in: Notebook / Laptop | April 10, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: ASUS ROG GX800VH

Utility

ROG Gaming Center

ROG Gaming Center di ASUS ROG GX800 kini tampil dengan wajah baru yang lebih segar. Halaman muka ROG Gaming Center kini menampilkan informasi kondisi sistem dengan antar muka lebih menarik. Bahkan ROG Gaming Center terbaru menampilkan animasi menarik untuk kecepatan kerja prosesor dan graphics card dengan objek setengah silinder di bagian tengah.

Salah satu fitur penting dari ROG Gaming Center ada di Turbo Gear. Fitur Turbo Gear menyediakan empat performance preset untuk mengatur tingkat kinerja ASUS ROG GX800. Empat preset tersebut mencakup Standard, Optimized, Extreme, dan Manual. Pengguna dapat mengganti preset satu ke lainnya dengan menggunakan menu drop down tanpa perlu melakukan restart pada sistem, kecuali untuk Manual.

Perlu diperhatikan saat menggunakan tenaga baterai, ASUS ROG GX800 hanya dapat menggunakan preset Standard. Sementara jika unit notebook/laptop menggunakan satu power adapterpreset Standard dan Optimized dapat diaktifkan. Sedangkan preset Extreme dan Manual hanya dapat diakses jika unit notebook/laptop dan unit dock dihubungkan dengan dua power adapter dipasang.

ASUS ROG GX800 Gaming Center 01

ASUS ROG GX800 Gaming Center 02

ASUS ROG GX800 Gaming Center 03

Dengan menekan tombol berlogo gerigi di sebelah menu drop down Turbo Gear, pengguna akan ditampilkan menu yang menampilkan informasi kondisi prosesor dan graphics card pada performance profile Standard, Optimized, Extreme, maupun Manual.

ASUS ROG GX800 Gaming Center 04

ASUS ROG GX800 Gaming Center 05

ASUS ROG GX800 Gaming Center 06

Berbeda dengan tiga lainnya, saat memilih performance profile Manual pengguna diijinkan untuk melakukan tuning prosesor, memori/RAM, maupun graphics card. Untuk prosesor, dapat ditemukan pengaturan untuk cache ratio dan nilai multiplier dari 44 (default) hingga 48. Sementara untuk memori/RAM, fitur XMP kini dapat diaktifkan sehingga kecepatan dapat ditingkatkan dari 2400 MHz ke 2800 MHz. Sedangkan untuk graphics card, pengguna dapat menaikkan nilai offset GPU hingga 200 MHz lebih tinggi dan 1000 MHz lebih tinggi untuk nilai offset memori/VRAM.

ASUS ROG GX800 Gaming Center 07

ASUS ROG GX800 Gaming Center 08

ASUS ROG GX800 Gaming Center 09

Di sisi bawah ROG Gaming Center dapat ditemukan menu pop up untuk memanggil utility pendukung ataupun menghidupkan/mematikan fitur tertentu seperti lampu LED. tombol Windows Key, tombol ROG, headphone amplifier, maupun touchpad.

ASUS ROG GX800 Gaming Center 20

Salah satu fitur menarik di menu pop up adalah pengaturan kecepatan kipas untuk unit notebook/laptop maupun unit dock. Slider paling kiri kecepatan kipas diatur pada kondisi Auto sementara paling kanan untuk kecepatan 100%.

ASUS ROG GX800 Gaming Center 21

ASUS ROG GX800 Gaming Center 22

Menu Trusted Device akan menampilkan perangkat smartphone/tablet yang terhubung dengan ASUS ROG GX800. Pengaturan melalui smartphone/tablet dilakukan dengan meng-install aplikasi ROG Gaming Center pada perangkat tersebut.

ASUS ROG GX800 Gaming Center 11

ROG Gaming Center mengijinkan pembuatan profile dengan pengaturan fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pengguna.

ASUS ROG GX800 Gaming Center 12

ASUS ROG GX800 Gaming Center 13

Free Up Memory memungkinkan pengguna untuk mematikan aplikasi tertentu saat fitur ini diaktifkan. Pada menu ini dapat diatur aplikasi apa saja yang akan dimatikan.

ASUS ROG GX800 Gaming Center 18

ASUS ROG GX800 Gaming Center 19

ROG Aura

Utility ROG Aura memiliki fungsi untuk mengatur efek untuk lampu LED pada keyboard. Lampu LED dapat diatur untuk terus menyala atau menyala dengan efek tertentu saat tombol keyboard ditekan. ROG Aura menyediakan sembilan preset bawaan untuk efek.

ROG Aura juga menyediakan kostumisasi efek dan warna setiap tombol keyboard yang dapat disesuaikan dengan selera pengguna.

ASUS ROG GX800 Aura 10

ROG MacroKey

Utility ROG MacroKey digunakan untuk mengatur fungsi yang akan dijalankan saat menekan tombol makro.

ASUS ROG GX800 MacroKey

ROG GameFirst IV

Utility ROG GameFirst IV dapat melakukan optimalisasi pada jaringan untuk pengalaman bermain game lebih baik.

ASUS ROG GX800 GameFirst IV 01

ASUS ROG GX800 GameFirst IV 02

ASUS ROG GX800 GameFirst IV 03

ROG Sonic Radar II

Utility ROG Sonic Radar II memungkinkan deteksi posisi suara secara akurat saat bermain game. Saat bermain game, ROG Sonic Radar II akan menampilkan overlay screen yang menunjukkan arah dan darimana suara berasal.

ASUS ROG GX800 Sonic Radar II 01

ASUS ROG GX800 Sonic Radar II 02

ASUS ROG GX800 Sonic Radar II 03

ROG Sonic Studio II

Utility ROG Sonic Studio II memungkinkan pengguna memaksimalkan kualitas suara yang dihasilkan oleh ASUS ROG GX800.

 

Splendid Technology

Utility Splanedid Technology menyediakan pengaturan color preset untuk layar LCD.

ASUS ROG GX800 Splendid Technology 01

ASUS ROG GX800 Splendid Technology 02

ASUS ROG GX800 Splendid Technology 03

ASUS ROG GX800 Splendid Technology 04

XSplit|Gamecaster

Utility untuk melakukan streaming dan recording game yang dimainkan.

ASUS ROG GX800 XSplit Gamecaster

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES