Direct Release: Zebra Technologies Menjawab Tren Teknologi Industri Ritel dengan Teknologi Komputasi Mobile Baru yang Meningkatkan Produktivitas dan Visibilitas Pada Rantai Pasokan

Reading time:
April 12, 2017

Studi Zebra: Tujuh dari sepuluh pebisnis ritel di wilayah Asia Pasifik berencana melakukan investasi di bidang teknologi IoT sebelum tahun 2021 untuk mentransformasi pengalaman pelanggan.

JAKARTA, Indonesia – 11 April 2017 – Zebra Technologies Corporation (NASDAQ: ZBRA), pemimpin global dalam solusi dan layanan yang menyediakan visibilitas secara real-time kepada perusahaan tentang kegiatan operasional mereka, hari ini mengumumkan hasil penelitian Retail Vision Study 2017. Penelitian ini menganalisis tren-tren teknologi yang membentuk masa depan industri ritel global dan meningkatkan pengalaman berbelanja.

DS8100

Studi ini mengungkapkan tantangan-tantangan terkini dan peluang-peluang yang belum dimanfaatkan oleh para pebisnis ritel, serta menjelaskan rencana industri ritel dalam mengadopsi lebih banyak teknologi Internet of Things (IoT). Di kawasan Asia Pasifik (APAC), para pelaku industri ritel menilai bahwa penjualan akan semakin beralih dari gedung-gedung pertokoan ke toko-toko online, yang akan mengarah pada sinergi antara platform fisik dan online.

Dalam rangka menyempurnakan penelitian ini, Zebra juga mengumumkan ketersediaan komputer-komputer mobile layar sentuh Seri TC5 terbaru, serta pemindai 2D genggam seri DS2200 dan DS8100 di Indonesia. Perangkat-perangkat baru ini akan membantu para pengecer dalam meningkatkan produktivitas di lini depan toko, lini belakang toko, pusat-pusat distribusi, pergudangan, dan dalam hal pengiriman, yang memberikan para pembeli peningkatan pengalaman berbelanja di beragam channel (omni-channel). 

FAKTA-FAKTA UTAMA – Retail Vision Study 2017 Asia Pasifik

  • Lonjakan belanja online yang terus meningkat akan menjadi suatu momentum bagi format ritel omni-channel, yang menantang para pebisnis ritel untuk menghadirkan tingkat kenyamanan yang belum pernah ada sebelumnya guna mendorong loyalitas pelanggan. Di Asia Pasifik, 88% pebisnis ritel berencana menambah layanan pembelian secara online dengan pengambilan barang di toko (buy online, pick-up in store) dalam empat tahun ke depan guna semakin menambah pengalaman  berbelanja omni-channel.
  • Sebelum tahun 2021, hampir 76% pebisnis ritel di wilayah Asia Pasifik akan dapat mengkustomisasi kunjungan ke toko bagi para pelanggan karena mayoritas pebisnis ritel  tersebut akan mengetahui kapan seorang pelanggan tertentu sedang berada di toko tersebut. Kemampuan ini akan dimungkinkan melalui teknologi seperti micro-locationing, yang memungkinkan para pebisnis ritel untuk menangkap lebih banyak data, akurasi, serta  informasi pelanggan.
  • Para pelaku industri ritel tengah berusaha menciptakan suatu pengalaman berbelanja yang lebih mudah, di mana 76% responden di wilayah Asia Pasifik menyatakan bahwa sangatlah penting atau kritis dari segi bisnis untuk mengintegrasikan pengalaman e-commerce dan kunjungan langsung ke toko.
  • Untuk mempersingkat antrian di kasir, para pelaku industri ritel berencana melakukan investasi dalam hal perangkat mobile, kios mobile, dan tablet guna menambah opsi pembayaran. Di Asia Pasifik, 86% pebisnis ritel akan menggunakan perangkat-perangkat mobile point-of-sale (MPOS) sebelum tahun 2021, yang memungkinkan mereka untuk memindai dan menerima pembayaran kredit atau debit di area mana pun di dalam toko.
  • Sebanyak 72% pebisnis ritel di wilayah Asia Pasifik menilai pengelolaan big data sangatlah penting atau kritis dari segi bisnis bagi kegiatan operasional mereka. Banyak pebisnis ritel  ini bermaksud untuk berinvestasi di bidang analitik prediktif dan analitik software untuk mencegah kerugian dan optimalisasi harga, serta kamera dan video analitik untuk keperluan operasional dan pengalaman pelanggan.
  • Berdasarkan studi Zebra ini, sumber ketidakpuasan pembeli yang utama adalah harga yang tidak konsisten di berbagai toko dan ketidakmampuan untuk menemukan barang yang diinginkan, entah barang tersebut telah habis atau keliru diletakkan di dalam toko. 73% pebisnis ritel berencana untuk memperbaiki permasalahan ini dengan menciptakan ulang rantai pasokan mereka melalui visibilitas real-time yang dimungkinkan oleh otomatisasi, sensor-sensor dan analitik. 

FAKTA-FAKTA UTAMA – Seri TC5

  • Seri TC5 merupakan sebuah perangkat mobile kelas enterprise yang sama modern dan mudah digunakan seperti sebuah smartphone konsumen, yang memungkinkan para karyawan belajar menggunakannya dengan cepat dengan pelatihan yang minim.
  • Seri TC5 menawarkan fungsionalitas dan durabilitas enterprise yang tangguh yang akan memastikan bahwa perangkat ini mampu menghadapi beratnya pekerjaan-pekerjaan mobilitas lapangan. Seri TC5 ini juga memberikan kemudahan dukungan operasional untuk total biaya kepemilikan (total cost of ownership/TCO) yang lebih baik, serta menghadirkan koneksi nirkabel tercepat dan terandal, baik digunakan di dalam maupun di luar lapangan.
  • Untuk memastikan integrasi yang lancar, peningkatan produktivitas dan operasi yang aman, Seri TC5 didukung oleh Mobility DNA dari Zebra, yaitu suatu rangkaian keamanan aplikasi, pengembangan tool, dan aplikasi end-user mobile yang paling komprehensif di industri ini. 

FAKTA-FAKTA UTAMA – Pemindai 2D Genggam DS2200 dan DS8100

  • Pemindai DS8100 memungkinkan para pebisnis ritel untuk meningkatkan produktivitas kasir guna mempersingkat antrian karena jangkauan pemindaiannya yang unggul memungkinkan para kasir untuk memindai barang di keranjang belanja pelanggan dengan mudah tanpa meninggalkan mesin register.
  • Selain itu, pemindai DS8100 berkinerja tinggi ini secara cepat menangkap barcode yang paling bermasalah, termasuk barcode-barcode yang kurang jelas, dicetak secara buruk, kotor atau rusak, serta barcode elektronik pada layar dengan pencahayaan yang kurang.
  • Kinerja pemindaian detail dan metrik kondisi baterai dari seri DS8100 menyederhanakan pemindaian dan memperbaiki masalah sebelum masalah tersebut mempengaruhi produktivitas karyawan dan layanan pelanggan.
  • Selain itu, perusahaan enterprise kecil dan menengah dapat meraih keuntungan melalui peningkatan ke teknologi pemindaian 2D terbaru dengan pemindai seri DS2200 yang terjangkau.
  • Seri DS2200 mudah untuk diterapkan, digunakan dan dikelola, serta siap untuk langsung digunakan dengan software 123Scan dari Zebra yang memungkinkan berbagai perangkat untuk dikonfigurasi hanya dengan satu kali scan.

KUTIPAN-KUTIPAN PENDUKUNG

Ryan Goh, Vice President and General Manager, Asia Pasifik, Zebra Technologies

“Industri ritel tengah mengalami konvergensi antara dunia nyata (physical) dan dunia maya (online/digital), yang kita sebut dengan ‘phygital’. Para pembeli masa kini merupakan generasi yang melek teknologi dan memiliki harapan yang tinggi akan pengalaman belanja digital yang terhubung, sehingga menciptakan tantangan dan peluang bagi para pebisnis ritel yang berlomba-lomba meningkatkan penjualan di semua platform. Seiring semakin populernya pendekatan omni-channel, menerapkan teknologi-teknologi visibilitas yang tepat mulai dari gudang hingga toko merupakan hal yang penting guna memenuhi pesanan, menjadwalkan pengiriman barang yang cepat, dan melakukan personalisasi terhadap pengalaman setiap pembeli yang berbeda. Zebra berkomitmen dalam membantu para pelanggan menghadapi lanskap ritel yang dinamis ini dengan menyediakan teknologi yang memfasilitasi transisi omni-channel yang sukses dan menawarkan peningkatan visibilitas ke dalam operasi, asosiasi, persediaan, dan pengiriman mereka.”

Wayne Harper, ‎Senior Technical Director, Asia Pasifik, Zebra Technologies

“Zebra senantiasa menghadirkan berbagai produk dan solusi inovatif yang menjawab kebutuhan para pelanggan kami. Misalnya, seri TC5 baru ini menggabungkan kemudahan penggunaan perangkat mobile konsumen dengan kinerja tinggi dari komputer kelas enterprise, sehingga memungkinkan para staf untuk mulai menghasilkan ROI dengan pelatihan yang minim di toko ritel, gudang, pabrik, atau di luar lapangan. Pemindai seri DS2200 dan DS8100 ini dirancang untuk mempercepat proses pembayaran di kasir dan menghadirkan pengalaman berbelanja yang sangat mudah di industri ritel. Pemindai DS2200 yang terjangkau juga membantu para pebisnis ritel kecil dan menengah dalam melakukan transisi dari teknologi 1D ke 2D dengan lancar.”

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…