangkat storage ternama dunia, Western Digital, mengumumkan bahwa mereka telah memulai produksi chip 3D NAND dengan kapasitas besar, 512 Gb. Chip ini disebut menjadi 3D NAND 64-layer pertama yang menawarkan kapasitas besar, hingga 512 Gb. WD menyebutkan bahwa chip ini akan mulai diproduksi massal di paruh kedua tahun 2017 ini.

WD SSD

Kerja Sama dengan Toshiba

Chip 3D NAND 512 Gb ini disebut diproduksi di fasilitas produksi di Yokkaichi, Jepang. Fasilitas produksi yang digunakan oleh WD tersebut merupakan milik Toshiba, yang juga menjadi salah satu pemain besar di bidang storage di dunia. WD dan Toshiba sendiri memang menjalin aliansi untuk produksi chip 3D NAND dengan nama Flash Forward.

WD menyebutkan bahwa produksi 3D NAND 64-layer 512 Gb ini sebagai langkah penting yang menunjukkan bahwa mereka siap menjawab kebutuhan yang ada. Pertumbuhan data yang pesat belakangan ini disebut WD memang menjadi pendorong kebutuhan storage kapasitas besar. Chip 3D NAND 512 Gb ini tentu saja akan bisa mendorong pemenuhan kebutuhan tersebut.

Produksi Massal di Akhir Tahun?

3D NAND 512 Gb ini disebut WD bisa jadi akan siap diproduksi massal di paruh kedua tahun 2017 ini, mendekati akhir tahun. WD sendiri saat ini sudah menawarkan chip 3D NAND 64-layer 256 GB dan 3D NAND 48-layer. Sayangnya, seperti produsen lain yang juga beralih ke 3D NAND, tingkat produksi yang ada saat ini tampaknya masih belum bisa memenuhi kebutuhan pasar, sehingga harga chip NAND masih terus meningkat karena masih kurangnya pasokan dari produsen. Semoga saja hal ini bisa segera diatasi dalam waktu dekat ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES