in: News | March 28, 2017 | by: Yufianto Gunawan

SSD Cache Intel Optane Segera Dipasarkan

Awal Januari 2017 lalu, Intel menampilkan produk berbasis Optane pertama mereka, yaitu sebuah SSD cache. Berbeda dari SSD untuk storage yang dipasarkan dengan kapasitas tinggi, SSD cache ini hanya hadir dengan kapasitas rendah, 16 GB dan 32 GB saja. SSD cache berbasis Optane ini akhirnya akan segera dipasarkan oleh Intel.

Intel Optane SSD Cache

Hadir Dalam Wujud SSD M.2 80 mm

SSD cache berbasis Optane ini dipastikan hadir dalam wujud SSD M.2 dengan panjang 80 mm, seperti SSD M.2 yang umum dijumpai saat ini. Kapasitas yang ditawarkan pun sama dengan saat pertama kali tampil di awal Januari 2017 lalu, yaitu 16 GB dan 32 GB. SSD cache berbasis Optane ini disebut menawarkan kecepatan baca – tulis hingga 900 MB/s – 145 MB/s untuk varian 16 GB serta 1350 MB/s – 290 MB/s untuk 32 GB.

Intel menyebutkan bahwa SSD cache ini akan sangat cocok bagi seseorang yang ingin merasakan performa SSD di PC dengan HDD. Beberapa hal yang disebut akan dapat dirasakan oleh pengguna SSD cache ini adalah membuka OS, aplikasi, dan game dengan lebih cepat. SSD cache berbasis Optane ini disebut membutuhkan daya 3.5 Watt saat beroperasi dan 1 Watt saat idle.

Harus Gunakan Chipset Intel 200-Series

Saat ini, dukungan untuk SSD cache berbasis Optane ini masih sangat rendah, hanya untuk platform Kaby Lake berbasis chipset Intel 200-Series. Berbagai motherboard dengan chipset Intel 200-Series disebut akan menerima update BIOS untuk mendukung kedua SSD cache ini dalam waktu dekat. Intel akan memasarkan SSD cache ini di harga USD 44 untuk 16 GB dan USD 77 untuk 32 GB.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES