in: Printer | April 7, 2017 | by: Friska Suryawinata

Hands-On Printer Canon PIXMA TS8070

Hasil Pengujian

Pengujian Print dokumen B/W (hitam putih) ukuran kertas A4 dengan kualitas normal secara Simplex (satu sisi), hasil menunjukkan bahwa printer mampu menghasilkan 17 ipm. Sementara untuk pengujian Print dokumen Color (berwarna) ukuran kertas A4 kualitas normal secara Simplex, printer mampu menghasilkan sebanyak 7 ipm. Untuk uji Copy, printer menghasilkan sebanyak 12 ipm dalam kondisi kertas A4 kualitas normal dan hitam putih. Sementara untuk warna, printer juga menghasilkan jumlah yang sama yakni 5 ipm dengan kertas ukuran A4 kualitas normal.

IMG_3423

Sementara untuk kualitasnya, Canon PIXMA TS8070 dapat melakukan printing dengan hasil yang baik, terutama ketika mencetak untuk kualitas foto. Kerapatan warna dan tingkat kecerahan yang diberikan tergolong baik, dengan detil dan gradasi warna yang juga tidak kalah baiknya. Hal yang sama juga terlihat ketika melakukan printing dokumen teks biasa, di mana hasilnya terlihat padat dan tidak pecah sama sekali.

IMG_20170406_0002
contoh hasil print foto yang di-scan
IMG_20170406_0001
contoh hasil scan

Secara keseluruhan, penggunaan printer ini terbilang cukup mudah dan tidak sulit ketika diinstalasi programnya di PC. Printer bisa terhubung juga dengan cukup mudah dengan konektivitas wireless melalui perangkat smartphone. Hanya saja sayangnya, kami tidak sempat menguji dengan konektivitas NFC dikarenakan keterbatasan perangkat kami untuk bisa terhubung dengan NFC.

Kesimpulan

Printer Canon PIXMA TS8070 merupakan printer multifungsi yang dapat menjawab segala kebutuhan printing, scanning, maupun copying sekaligus. Tak hanya printing dokumen atau foto saja, tetapi printer ini juga bisa digunakan untuk melakukan printing label CD/DVD yang masih jarang ditemui di printer-printer multifungsi lainnya yang sejenis. Kualitas cetak juga tak perlu dipungkiri, dengan disematkan teknologi sistem inkjet, hasil cetak dokumen maupun foto juga dapat terlihat menarik dengan warna dan tingkat kecerahan yang juga baik. Selain memilki kecepatan cetak dokumen yang lumayan, volume tray input yang besar pun bisa memaksimalkan kinerja printer ini untuk bisa mencetak dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Sedikit disayangkan bahwa hasil scan yang diberikan dari printer ini masih cenderung kurang maksimal, dengan kualitas Scan warna yang kurang tajam untuk memberikan warna yang sesuai dengan warna aslinya. Selain itu, kerap terlihat juga beberapa bintik dan blur yang membuat hasil scan seperti pecah resolusinya. Tapi jika tidak memerlukan hasil scan yang sangat besar atau hanya sekedar scan untuk resolusi kecil, hasilnya masih mumpuni untuk memenuhi hal tersebut. Dengan dibanderol seharga Rp 3.500.000, printer Canon PIXMA TS8070 ini tergolong mumpuni dan bisa menjadi alternatif printer multifungsi yang menarik baik untuk penggunaan personal maupun penggunaan untuk bisnis kecil sekalipun.

IMG_3420

Kelebihan:

+ bentuk dan desain compact
+ dapat melakukan printing label CD/DVD
+ kemampuan konektivitas Wireless & NFC
+ kemampuan printing/copying duplex
+ volume tray input (rear & cassette) yang tergolong besar

Kekurangan:

– kualitas Scan masih rata-rata cenderung standar
– tidak memiliki scanner jenis ADF

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES