in: Notebook / Laptop | March 24, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Notebook Gaming Untuk Anak Kampus

Teknologi memang memanjakan manusia. Kemudahan yang ditawarkan oleh perangkat pintar seperti smartphone misalnya, kini memungkinkan Anda untuk menarik informasi esensial dari internet dalam waktu sepersekian menit tanpa perlu lagi harus sibuk mondar-mandir ke perpustakaan. Bahkan, Anda kini juga bisa membawa alat komputasi langsung masuk ke area perkuliahan. Benar sekaili, kita berbicara soal si komputer ringkas – notebook yang sepertinya jadi sebuah benda “wajib”, terutama jika Anda masuk ke perguruan tinggi.

College Classroom

Dengan ragam karya tulis atau praktik langsung ilmu yang didapatkan, notebook menjadi salah satu perangkat esensial untuk mahasiwa / mahasiswi saat ini. Anda tentu tak mungkin membawa desktop ke ruang kelas. Lewat notebook, Anda berkesempatan untuk membuka ruang diskusi bersama dengan teman yang lain atau sekedar mengerjakan tugas yang dibutuhkan secara instan. Apalagi jika mata kuliah yang Anda ambil memang bersinggungan erat dengan teknologi yang satu ini.

Tetapi apakah notebook untuk aktivitas perkuliahan seperti ini harus terbatas pada notebook kerja dengan performa yang standar? Sementara di sisi lain, tidak sedikit produsen notebook di luar sana yang menawarkan varian notebook lebih kuat dari sisi performa yang kemudian disematkan dengan label “gaming” di dalamnya. Bahwa yang dibutuhkan seorang mahasiswa memang sebuah notebook standar yang hanya bisa dipakai untuk sekedar browsing dan mengerjakan Microsoft Word saja? Tunggu dulu, tahan dulu prejudice Anda yang satu ini. Satu yang sering tidak disadari oleh para mahasiswa / mahasiswi, adalah keuntungan yang bisa mereka peroleh dari sebuah notebook dengan label gaming di atasnya.

Acer Aspire VX15_0

Kita tentu saja tidak sekedar berbicara soal prestige saja karena Anda membawa sebuah varian notebook dengan harga tinggi, tetapi juga soal performa dan fungsionalitasnya sendiri. Bahwa dengan “jeroan” yang lebih baik dan performa yang lebih optimal di segala aspek, ada banyak hal yang bisa Anda capai. Dari hal lebih rasional seperti kemampuan yang mampu memfasilitasi kebutuhan Anda jika Anda termasuk mahasiswa yang berkecimpung di jurusan yang mengandalkan aplikasi objek tiga dimensi atau desain, hingga sekedar kepastian bahwa Anda selalu punya “senjata”untuk melepas penat dari aktivitas belajar setiap harinya. Lantas, keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan memilih notebook gaming dibandingkan dengan notebook biasa? Ini dia:

Performa Sekencang PC Desktop

Notebook gaming dirancang oleh produsen dengan kemampuan menjalankan game keluaran paling baru sekalipun dengan lancar. Oleh karena itu produsen melengkapi notebook gaming dengan komponen-komponen performa tinggi seperti pada prosesor, memori/RAM, graphics card, dan juga storage. Menariknya, pesatnya perkembangan teknologi membuat komponen pada notebook gaming kini sama hebatnya dengan komponen pada PC desktop.

NVIDIA GTX 10 Series Laptop Performance

Lihat saja varian prosesor Intel yang digunakan di notebook gaming yang menggunakan hardware sama persis dengan versi desktop. Belum lagi NVIDIA dengan GTX 10 Series mereka yang tidak lagi membedakan kemampuan antara graphics card desktop dan notebook. Kondisi seperti itu tentu saja membuat anak kuliah tidak perlu membeli dua perangkat terpisah untuk mengakomodir kebutuhan akan komputer kencang dan komputer yang praktis dibawa. Kemampuan dua platform berbeda kini di dapatkan di dalam satu perangkat.

Komponen Kualitas Atas

Acer Aspire VX15 Component

Dengan beban kerja luar biasa, notebook gaming dituntut tetap mengeluarkan kemampuan terbaiknya setiap saat. Oleh karena itu tidak aneh jika produsen notebook gaming akan menggunakan komponen dengan kualitas di atas notebook biasa. Hal ini tentu untuk menjamin durabilitas terbaik selama operasional. Penggunaan komponen kualitas tinggi setidaknya menjamin komputer penunjang aktivitas kuliah siap digunakan disaat paling genting sekalipun.

Sistem Pendingin Lebih Baik

Acer Aspire VX15 Cooler

Dengan semua komponen notebook gaming bekerja dengan beban penuh dalam jangka waktu lama, dibutuhkan sistem pendingin dengan performa terbaik untuk menjaga temperatur tetap di batas normal atau aman. Disinilah keunggulan lain notebook gaming dibandingkan notebook biasa. Notebook gaming menggunakan sistem pendingin dengan kemampuan lebih baik dalam “menjinakkan” panas dibandingkan notebook biasa. Seperti kita ketahui panas berlebih memiliki resiko membuat sistem bekerja tidak stabil atau mengurangi dengan cepat umur komponen. Tentu saja dua hal seperti itu tidak diinginkan terjadi ditengah kesibukan dan padatnya kegiatan kuliah bukan?!

Fitur Lebih Mumpuni

Ditujukan untuk aktivitas bermain game, notebook gaming tentu saja tidak menjadikan performa sebagai satu-satunya nilai jual. Notebook gaming juga datang dengan sejumlah fitur menarik seperti penggunaan layar dengan panel berkualitas yang menjadikan komponen ini penting untuk anak kuliah yang begulat di desain, keyboard “gaming grade” yang dirancang untuk penggunaan secara intensif, sistem tata suara lebih canggih, dan masih banyak lagi. Fitur yang mungkin tidak atau sulit di dapatkan pada notebook biasa.

Future Proof

Tingginya spesifikasi hardware notebook gaming membuatnya lebih siap menangani aplikasi komputer yang ada saat ini maupun masa depan. Memang lumrah terjadi jika aplikasi komputer di masa depan akan menuntut kemampuan hardware lebih kencang dibandingkan saat ini. Bayangkan jika anak kuliah hanya menggunakan sebuah notebook biasa dengan performa pas-pasan. Di tahun pertama penggunaan mungkin tidak ada kendala dalam menjalankan aplikasi komputer dengan lancar. Akan tetapi bagaimana beberapa tahun kemudian. Bukan tidak mungkin aplikasi komputer bekerja lebih lambat sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk pengerjaan. Bukan tidak mungkin pula pembelian notebook baru yang lebih kencang harus dilakukan agar aplikasi komputer bekerja lebih cepat. Memilih notebook gaming sejak awal akan menghindarkan kejadian seperti itu dan anak kuliah menjadi lebih fokus dalam berprestasi.

Sarana Belajar yang Lebih Efektif

Menyandang gelar mahasiswa, anak kuliah tentu dituntut untuk mempelajari berbagai hal baru. Tidak hanya untuk menunjang aktivitas kuliah mereka tetapi juga mempersiapkan mereka dengan dunia kerja. Untuk anak kuliah yang ingin mempelajari dan terjun ke dunia desain 2D/3D, video editing, arsitektur, atau semacamnya, kebutuhan akan komputer kencang menjadi tidak dapat dielakkan. Aplikasi untuk desain 2D/3D, video editing, CAD untuk arsitektur memang akan lebih “mulus” dijalankan dengan komputer dengan performa tinggi.

AutoCAD

Notebook biasa memang masih dapat menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut akan tetapi coba bayangkan ketidaknyamanan yang akan di dapatkan akibat keterbatasan performa. Belum lagi banyaknya waktu yang dibuang untuk menunggu aplikasi terbuka, membuka data, menunggu proses render, dan masih banyak lagi. Bukan tidak mungkin hal-hal seperti itu justru membuat seorang anak kuliah menjadi malas menggunakan apalagi mempelajari aplikasi tersebut.

Notebook gaming dengan kelas performa sekelas PC destop akan membuat aktivitas anak kuliah yang melibatkan aplikasi kelas berat seperti itu menjadi lebih menyenangkan. Mereka dapat lebih memfokuskan diri pada pembelajaran dan tidak perlu dibuat pusing karena “lambat”-nya komputer. Oleh karena itu tidak aneh jika notebook gaming menjadi sarana lebih efektif untuk belajar bagi anak kuliah terutama untuk mereka yang akan menggeluti dunia desain 2D/3D, video editing, arsitektur, atau semacamnya.

Acer Aspire VX15_J

Pandangan “notebook gaming mahal” memang lumrah ditemukan di kalangan pengguna tertentu. Harga notebook gaming memang biasanya akan lebih tinggi dibandingkan notebook biasa. Akan tetapi hal tersebut memang tidak aneh mengingat notebook gaming menawarkan lebih banyak keunggulan daripada notebook biasa.

Dengan biaya kuliah terus meningkat setiap tahunnya, anak kuliah memang dituntut untuk “pintar” dalam mengalokasikan penggunaan dana. Akan tetapi memiliki notebook gaming untuk menunjang kuliah tanpa perlu mengeluarkan biaya terlampau besar bukanlah impian semata. Salah satu produk notebook gaming generasi terbaru dengan harga ekonomis datang dari produsen Acer dengan Aspire VX15 Series mereka.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES