in: Desktop | March 13, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Kenapa Pilih “Merakit” Desktop Branded?

Tidak dapat dipungkiri, komputer sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari masyrakat modern. Oleh karena itu tidak aneh jika sebagian masyarakat mulai menjadikan komputer sebagai kebutuhan utama yang tidak terelakkan. Walaupun harus mengeluarkan biaya banyak di awal, manfaat dari memiliki komputer memang akan dirasakan kemudian.

Untuk masyarakat yang baru ingin memiliki komputer, membeli PC desktop biasanya lebih disukai karena menawarkan rasio performa dan harga lebih menarik dibandingkan notebook/laptop. Terlebih PC desktop dapat dengan mudah di upgrade ke depannya dengan pilihan komponen beragam dan mudah didapatkan di toko komputer. Ini menjadi solusi yang jauh lebih efektif untuk mengikuti perkembangan super cepat performa komputer selama beberapa tahun terakhir ini. Jangan sampai, aktivitas yang esensial, terutama yang berhubungan dengan konten multimedia seperti film, musik, ataupun video game berakhir memble karena ketidaksigapan tersebut.

Acer T3 Series

Tetapi di sisi lain, agak sulit juga memungkiri bahwa masih ada sebuah pemahaman keliru di kalangan gamer PC, bahwa merakit sebuah PC akan selalu berarti mengkombinasikan ragam perangkat keras dari varian merk secara bebas, yang kadang berakhir jadi sumber bencana baru. Komponen yang ternyata tidak berkualitas, tidak bisa dioptimalkan satu sama lain, hingga masalah garansi misalnya. Padahal ada satu solusi efektif yang menggabungkan kenikmatan merakit tersebut, tetapi sekaligus mempertahankan nilai positif yang bisa didapatkan dari sebuah PC branded. Sudah pernahkah Anda mendengar konsep “merakit” Desktop Branded?

Percaya atau tidak, konsep ini memang eksis. Bahwa tak lagi harus mengandalkan pengetahuan Anda yang mungkin terbatas terkait komponen yang bisa dioptimalkan untuk mengejar kebutuhan spesifik, dari sekedar design hingga gaming sekalipun, Anda hanya perlu memilih opsi yang sudah disederhanakan. Opsi yang hadir dengan kepastian bahwa Anda akan mendapatkan keuntungan sebuah PC rakitan, dan sekaligus keuntungan sebuah PC Branded di saat yang sama. Bagi para pelaku UKM dan bisnis startup yang energinya sudah tercurahkan untuk menyelesaikan begitu banyak tantangan yang selalu muncul secara konstan, keputusan seperti ini setidaknya bisa membuat satu beban “lepas” begitu saja. Memastikan bahwa perangkat komputer yang Anda gunakan untuk kepentingan bisnis, selalu bisa diandalkan di segala situasi dan aman dari sisi teknis akan membuat Anda punya energi untuk mencurahkannya ke hal yang lebih esensial.

Jadi, apa yang sebenarnya menarik dari konsep “merakit” Desktop Branded? Ini dia:

Kualitas Komponen Lebih Terjamin

Saat membeli PC desktop rakitan, biasanya akan digunakan komponen dengan merek beragam. Padahal merek satu dan lainnya bisa jadi memiliki kualitas tidak sama. Tentu Anda tidak menginginkan investasi besar pada PC desktop menjadi sia-sia akibat satu komponen “ngambek” bekerja. Bahkan ada kasus dimana akibat satu komponen memiliki kualitas kurang baik justru merusak komponen lain yang memiliki kualitas baik.

Quality Checklist

Kasus di atas tentu saja sangat sulit ditemukan jika membeli PC desktop branded. Setiap komponen dari PC desktop branded telah menjalani quality control ketat untuk menjamin kualitas terbaik hingga ke bagian paling kecil sekalipun. Anda tak perlu lagi dipusingkan dengan keharusan untuk memikirkan hal di luar performa, yang memang seharusnya tak terjadi.

Kompatibilitas Lebih Baik

Tidak hanya faktor kualitas, penggunaan komponen dari beragam merek pada PC desktop rakitan menimbulkan resiko kurangnya kompatibilitas antar komponen. Tidak kompatibelnya komponen satu dengan lainnya bahkan dapat menimbulkan resiko PC desktop menolak bekerja dengan semestinya. Jika sudah seperti ini waktu dan biaya menjadi terbuang karena perlu melakukan penggantian komponen yang tidak kompatibel sampai masalah terselesaikan.
Pada PC desktop branded, produsen tidak hanya memilih komponen dengan kualitas terbaik tetapi juga yang memiliki kompatibilitas baik satu dengan lainnya. Setiap komponen melalui serangkaian pengujian secara ketat untuk menjamin kompatibilitas terbaik dengan komponen lainnya. Jika diumpamakan, Anda seperti membeli sebuah kunci gembok di pasar swalayan, yang tentu saja datang dengan kunci dan gembok yang sudah sesuai. Bukannya dilemparkan di sebuah counter besar yang mengharuskan Anda untuk membeli gembok dan mencari kuncinya sendiri-sendiri, di tengah tumpukan yang begitu masif. Masuk akal? Tentu saja.

Layanan Purna Jual Satu Pintu

Seperti kami utarakan di atas, PC desktop rakitan biasanya menggunakan prosesor merek X, motherboard merek Y, graphics card merk Z, dan sebagainya. Tentu saja hal ini akan menimbulkan kerumitan tersendiri saat komponen mengalami masalah dan mengurus perbaikan. Bukan tidak mungkin komponen merek satu dan lainnya memiliki pihak distributor yang berbeda dengan kebijakan garansi dan perbaikan yang berbeda pula.
Bayangkan jika lebih dari satu komponen yang mengalami masalah. Akan ada banyak waktu, tenaga, dan biaya terbuang untuk mengurusnya. Belum lagi aktivitas Anda yang akan terganggu akibat PC desktop mengalami masalah. Itupun berada dalam skenario “seandainya”, tiap distributor berbeda ini memang berakhir menjadi distributor yang bisa diandalkan terkait layanan purna jual.

Service Center

Masalah tersebut tidak akan Anda hadapi di PC desktop branded. Ia datang dari satu pihak distributor sehingga akan memudahkan dalam mengurus garansi dan perbaikan jika salah satu komponen mengalami masalah. Cukup dengan mendatangi satu lokasi service center untuk mengurusnya. Tentu saja di service center juga melayani proses upgrade komponen PC desktop jika memang dibutuhkan.

Acer Creacer 01 v2

Sejumlah keunggulan di atas tentu saja membuat PC desktop branded dapat menjadi pilihan menarik bagi masyarakat yang akan memiliki komputer. Terlebih calon pembeli PC desktop branded kini dapat melakukan kostumisasi pada spesifikasi komponen sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekaligus anggaran yang tersedia. Salah satunya datang dari produsen Acer melalui program terbaru mereka CreAcer.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES