in: Notebook / Laptop | April 28, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: MSI GT73VR 6RE Titan

Battery Life

MSI GT73VR 6RE Titan Battery

Setting: Windows Power Option – Balanced | Windows Brightness – 1/10 | Speaker Volume – 20 % | Airplane Mode – On | Web Browsing – WiFi On/Bluetooth Off

Kesimpulan

Di balik wujudnya sebagai laptop, MSI GT73VR 6RE Titan sukses menampilkan performa memukau selama sesi pengujian kami. Tidak aneh memang jika kami kata “memukau” kami sematkan ke produk ini mengingat performanya dapat mengimbangi PC desktop sekalipun. Kombinasi prosesor Core i7 6820HK dan GeForce GTX 1070 8 GB GDDR5 memang menjadi kunci penting dibalik kencangnya performa MSI GT73VR 6RE Titan.

MSI GT73VR 6RE Titan Notebook

Implementasi GeForce GTX 1070 8 GB GDDR5 menjamin MSI GT73VR 6RE Titan siap “melahap” game 3D keluaran masa kini maupun masa mendatang. Layar 4K/Ultra HD pun membuat kemampuan GeForce GTX 1070 tidak menjadi sia-sia terlebih graphics card ini juga didukung kapasitas VRAM “super” besar. Pengguna siap dimanjakan tampilan kualitas visual terbaik game 3D di resolusi tinggi sekalipun. Hadirnya teknologi NVIDIA G-SYNC juga membuat pengalaman bermain game semakin sempurna. Tidak ketinggalan, MSI GT73VR 6RE Titan pun siap menyajikan dunia virtual reality ke hadapan pemiliknya dengan menggunakan perangkat VR seperti Oculus Rift atau HTC Vive.

Dari pengujian kami terlihat memang tidak semua game 3D dapat ditampilkan pada level frame rate cukup tinggi di resolusi 4K/Ultra HD tetapi hal ini masih dapat diakali dengan menurunkan setting kualitas grafis. Menurunkan resolusi gambar juga dapat dilakukan untuk meningkatkan level frame rate tanpa perlu mengorbankan kualitas visual pada MSI GT73VR 6RE Titan.

Di samping performa gaming yang kencang, MSI GT73VR 6RE Titan pun menawarkan performa prosesor yang dapat mengimbangi PC desktop sekalipun. MSI GT73VR 6RE Titan memang hanya dilengkapi prosesor notebook/laptop, Core i7 6820HK. Akan tetapi prosesor tersebut masuk ke jajaran Intel K Series sehingga dapat di overclock atau ditingkatkan performa/kecepatan nya. Dapat ditebak dengan mudah bagaimana performa MSI GT73VR 6RE Titan saat di overclock. Performa prosesor desktop Core i7 6700K maupun i7 6700 sekalipun dapat diimbangi dengan mudah. Menariknya untuk melakukan overclocking Core i7 6820HK pengguna cukup mengganti preset yang tersedia di utility Dragon Center. Mudah bukan?!

MSI GT73VR 6RE Titan Rear Side

Tingginya performa prosesor dan graphics card pun ditunjang dengan performa sistem pendingin Cooler Booster Titan yang tergolong memuaskan. Dalam keadaan di overclock sekalipun temperatur kedua komponen tersebut dapat dijaga di level aman. Tentu performa sistem pendingin seperti ini amat penting untuk menghindari gejala throttling akibat terlalu tingginya temperatur. Walaupun begitu memang cukup disayangkan pada kecepatan 100% kipas menghasilkan tingkat kebisingan yang cukup tinggi.

Kencangnya performa MSI GT73VR 6RE Titan semakin sempurna dengan melimpahnya fitur penunjang aktivitas gaming di dalamnya. Lihat saja implementasi keyboard dari pembuat perangkat gaming ternama, SteelSeries. MSI GT73VR 6RE Titan juga dilengkapi tata suara 2.1-channel dari Dynaudio yang diperkuat DAC/Amplifier ESS Sabre untuk kualitas suara maksimal. Notebook/laptop gaming ini juga mengadirkan konektivitas USB 3.1 Gen 2 sekaligus Thunderbolt 3.0 untuk transfer data BESAR dengan kecepatan “super cepat”. MSI GT73VR 6RE Titan juga datang dengan dua SSD NVMe PCIe 3.0 x4 dengan konfigurasi RAID 0 dan memori/RAM DDR4 32 GB sehingga program yang di pasang di dalamnya dapat mengerahkan kemampuan terbaiknya.

Kelebihan

(+) Core i7 6820HK

(+) Dapat mengimbangi prosesor desktop saat di overclock

(+) Kemudahan overclocking prosesor dengan mengganti preset

(+) GeForce GTX 1070 8 GB GDDR5

(+) Siap menjalankan game di 4K

(+) VR-ready

(+) Performa sistem pendingin memuaskan

(+) Layar 4K dengan NVIDIA G-SYNC

(+) Color profile layar dapat diatur

(+) RAM 32 GB 2400 MHz

(+) SSD RAID 0 NVMe PCIe 3.0 x4

(+) SSD dilengkapi heatsink

(+) Tata suara 2.1-channel

(+) DAC/Amplifier ESS Sabre

(+) Keyboard SteelSeries

(+) Area keyboard bebas paparan panas tinggi

(+) Lampu backlit keyboard dengan tiga area warna

(+) Type-C USB 3.1 Gen 2

(+) Thunderbolt 3.0

(+) Konektor HDMI dan mini-DP untuk display ekstra

(+) Wi-Fi ac & Bluetooth V4.1

(+) Tas backpack

(+) Utility melimpah dengan fungsi menarik

Kekurangan

(-) Cukup bising dengan kecepatan kipas 100%

(-) Ventilasi samping memiliki resiko memberikan paparan panas ke tangan

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES