in: Direct Release | March 3, 2017 | by: Jagat Review

Direct Release: VMware Dukung Penyedia Layanan Komunikasi Sukses Selenggarakan Software-Driven Digital Transformation

Arsitektur Software-Defined dari VMware Dukung Penyedia Layanan Komunikasi dalam Mengelola, Mewujudkan Transformasi serta Meraih Pertumbuhan Bisnis yang Mereka Idamkan

 vmware logo

BARCELONA, Spanyol / MOBILE WORLD CONGRESS (3 Maret 2017) — Di perhelatan Mobile World Congress 2017, VMware Inc. (NYSE: VMW) memamerkan kepiawaiannya mendukung operator penyedia layanan telekomunikasi, kabel, maupun mobile dalam menyelanggarakan transformasi digital menuju terwujudnya sebuah perusahaan penyedia layanan yang makin agile.

Komitmen VMware ini terwujud melalui dihadirkannya arsitektur software-defined terpadu milik VMware yang mencakup lingkup Network Functions Virtualization (NFV), Mobility serta Internet of Things (IoT) yang mendukung perusahaan-perusahaan penyedia layanan komunikasi global atau communications service providers (CSP) dalam menggali seluruh potensi aliran-aliran pendapatan baru bagi bisnis mereka, seperti melalui pemangkasan biaya secara berkesinambungan, meningkatnya fleksibilitas dan makin kokohnya pertahanan keamanan, serta dukungan jaringan yang telah siap teknologi 5G dan Internet of Things (IoT).

Di masa kini, perusahaan CSP dituntut untuk bisa menempatkan kebutuhan secara selaras, yakni antara memenuhi ekspektasi pelanggan yang tinggi dengan seluruh tantangan bisnis yang mereka hadapi, seperti sengitnya kompetisi, makin tingginya biaya, rendahnya tingkat diferensiasi layanan, serta hadirnya model-model bisnis baru. Mereka perlu untuk selalu mengevaluasi bagimana jaringan mereka dibangun, apakah telah mencukupi baik untuk kebutuhan masa kini maupun yang akan datang, dan di sisi lain mereka harus cermat memandang keluar untuk sigap menangkap peluang-peluang dan kebutuhan akan layanan baru. Penyedia Over-the-Top (OTT) punya keunggulan yakni soal kecepatan dan agilitas dalam menetapkan margin service yang tinggi yang tidak terkendala oleh belenggu biaya perluasan jaringan yang tinggi, tidak mengikis aliran-aliran revenue, serta tidak menyebabkan bangkitnya customer churn.

Sementara itu, jaringan 5G yang diharapkan dapat menjadi representasi munculnya gelombang-gelombang baru untuk dilakukannya pembaruan-pembaruan infrastruktur mobile di masa depan telah mulai menampakkan diri di cakrawala. Kehadirannya tentu akan memicu perusahaan untuk melakukan akselerasi dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan akan kapasitas yang besar, menyusul disuguhkannya layanan-layanan baru yang menyita banyak pitalebar, seperti video dan virtual reality, dan terlebih lagi karena kekhasan dari komponen infrastruktur untuk IoT yang begitu terdistribusi.

Hal-hal tersebut tentu akan berdampak luar biasa pada tingkat performa, keandalan, serta kualitas layanan dan pengalaman pelanggan bila jaringan tidak dibangun dalam arsitektur yang tepat. Bagi pelanggan bisnis CSP, komputasi mobile menghadirkan tantangan-tantangan baru, seperti dibutuhkannya model manajemen baru dan tantangan-tantangan di bidang keamanan, sehingga hal ini justru akan memunculkan peluang-peluang baru untuk dihadirkannya penawaran-penawaran baru layanan terkelola.

VMware telah terbukti sebagai inovator software strategis terkemuka dunia yang telah berhasil mendukung suksesnya perusahaan-perusahaan CSP dalam menyelenggarakan layanan-layanan baru dengan cepat hingga terwujudnya kepuasan pelanggan yang makin meningkat, serta di sisi lain mampu mendorong pemangkasan biaya secara signifikan. Dengan dukungan VMware Cross-Cloud Architecture™ yang dipadukan dengan virtual network functions (VNFs) plus aplikasi-aplikasi dari ekosistem kaya milik mitra, perusahaan-perusahaan CSP global diharapkan mampu menghadirkan layanan-layanan terbaik mereka seperti VoLTE, IMS, enterprise SD-WAN, mobility and workspace management, serta IoT untuk beragam layanan seperti mobil terkoneksi, wahana cardas maupun kota cerdas.

Platform VMware ETSI-compliant NFV juga telah berhasil mendukung dilakukannya modernisasi jaringan sehingga perusahaan-perusahaan CSP tersebut bisa menyuguhkan layanan-layanan terdiferensiasi mutakhir yang telah siap 5G di masa depan. Tidak sedikit perusahaan CSP yang telah bermitra dengan VMware dalam menghadirkan layanan Enterprise Mobility Management dan Digital Workspace bagi pelanggan mereka di beragam platform, mobile maupun desktop. Di lini IoT, VMware juga berhasil mendukung perusahaan-perusahaan CSP dalam memaksimalkan seluruh peluang yang ada dengan menyederhanakan dan merampingkan upaya mereka dalam menggelar, mengelola, memonitor, serta menerapkan sistem perlindungan keamanan pada infrastruktur IoT milik mereka.

“Di perpetaan teknologi yang kian cepat berubah dan berevolusi ini, kesuksesan dan pertumbuhan bisnis perusahaan Telko dan CSP yang berkesinambungan bergantung pada strategi transformasi mereka, dari penyedia konektivitas menjadi inovator dalam menghadirkan layanan yang kaya, konten serta pengalaman pelanggan yang makin terpersonalkan” tutur Shekar Ayyar, executive vice president and General Manager, Telco Group at VMware. “Arsitektur software-defined dan tervirtualisasi menjadi katalis dalam mendukung perusahaan-perusahaan penyedia layanan tersebut dalam memodernisasikan jaringan mereka hingga menjadi siap 5G, mendukung dalam membuka cakrawala dan kemungkinan-kemungkinan baru bagi bisnis mereka. Arsitektur software-defined dari VMware yang mendukung strategi NFV, Mobility, dan IoT menjadi kunci bagi CSP untuk mendorong akselerasi tumbuhnya inovasi layanan, meningkatnya operasi dan pengelolaan, serta terwujudnya tingkat skalabilitas yang lebih luas serta kokohnya bangunan keamanan aplikasi dan layanan mobile.”

 

Fondasi untuk Wujudkan Transformasi dan Modernisasi Jaringan –VMware vCloud NFV

VMware vCloud® NFV™ mampu mendukung akselerasi dalam menyuguhkan inovasi dan delivery layanan, memangkas biaya, serta menyederhanakan operasi jaringan, terbukti dari lebih 80 penggelaran NFV oleh lebih dari 45 perusahaan CSP yang melayani total lebih dari 300 juta pelanggan di seluruh dunia. Platform vCloud NFV mendukung organisasi dalam menggelar platform NFV multi vendor dan multi fungsi mutakhir yang menyuguhkan automatisasi layanan, keamanan multi-tenancy, pengelolaan operasi serta keandalan carrier-grade dan telah siap 5G. Hingga hari ini sudah ada 34 VNF yang telah tersertifikasi sebagai VMware Ready for NFV, dan beberapa di antaranya telah digelarkan di lingkungan pelanggan produksi. Dengan menggelar vCloud NFV, CSP dimungkinkan untuk dapat membangun layanan-layanan baru, melakukan provisi, bahkan langsung bisa memasarkan layanan-layanan baru tersebut dalam waktu beberapa hari saja, tidak lagi dalam hitungan bulan. Ini tentu akan mendorong naiknya kualitas layanan dan pengalaman bagi pelanggan, serta terpangkasnya OPEX dan CAPEX secara signifikan.

Di kancah arsitektur masa depan, standar terbuka dan sumber terbuka diramalkan akan memiliki peran yang signifikan bagi perusahaan-perusahaan CSP dalam menghadirkan layanan. Dengan VMware Integrated OpenStack, platform vCloud NFV mendukung arsitektur terbuka dalam melakukan integrasi dan kebutuhan akan interoperability. Hal ini dibuktikan oleh fakta bahwa VMware adalah perusahaan terkemuka dan pemimpin di berbagai inisiatif sumber terbuka yang pernah ada. VMware belum lama ini bermitra dengan AT&T, China Mobile, serta operator-operator global terkemuka lainnya sebagai salah satu penggagas berdirinya Network Automation Platform (ONAP) Project.

ONAP merupakan gabungan dari open source ECOMP and Open Orchestrator Project (OPEN-O), dua inisiatif besar di kancah networking sumber terbuka, yang menggagas terciptanya framework yang komprehensif dan harmonis untuk software automation real-time yang berbasis kebijakan pada fungsi-fungsi jaringan virtual yang memungkinkan penyedia dan pengembang layanan cloud, IT, jaringan, dan software untuk membangun layanan-layanan baru secara lebih cepat. VMware juga merupakan partisipan utama di OpenStack, Open vSwitch and Open Source MANO (OSM).

Simak press release mengenai peluncuran VMware vCloud NFV 2.0

 

Dorong Tumbuhnya Revenue melalui Layanan Enterprise Mobility Management dan Digital Workspace

VMware dukung CSP menyuguhkan layanan enterprise mobility bagi pelanggan bagi semua perusahaan dengan beragam tingkatan lifecyclemobilitas. Carriers bisa memasarkan kembali VMware AirWatch®, Enterprise Mobility Management terkemuka, dan menawarkan AirWatch sebagai solusi layanan terkelola melalui VMware vCloud Air™ Network Program. AirWatch mendukung manajemen dan keamanan perangkat milik pelanggan dalam array yang luas, termasuk perangkat BYO devices dan perangkat yang dijual oleh perusahaan CSP, serta mendukung layanan kolaborasi kelas enterprise, email dan file sharing yang memerlukan perencanaan data.

Kini makin banyak perusahaan CSP yang mulai menawarkan layanan Digital Workspace melalui VMware Workspace™ ONE™ yang berhasil mengoptimalkan produktivitas sekaligus tingkat kenyamanan bagi para pengguna mobile melalui pengalaman yang disajikan, “any app, any device.” Dengan menawarkan seluruh aplikasi – meliputi mobile, web, Windows (including Windows 10), virtual, atau cloud – pada portal aplikasi tunggal dengan integrasi identitas untuk single sign-on, penyedia layanan bisa menghasilkan revenue secara maksimal dari berbagai peluang baru yang tercipta, seperti penggunaan data enterprise, software resale dan layanan-layanan lainnya. VMware mendukung CSP dalam mengembangkan portofolio layanan professional yang mencakup penawaran-penawaran konsultatif/strategis, penggelaran, dukungan, serta layanan terkelola.

Simak tautan ke berita berikut mengenai peluncuran AirWatch Managed Services

 

Hemat Biaya, Scalable IoT, dari Teknologi Edge ke Cloud

VMware dukung CSP memaksimalkan peluang-peluang IoT yang ada secara internal, serta dengan pelanggan, dengan menyederhanakan proses pengelolaan, monitor, penggelaran, serta penerapan sistem keamanan yang kokoh pada infrastruktur IoT. VMware mendukung pelanggan di seluruh lini IoT value chain – mencakup seluruh hal, jaringan edge, data, network, aplikasi, dan pengguna – dengan solusi manajemen operasi berkelas enterprise yang aman dan menyeluruh untuk IoT. Bersama VMware, pelanggan kini bisa mengelola dan mengoperasikan jutaan hal dengan mudah, cerdas dan akurat sejalan dengan gencarnya inovasi yang tumbuh berkat IoT use cases yang dapat terselenggara dengan lebih cepat.

Simak tautan ke berita berikut ini mengenai kemitraan VMware dengan HARMAN di bidang IoT

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES