in: Notebook / Laptop | April 10, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: ASUS ROG GX800VH

The Notebook

ASUS ROG GX800 Notebook

Bodi ASUS ROG GX800VH memadukan warna titanium dan copper dengan permukaan brushed metal finish yang membuat penampilan keren sekaligus elegan. Sementara itu di area sekitar keyboard dan layar ASUS ROG GX800VH menempatkan warna black doff.

ASUS ROG GX800 Top Side

ASUS ROG GX800 Thickness

ASUS ROG GX800VH memiliki dimensi bodi sebesar 45,8 x 33,8 cm untuk sisi panjang dan lebar dengan ketebalan 4.54 cm saat layar ditutup. Sementara itu untuk bobot unit notebook/laptop sendiri mencapai 5,7 kg. Konmbinasi dua faktor itu membuat ASUS ROG GX800VH membutuhkan tas khusus dengan ukuran besar dan tenaga ekstra saat akan dibawa pergi. Untunglah ASUS menyertakan sebuah tas khusus untuk membawa unit notebook/laptop tersebut.

ASUS ROG GX800 ROG Logo 03

Logo ROG dan dua garis pengapitnya dilengkapi lampu LED yang akan menyala saat notebook/laptop dihidupkan. Dua garis tersebut dilengkapi beberapa buah lampu LED dengan efek akan mati satu persatu saat notebook/laptop dimatikan.

ASUS ROG GX800 Screen

ASUS ROG GX800VH dilengkapi layar LCD LED ukuran 18,3 inci dengan resolusi 4K/Ultra HD (3840 x 2160 piksel @60 Hz). Penggunaan layar dengan resolusi setinggi itu memang pilihan tepat mengingat ada dua GeForce GTX 1080 di notebook/laptop ini. Kombinasi ukuran layar dan resolusi seperti itu menghasilkan tingkat kerapatan piksel tinggi sebesar 240 PPI sehingga tampilan menjadi lebih tajam. Layar ASUS ROG GX800VH juga menggunakan tipe panel IPS (In-Plane Swicthing) yang dikenal mampu menghasilkan reproduksi warna secara akurat dan viewing angle hingga 178 °. ASUS juga merancang permukaan layar dengan lapisan tidak mengilap sehingga tidak memiliki sifat memantul seperti cermin yang membuat pemakaian menjadi lebih nyaman. Teknologi NVIDIA G-Sync tidak lupat ditanamkan pada layar ASUS ROG GX800VH yang membuat pengalaman bermain game semakin sempurna dengan hilangnya gejala image tearing, stuttering, dan input lag.

ASUS ROG GX800 Left Ports 01

Melangkah ke konektivitas, pada sisi kiri ASUS ROG GX800VH dapat ditemukan satu port Gigabit Ethernet (RJ45), satu port HDMI, satu port Mini Display Port, satu port Type-C USB 3.1 Gen 1, satu port Type-C USB 3.1 Gen 2/Thunderbolt 3.0, satu port Type-A USB 3.1 Gen 1, microphone jack, dan headphone jack (SPDIF).

ASUS ROG GX800 Left Ports 02

ASUS ROG GX800 Power Adapter - Pluged

Pada sisi kiri juga dapat ditemukan satu port DC-IN tempat menancapkan perangkat power adapter dan lubang kensington security lock. Dapat ditemukan pula lubang ventilasi tempat pembuangan udara panas dari dalam notebook/laptop.

ASUS ROG GX800 Right Ports

Sementara pada sisi sebaliknya dapat ditemukan lubang memory card reader, dua port Type-A USB 3.1 Gen 1, dan lubang tempat memasang perangkat antena eksternal.

ASUS ROG GX800 Wireless Antenna

Pembelian ASUS ROG GX800VH menyertakan sebuah perangkat antena eksternal untuk cakupan sinyal Wi-Fi lebih luas dan kuat.

ASUS ROG GX800 Exhaust - Left

ASUS ROG GX800 Exhaust - Right

Selain di samping, dua lubang pembuangan udara panas lainnya dapat pula ditemukan pada sisi belakang notebook/laptop.

ASUS ROG GX800 Keyboard & Touchpad

Tidak seperti ROG GX700 dengan keyboard membran, perangkat input ASUS ROG GX800VH kini menggunakan keyboard mekanik dengan julukan MechTAG (Mechanical Tactile Advanced Gaming). ASUS membuat sendiri keyboard mekanik tersebut dan diklaim mampu memberikan sensasi penggunaan mirip seperti Brown Switch. Menariknya tombol keyboard mekanik MechTAG memiliki jarak penekanan 2,5 mm, lebih pendek dibandingkan keyboard mekanik konvensional, dan mendukung teknologi anti ghosting yang memungkinkan input penekanan hingga 30 tombol sekaligus. Komponen touchpad ROG GX800VH ditempatkan nyaris sejajar dengan tombol spacebar dengan tombol klik kiri dan kanan terpisah. Tombol klik kiri dan kanan touchpad terasa empuk saat ditekan dengan respon yang baik.

ASUS ROG GX800 Keyboard - Backlit

Keyboard mekanik ASUS ROG GX800VH dilengkapi lampu backlit disetiap tombolnya dimana hal ini menandakan satu tombol dapat memiliki warna berbeda dengan tombol lainnya. Tidak hanya memnambah keren penampilan lampu backlit tersebut juga membantu mengenali tombol pada kondisi gelap atau kurang cahaya.

ASUS ROG GX800 Keyboard - ASDW Keys

Tombol ASDW yang umum digunakan saat bermain game diberikan tanda khusus untuk memudahkan pengguna dalam mengenalinya. Tidak hanya itu pada tombol W juga diberikan sedikit tonjolan sehingga meminimalisir kesalahan penekanan tombol.

ASUS ROG GX800 Keyboard - Arrow Keys

Tombol panah juga ditempatkan secara khusus agak ke bawah untuk menghindarkan kesalahan penekanan dengan tombol di sebelahnya.

ASUS ROG GX800 Keyboard - Macro Keys

ASUS ROG GX800VH dilengkapi tombol makro (M1 – M2 – M3) untuk akses cepat pada fungsi tertentu. Fungsi tombol makro dapat diatur dengan menggunakan aplikasi ROG MacroKey. Sementara itu untuk tombol dengan logo ROG digunakan untuk memanggil aplikasi ROG Gaming Center sedangkan aplikasi XSplit|Gamecaster dipanggil dengan menggunakan tombol dengan logo kamera video. Terdapat pula tombol untuk menaikkan dan menurunkan volume suara dengan cepat tanpa perlu menekan kombinasi tombol Fn.

ASUS ROG GX800 Power Button

Tombol power on/off ASUS ROG GX800VH ditempatkan pada sudut kanan atas.

ASUS ROG GX800 Indicator Lamps

Lampu indikator aktivitas notebook/laptop pada sisi kiri depan. Terlihat untuk dua lampu paling kiri dapat dilihat dari sisi atas dan depan. Tiga lampu lainnya hanya dapat dilihat dari sisi atas.

ASUS ROG GX800 Speaker (LCD) - Left

ASUS ROG GX800 Speaker (LCD) - Right

ASUS ROG GX800VH dilengkapi tata suara dengan empat buah speaker. Dua speaker tipe tweeter dengan kekuatan 2 Watt RMS ditempatkan pada sisi bawah layar menghadap langsung ke pengguna.

ASUS ROG GX800 Speaker (Body) - Left

ASUS ROG GX800 Speaker (Body) - Right

Sementara itu dua speaker tipe squawker/mid-range dengan kekuatan 2 Watt RMS ditempatkan pada sisi depan notebook/laptop. Lubang keluaran suara untuk speaker ini tidak hanya mengarah ke depan tetapi juga ke arah bawah sehingga suara dapat dipantulkan oleh meja yang diklaim mampu menambah volume dan kedalaman suara yang dihasilkan.

ASUS ROG GX800 ESS Sabre

Untuk memastikan kualitas audio nomor wahid, ASUS ROG GX800VH dilengkapi DAC dan amplifier ESS Sabre dengan kemampuan menghasilkan suara pada sample rate 384 kHz dengan kedalaman 32-bit.

ASUS ROG GX800 Bottom Side

Penampang sisi bawah ASUS ROG GX800VH memperlihatkan sejumlah lubang ventilasi tempat udara segar dihisap masuk ke dalam bodi notebook/laptop.

ASUS ROG GX800 Bottom Side - Transparent Window & Docking Hole

Pada sisi bawah dapat ditemukan pula jendela transparan gelap dengan logo ROG untuk mengintip (sedikit) isi di dalam notebook/laptop. Di sekeliling jendela terdapat empat lubang untuk mengunci posisi unit notebook/laptop pada unit dock.

ASUS ROG GX800 ROG Logo 01

ASUS ROG GX800 ROG Logo 02

ASUS ROG GX800 Keyboard - MechTAG & ROG Logo

Logo ROG dan tulisan Republic Of Gamers lainnya disekujur bodi ASUS ROG GX800VH.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES