in: News | March 11, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Seagate Akan Terus Tingkatkan Kapasitas HDD

Hingga saat ini, Seagate, satu dari empat produsen HDD dunia, sudah berhasil menawarkan HDD dengan kapasitas yang terbilang besar, hingga 10 TB. Namun, mereka tampaknya masih belum puas dengan tawaran kapasitas itu. Mereka masih ingin mengejar kapasitas yang jauh lebih tinggi lagi hingga tahun 2020 mendatang.

Seagate Helium HDD 10 TB

Bisa Capai 18 TB di 2018

Saat ini, Seagate menggunakan teknologi PMR (Perpendicular Magnetic Recording) di HDD mereka. Teknologi ini disebut bisa membawa Seagate menghadirkan HDD 12 TB di paruh kedua tahun 2017 ini, serta 18 TB di tahun 2018 mendatang. Namun, untuk menawarkan kapasitas di atas itu, Seagate butuh mematangkan teknologi lain.

Matangkan Teknologi Peningkat Kapasitas HDD

Seagate disebut akan mencoba mematangkan beberapa teknologi yang memungkinkan mereka bisa menawarkan HDD dengan kapasitas yang lebih besar hingga tahun 2020 mendatang. Beberapa teknologi itu di antaranya adalah SMR (Shingled Magnetic Recording), TDMR (Two Dimensional Magnetic Recording), serta HAMR (Heat Assisted Magnetic Recording). Optimasi teknologi-teknologi tersebut diharapkan bisa menjadi pembuka jalan Seagate menawarkan HDD dengan kapasitas di atas yang bisa ditawarkan dengan PMR.

Beberapa produk dengan ketiga teknologi tersebut disebut juga sudah mulai ada di dalam roadmap Seagate hingga tahun 2020 mendatang. Namun, sejauh ini Seagate belum menyebutkan seberapa jauh ketiga teknologi itu bisa membawa peningkatan kapasitas HDD dibandingkan teknologi yang digunakan saat ini. Bisa jadi, di awal debutnya, HDD dengan ketiga teknologi itu belum akan ditawarkan hingga kapasitas di atas HDD PMR, tetapi perlahan-lahan Seagate akan meningkatkan kapasitasnya seiring kebutuhan HDD kapasitas besar yang diprediksi akan terus meningkat.

Tags: