Bingung Pilih Motherboard Saat Rakit PC? Ini yang Perlu Anda Perhatikan Saat Membeli Motherboard!

Reading time:
April 21, 2017

Saat kita ingin merakit sebuah PC desktop, biasanya kita dihadapkan dengan dilema yang luar biasa saat memilih komponen, terutama untuk motherboard. Selain kita dipusingkan dengan pemilihan chipset mana yang akan digunakan, hadirnya banyak tipe motherboard dengan chipset yang sama dari para pabrikan-pabrikan motherboard juga membuat pilihan semakin banyak. Hal ini kadang akan membuat kita makin pusing.

Kondisi ini berbeda dengan beberapa tahun lalu, di mana pabrikan hanya memiliki satu atau dua tipe untuk setiap chipset, sehingga kita dapat dengan cepat memilih motherboard mana yang ingin kita pakai. Saat itu, tentu saja pemilihan motherboard akan lebih mudah. Namun, saat ini, hadirnya banyak tipe untuk satu chipset dari satu produsen, rata-rata empat hingga enam tipe, akan membuat proses kita menentukan mana motherboard yang cocok akan semakin panjang dan rumit.

Satu hal yang umum disarankan untuk mempermudah pemilihan motherboard saat ingin mewujudkan PC desktop impian Anda adalah pilihlah motherboard sesuai dengan kebutuhan yang ada! Namun, hal itu juga bisa jadi hal yang tidak mudah dilakukan. Kami akan coba membantu Anda dengan menunjukkan bagaimana memilih motherboard sesuai kebutuhan penggunaannya.

ASUS 1

Untuk mempermudah pengarahan kami, di artikel ini kami akan coba membatasi motherboard dari satu pabrikan saja. Pabrikan yang kami pilih adalah ASUS. Selain karena ASUS memiliki lini motherboard yang lengkap dan hampir semuanya tersedia di pasar Indonesia, tipe yang mereka sediakan juga terbilang punya fitur yang memudahkan pemilihan motherboard bagi calon pengguna.

Pengguna Rumahan dan Gamer Casual

Untuk pengguna yang berencana menggunakan PC desktop untuk kebutuhan sederhana di rumah, gamer casual, atau usaha kecil-kecilan. Motherboard yang cocok digunakan untuk PC desktop seperti itu adalah lini esensial, dengan fitur-fitur yang fokus ke bidang penghematan daya dan disesuaikan untuk kebutuhan yang tidak terlalu berat. Kebutuhan seperti ini di Asus dipenuhi oleh Prime Series.

ASUS 4

Lini ini Prime Series ini hadir dalam beragam pilihan chipset, mulai dari yang berbasis Intel seperti H110, B150, B250, H270, Z270, X99, hingga yang berbasis AMD seperti X370 dan B350. Di lini ASUS Prime ini telah tersedia fitur-fitur basic ASUS seperti Energy Saving, 5X Protection III yang akan memberikan perlindungan pada komponen motherboard Anda dan beberapa telah juga dilengkapi dengan media penyimpanan berkecepatan tinggi melalu dukungan M.2 PCIe x4. Bahkan, di lini ini ASUS juga membekali fitur 5-Way Optimization yang dapat meningkatkan performa sistem Anda dengan satu klik.

Penggunaan Pekerjaan, Small & Home Office

Beralih ke Anda yang mengharapkan sebuah PC yang memiliki ketahan kerja hingga 24×7 untuk kebutuhan penggunaan profesional untuk pekerjaan. Tentunya, karakter PC desktop yang dibutuhkan akan berbeda juga, yang umumnya dibekali dengan motherboard yang tangguh. Salah satu yang mendukung ketangguhan motherboard tentunya adalah komponen yang digunakan, yang umumnya hadir dengan durabilitas ekstra, agar pekerjaan penggunanya tidak terganggu oleh ketidakstabilan PC desktop.

ASUS 3

Di lini produk Asus, kebutuhan ini akan dipenuhi oleh lini ASUS TUF (The Ultimate Force) yang menyediakan serangkaian motherboard tangguh baik berbasis chipset Intel maupun AMD.

Pengunaan Profesional dan Content Creator

Bila Anda termasuk ke kalangan pekerja profesional dan content creator yang butuh PC yang menawarkan kestabilan terbaik, Anda harus mencari motherboard yang memiliki ketahanan terbaik dengan fitur yang memberikan performa ekstra. Ya, di sini PC desktop mungkin bukan pilihan utama Anda. Anda akan membutuhkan sebuah workstation.

ASUS 6ASUS juga menyediakan motherboard untuk kebutuhan seperti ini di ASUS WS (Workstation) Series. ASUS WS Series ini sendiri telah dilengkapi dengan komponen-komponen server grade yang mana akan menawarkan ketahan yang luar biasa meski dipacu 7×24 jam. Bahkan ada, seri ini dilengkapi dengan dukungan 4 way multi-graphics, baik SLI ataupun CrossFire, untuk menyajikan kinerja workstation terbaik.

Game Intensif

Bagi Anda yang ingin merakit PC desktop untuk digunakan bermain game secara intensif, Anda akan menemukan banyak sekali motherboard bertema “gaming” di pasaran. Biasanya, semua motherboard tersebut dibekali fitur yang mendukung kegiatan gaming seperti yang terdapat pada lini ASUS ROG Strix Gaming.

ASUS 5

Lini ini menawarkan teknologi audio ROG Strix’s SupremeFX dan SONIC RADAR III yang akan memanjakan telinga Anda saat bermain game, ASUS GAMEFIRST IV yang akan mengoptimalkan traffic jaringan LAN Anda agar bebas lag saat bermain game online.

Enthusiast User

Bagi Anda kaum enthusiast, pasti menginginkan PC desktop yang sempurna dengan fitur yang sangat spesial tertanam di dalamnya.  Untuk penggunaan ini Anda harus mengalihkan perhatian Anda pada lini unggulan produsen suatu motherboard.

ASUS 2Jika mengambil dari ASUS, Anda bisa menengok lini ROG series dimana lini ini menawarkan banyak hal yang tak ada di lini lain. Salah satunya yang hadirnya Watercooling Zone di mana Anda yang menginginkan desktop pc dengan sistem pendingin custom akan dipermudah dengan adanya 8 header pendukung sistem water cooling custom, dua water cooling sensor dan sebuah sensor untuk aliran cairan pada sistem water cooling Anda. ROG Series juga menyediakan pilihan yang luas, mulai dari yang berbasis Intel 200 Series hingga yang bersoket AMD AM4 untuk mendukung plaform Ryzen.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…