in: News | March 6, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Pasar Kamera Digital Terus Menurun

Periode buruk yang terjadi di pasar kamera digital disebut masih berlanjut pada tahun 2016 lalu. Pasar kamera digital disebut kembali mengalami penurunan, enam tahun berturut-turut, sejak terakhir kali mengalami peningkatan pada tahun 2010 lalu. Bahkan, untuk tahun 2016, penurunan yang terjadi bisa dikatakan sangat besar bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

DSLR

Turun Hingga 35%

Sepanjang tahun 2016, produsen kamera digital disebut hanya berhasil mencatatkan penjualan sebesar 23 juta unit saja. Angka itu turun 35% bila dibandingkan dengan tahun 2015, di mana produsen masih bisa menjual sekitar 35 juta unit kamera. Sementara bila dibandingkan dengan tahun 2010, tahun dengan angka penjualan tertinggi, penjualan tahun 2016 sudah turun sebesar 81% dari saat itu.

Kamera Terlalu Canggih

Berdasarkan laporan yang ada di Internet, penurunan penjualan kamera digital ini ternyata dipicu oleh “ulah” produsen kamera sendiri. Kamera yang tersedia dari beberapa tahun lalu dinilai masih sangat layak untuk digunakan dan bisa menghasilkan foto yang masih terbilang sangat baik. Hal itu membuat siklus pembelian kamera baru menjadi sangat panjang, dan menyebabkan pasar kamera digital tidak bisa berkembang.

Selain itu, disebutkan juga bahwa pengguna kamera DSLR dan mirrorless yang ingin membeli kamera baru umumnya menjual kamera lama mereka dengan harga rendah. Hal itu memicu ketertarikan terhadap produk bekas, sehingga juga menghambat perkembangan pasar kamera digital. Namun, semua hal ini bisa jadi sudah masuk ke dalam perkiraan produsen kamera digital, sehingga mereka seharusnya sudah bisa mengatasi kondisi “buruk” ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES