Hands-On de.Light: Lampu LED dengan Jaringan WiFi

Reading time:
March 18, 2017

Penggunaan

Kemudahan pemasangan tampaknya menjadi salah satu fokus XY Connect untuk perangkat ini. Pemasangan perangkat ini hingga bisa digunakan sepenuhnya bisa dilakukan dengan sangat mudah, di mana pemilik hanya perlu memasang lampu di tempatnya, memasang adapter di stop kontak listrik, serta menghubungkan kabel Ethernet dari router ke adapter. Setelah hal itu dilakukan, koneksi akan dibangun secara otomatis dan pengguna sudah bisa menggunakan WiFi yang ada di dalam lampu.

de.Light - 08

Informasi terkait SSID dan password WiFi untuk de.Light dicantumkan oleh XY Connect di kemasan produk. Pengguna juga bisa memanfaatkan QR Code yang ada di kemasan untuk koneksi cepat. Bila dibutuhkan, pengguna juga bisa mengubah SSID dan password WiFi dari de.Light ini.

de.Light - 11
Aplikasi Android untuk de.Light

Terdapat beberapa parameter operasi yang bisa diubah dari de.Light ini, dan hal itu bisa dilakukan baik dengan memanfaatkan aplikasi yang tersedia di Google Play Store untuk Android atau melalui web browser dari perangkat apapun. de.Light ini menawarkan dua mode operasi, yaitu gateway dan bridge. Untuk mode gateway, de.Light akan membangun jaringan lokal sendiri dan bertindak seperti sebuah router, sementara untuk mode bridge, de.Light akan meneruskan konfigurasi jaringan dari jaringan induknya.

de.Light - 13

Menariknya, di mode gateway, perangkat ini menawarkan opsi pengaturan yang mirip dengan sebuah router rumahan sederhana, lengkap dengan konfigurasi DHCP Server, VPN Passthrough, NAT, dan beberapa opsi konfigurasi lain. Satu hal yang menarik, XY Connect menawarkan juga opsi update firmware, mirip dengan yang umum ditawarkan di router, untuk de.Light ini. XY Connect menyebutkan bahwa update firmware bisa saja akan menghadirkan fungsi tambahan untuk de.Light di kemudian hari.

de.Light - 12

Terkait fitur lampu LED di de.Light, pengguna bisa mengatur tingkat brightness dari lampu, baik melalui aplikasi Android atau dari dashboard konfigurasi. Terdapat juga fitur untuk menjadwalkan kapan lampu akan menyala dan padam. Terdapat juga opsi untuk mengatur kapan lampu beroperasi di Day Mode dan Night Mode. Perbedaan kedua mode itu sendiri ada di tingkat brightness, di mana Day Mode akan menawarkan tingkat brightness di atas Night Mode.

Satu hal yang kami rasa agak sedikit mengganggu penggunaan sehari-hari dari de.Light adalah aplikasi Android yang tampaknya masih kurang stabil. Kami seringkali mendapatkan pesan kesalahan di mana aplikasi gagal mengirimkan konfigurasi ke de.Light. Selain itu, kami juga tidak menemukan konfigurasi untuk Day Mode dan Night Mode. Walaupun begitu, hal ini harusnya bisa diatasi dengan mudah melalui update aplikasi dan firmware.

Kesimpulan

(+)

  • Perangkat WiFi yang unik
  • Kemudahan instalasi & penggunaan
  • Lampu LED modular
  • Kontrol dari aplikasi Android
  • Penjadwalan waktu aktif lampu
  • Opsi konfigurasi terbilang lengkap
  • Pilihan mode operasi gateway atau bridge

(+/-)

  • Hanya mendukung WiFi 2.4 GHz, belum mendukung 5 GHz. Namun, dukungan untuk WiFi 802.11 n 300 Mbps yang ditawarkan oleh de.Light kami rasa masih bisa dikategorikan cukup baik.

(-)

  • Opsi warna terbatas (5000K & 3000K)
  • Kabel Ethernet yang disertakan terlalu pendek
  • Aplikasi Android masih kurang stabil
de.Light - 09
de.Light ketika menjalankan tugasnya, sebagai lampu dan pemancar sinyal WiFi.

de.Light dari XY Connect ini bisa dikatakan merupakan produk yang menarik untuk siapa saja yang ingin memperluas jangkauan WiFi di tempat tinggal atau kantor. Kemudahan pemasangan yang ditawarkan oleh de.Light, serta fungsinya yang lebih dari sekedar pemancar sinyal WiFi biasa menjadi pendukung daya tarik tersebut. Saat ini de.Light memang hanya tersedia dalam opsi warna yang terbatas. Namun, melihat desain dari produk yang satu ini, XY Connect seharusnya bisa meningkatkan lagi tawaran mereka di kemudian hari.

de.Light - 10
Kabel Ethernet di paket penjualan de.Light

Paket penjualan yang diberikan XY Connect untuk de.Light ini terlihat minimal sekali, tetapi memang itulah yang dibutuhkan de.Light untuk beroperasi. Satu hal yang mungkin akan dirasa sedikit menyulitkan bagi beberapa pengguna adalah kabel Ethernet di paket penjualan yang bisa jadi terlalu pendek. Kabel itu hanya memiliki panjang sekitar 80 cm, dan tentunya akan sulit menghubungkan router dengan adapter bila penempatan router cukup jauh dari stop kontak listrik.

de.Light - 14
Modul LED cadangan untuk de.Light

Tersedianya aplikasi Android untuk membantu kontrol lampu ini menjadi nilai positif tersendiri, terlebih lagi fungsi yang ditawarkan bukan hanya sekedar untuk kontrol lampu aktif atau tidak, tetapi juga untuk jadwal penggunaan lampu. Aplikasi ini kami rasa masih butuh disempurnakan lebih jauh lagi, karena kami sendiri mendapati beberapa ketidakstabilan di fungsi yang ada. Namun, ini sudah merupakan langkah positif bagi XY Connect untuk produk de.Light ini.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…