in: Notebook / Laptop | April 28, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: MSI GT73VR 6RE Titan

The Notebook

MSI GT73VR 6RE Titan Notebook

MSI GT73VR 6RE Titan kembali mehadirkan warna khas hitam doff dengan aksen merah di komponen tertentu. Motif metal brush finish kami temukan pada permukaan di belakang layar dan area sekitar keyboard yang membuat penampilan laptop gaming ini semakin menawan.

MSI GT73VR 6RE Titan Top Side

MSI GT73VR 6RE Titan Thickness

MSI GT73VR 6RE Titan memiliki dimensi bodi sebesar 42,8 x 28,7 cm untuk sisi panjang dan lebar. Sementara itu untuk tebal bodi adalah 2,4 cm untuk sisi paling tipis dan 2,9 cm untuk sisi paling tebal saat layar ditutup.

MSI GT73VR 6RE Titan Backpack

Pembelian MSI GT73VR 6RE Titan menyertakan sebuah tas punggung yang akan memudahkan pemiliknya memboyong perangkat berbobot sekitar 4,9 kg (laptop+charger) ini.

MSI GT73VR 6RE Titan Screen

MSI GT73VR 6RE Titan dilengkapi layar LCD LED ukuran 17,3 inci dengan resolusi 4K/Ultra HD (3840 x 2160 piksel @60 Hz). Kombinasi ukuran layar dan resolusi seperti itu menghasilkan tingkat kerapatan piksel tinggi mencapai 257 PPI sehingga tampilan menjadi lebih tajam. MSI GT73VR 6RE Titan menggunakan tipe panel AHVA (Advanced Hyper-Viewing Angle) yang dikembangkan produsen AU Optronics yang diklaim memiliki kemampuan mirip seperti tipe panel IPS. Layar tersebut memiliki kemampuan menghasilkan 16,7 juta warna dengan rating 100% Adobe RGB. MSI merancang permukaan layar dengan lapisan tidak mengilap sehingga tidak memiliki sifat memantul seperti cermin yang membuat pemakaian menjadi lebih nyaman. Teknologi NVIDIA G-Sync tidak lupat ditanamkan pada layar MSI GT73VR 6RE Titan yang membuat pengalaman bermain game semakin sempurna dengan hilangnya gejala image tearing, stuttering, dan input lag.

MSI GT73VR 6RE Titan Left Connectors

Melangkah ke konektivitas, pada sisi kiri MSI GT73VR 6RE Titan dapat ditemukan tiga port Type-A USB 3.1 Gen 1 dan empat konektor audio (microphone jack, headphone jack (HiFi / SPDIF), line-in, line-out).

MSI GT73VR 6RE Titan Right Connectors

Berpindah pada sisi sebaliknya dapat ditemukan dua port Type-A USB 3.1 Gen 1, memory card reader (SDHC/SDXC), dan lubang kensington security lock.

MSI GT73VR 6RE Titan Ventilation - Left

MSI GT73VR 6RE Titan Ventilation - Right

MSI GT73VR 6RE Titan dilengkapi empat lubang ventilasi pembuangan udara panas dari dalam bodi pada sisi kanan, kiri, dan juga belakang. Cukup disayangkan lubang pembuangan pada sisi samping menimbulkan resiko paparan panas pada tangan.

MSI GT73VR 6RE Titan Rear Connectors

MSI menempatkan port DC-IN, HDMI, USB 3.1 Gen 2/Thunderbolt 3.0/Display Port, mini Display Port, dan RJ-45 (Gigabit Ethernet) di sisi belakang laptop, di antara dua lubang ventilasi.

MSI GT73VR 6RE Titan Keyboard & Touchpad

MSI selalu mempercayakan produsen SteelSeries untuk membuat perangkat keyboard untuk produk laptop gaming mereka tidak terkecuali yang satu ini. Keyboard SteelSeries ini dilengkapi lampu backlit yang tidak hanya membuat penampilan semakin meriah tetapi juga dapat membantu mengenali tombol dalam kondisi gelap/kurang cahaya. Keyboard memiliki tiga area dimana setiap area dapat diatur dengan warna berbeda satu sama lain. Silver-Lining Print pada sisi samping setiap tombol keyboard juga memudahkan pengguna dalam mengenali setiap tombol dan menghidari kesalahan penekanan. Tidak hanya pada keyboard, lampu backlit juga digunakan pada area touchpad.

MSI GT73VR 6RE Titan Operational Buttons

MSI menempatkan tombol operasional laptop pada sisi kanan. Dimulai dari atas adalah tombol power on/off, tombol GPU untuk melakukan pergantian antara graphics card discrete dan IGP, tombol untuk memilih kecepatan kipas Auto atau Full Speed, tombol untuk memanggil aplikasi perekaman game XSplit|Gamecaster, dan tombol untuk mengganti warna lampu backlit keyboard.

MSI GT73VR 6RE Titan Indicator Lamps

Pada sisi depan terdapat tiga lampu indikator yang menunjukkan kondisi perangkat wireless dalam keadaan aktif atau tidak, baterai dalam kondisi diisi atau tidak, dan aktivitas storage.

MSI GT73VR 6RE Titan Bottom Side

Di sisi bawah MSI menempatkan sejumlah besar lubang ventilasi tempat udara dihisap masuk ke dalam bodi.

MSI GT73VR 6RE Titan Speaker - Left

Dapat ditemukan pula lubang untuk menekan tombol pemutus daya listrik baterai ke sistem di dekat speaker kiri.

MSI GT73VR 6RE Titan Internal Component 02

Membuka penutup di sisi bawah memberikan akses ke seluruh komponen internal MSI GT73VR 6RE Titan.

MSI GT73VR 6RE Titan CPU & GPU Heatsink

MSI GT73VR 6RE Titan menggunakan sistem pendingin Cooler Boost Titan dengan 10 heatpipe untuk memastikan Core i7 6820HK dan GeForce GTX 1070 memiliki temperatur kerja serendah mungkin.

MSI GT73VR 6RE Titan GPU Cooler

Lima buah heatpipe digunakan untuk memastikan panas cepat dialirkan dari chip GPU menuju dua area heatsink tempat panas dilepaskan ke udara bebas. Kipas Cooler Boost Titan memiliki 29 bilah yang diklaim mampu mengalirkan udara 30% lebih melimpah di kecepatan yang sama.

MSI GT73VR 6RE Titan CPU Cooler

Dua area heatsink pada sisi ini salah satunya menangani pelepasan panas dari komponen prosesor dengan menggunakan tiga heatpipe. Sementara itu area lainnya menangani kiriman panas dari area komponen VRM dan chip memori/VRAM graphics card dengan dua heatpipe.

MSI GT73VR 6RE Titan SSD

Tidak hanya komponen prosesor dan graphics card, storage SSD juga dilengkapi heatsink pasif untuk memastikan performa tetap maksimal dalam kondisi apapun.

MSI GT73VR 6RE Titan SSD Connector

MSI GT73VR 6RE Titan dilengkapi tiga slot M.2 NVMe PCIe 3.0 x4 tetapi hanya dua saja yang digunakan.

MSI GT73VR 6RE Titan Memory & Wireless Card

MSI GT73VR 6RE Titan dilengkapi empat slot memori/RAM SO-DIMM DDR4 dengan dua diantaranya ditempatkan pada sisi ini dan dua lainnya pada sisi sebaliknya. Di sebalah slot memori/RAM adalah wireless card Killer Wireless-AC 1535.

MSI GT73VR 6RE Titan PCIe

Pada motherboard MSI GT73VR 6RE Titan kami menemukan slot PCIe MXM yang tidak digunakan. Kami tidak yakin laptop ini dapat ditambahkan graphics card kedua melihat sistem pendingin yang digunakan.

MSI GT73VR 6RE Titan Battery

MSI GT73VR 6RE Titan dilengkapi baterai 8-cell dengan kapasitas 75 Whr/5225 mAh.

MSI GT73VR 6RE Titan Speaker & Subwoofer Driver - Left

MSI GT73VR 6RE Titan Speaker Driver - Right

MSI GT73VR 6RE Titan dilengkapi tata suara 2.1-channel dengan dua speaker dan satu subwoofer buatan produsen Dynaudio. Sistem audio MSI GT73VR 6RE Titan juga dilengkapi DAC dan amplifier ESS Sabre dengan kemampuan menghasilkan suara pada sample rate 192 kHz dengan kedalaman 24-bit.

MSI GT73VR 6RE Titan Power Adapter

Perangkat power adapter alias laptop charger MSI GT73VR 6RE Titan mampu memasok daya listrik hingga 230 Watt.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES