in: Processors | March 2, 2017 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Review Prosesor AMD RYZEN 7 1800X

Performance Test – Sintetis

Benchmark sintetis dilakukan dengan sebuah software khusus benchmark PC yang merupakan simulasi dari aplikasi/program yang kita jalankan pada kehidupan sehari-hari (misalnya: Cinebench, 3DMark). Benchmark sintetis akan menghasilkan sebuah output/nilai yang mudah dibaca, serta pengujiannya mudah dijalankan dan pengujiannya mudah diulang, namun bisa jadi hasilnya tidak selalu mencerminkan keadaan spesifik pada aplikasi real-world.

Kami menguji 2 benchmark sintetis dari AIDA64 untuk melihat beberapa variabel khusus, dan juga 4 benchmark sintetis yang sudah cukup sering kami gunakan pada berbagai pengujian hardware,

Berikut pengujiannya:

 

AIDA64 CPU Queen

1_AIDAQueen

AIDA64 CPU Queen merupakan sebuah benchmark sederhana yang menguji kemampuan branch prediction (dan misprediction penalty) dari prosesor yang diuji, semakin besar nilainya, semakin baik.

1_AIDAQ

AIDA64 Cache & Memory Benchmark

2_AIDAMemory

AIDA64 Cache & Memory Benchmark sangat popular dipakai untuk menguji performa memori(RAM) secara singkat. Kami mengambil data dari performa Memory Read dan juga Memory Latency untuk mengetahui seberapa bagus performa RAM pada platform tertentu. Test ini dipengaruhi oleh seberapa efisien si memory controller pada sistem saat bekerja, lalu juga frekuensi kerja memori,dan tentunya latency/timing dari memori yang digunakan.

*) Catatan: Pihak AMD mengatakan bahwa pengujian AIDA64 Cache & Memory benchmark belum 100% dioptimalkan untuk ‘mengenali’ AMD Ryzen, jadi kami hanya menaruh benchmark ini sebagai referensi nilai.

2_AIDAMemR

3_AIDAMemL

Cinebench R15 (version 15.038)

3_CBR15

Cinebench R15 merupakan aplikasi benchmark untuk mengukur kemampuan prosesor atau graphics card saat melakukan rendering sebuah objek 3D. Hasil pengujian disajikan dalam bentuk skor. Semakin tinggi skor yang dihasilkan, berarti semakin cepat pula PC Anda melakukan operasi rendering. Kami mengambil 2 (dua) skor, yakni dengan konfigurasi Multi-Core untuk melihat performa multi-threaded, dan juga konfigurasi Single-Core untuk melihat performa single-threaded.

4_CBR15_MC

5_CBR15_SC

 

Geekbench 3

4_Geekbench3

Geekbench 3 adalah sebuah benchmark singkat yang dapat mengukur kemampuan prosesor dalam menangani beberapa workload integer dan floating-point, sekaligus juga kemampuan memori yang terdapat dalam sistem. Data disajikan dalam bentuk skor, semakin besar semakin baik. Sudah ada update untuk benchmark ini yakni Geekbench 4, namun kami masih menggunakan Geekbench 3 karena ada memory score terpisah di sini. Kami mengambil skor Single-Core, Multi-Core, dan juga Memory Score(multi-core)-nya.

6_GB3_MC

6B_GB3_MC_INTFP

8_GB3_SC

7_GB3_Mem

 

Halaman berikutnya: 3DMark

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES