in: Storage Devices | April 10, 2017 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD Apacer Armor AS681 480 GB

Apacer-Armor_09

Apacer yang merupakan salah satu produsen penyedia modul DRAM dan juga storage ternama dunia, kembali menawarkan koleksi SSD terbarunya. Kali ini, produsen ternama asal Taiwan itu mempersembahkan SSD terbaru dalam bentuk form factor 2.5″ ke ranah persaingan SSD dengan mengusung nama seri Armor. Ingin tahu lebih jauh tentang SSD Apacer Armor AS681 berkapasitas 480 GB yang sedang mampir di meja pengujian kami ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Paket Penjualan

Sebelum kita memasuki segmen pembahasan SSD dan juga pengujiannya, terlebih dahulu kami sajikan paket penjualan yang disajikan oleh Apacer pada SSD barunya ini.

Kemasan tampak depan
Kemasan tampak depan

 

Kemasan tampak belakang
Kemasan tampak belakang

 

Paket Penjualan Apacer Armor AS681
Paket Penjualan Apacer Armor AS681

 

Apacer kembali berinovasi dalam menawarkan SSD mereka pada seri Apacer Armor AS681 ini. Pada kemasan tampilan depannya, Apacer memberikan hiasan gambar yang mirip seperti “Arc Reactor” milik salah satu film super hero Iron Man. Sedangkan pada tampilan belakang kemasannya tertera beberapa informasi seputar Apacer Armor AS681 dalam beberapa bahasa, kompatibilitas OS dan diagram komparasi antara SSD dan HDD. Sayangnya, paket penjualan yang tersaji pada Apacer Armor AS681 ini tergolong minim.

SSD Apacer Armor AS681 480 GB

Apacer-Armor_08

Pada tampilan depan SSD ini, Apacer kembali memberikan hiasan yang sama seperti pada kemasan tampilan depannya. Dengan mengusung nama Armor, Apacer mencoba memberikan tampilan yang berbeda pada SSD barunya yaitu dengan penggunaan bahan material logam yang cukup solid pada body-nya dan dikelir dengan warna silver. Meskipun terasa ringan, bahan material logam yang digunakan terasa cukup solid.

Apacer-Armor_06

Soal performa yang ditawarkan SSD Apacer Armor AS681 ini, sang produsen mengklaim kalau SSD ini mampu menyodorkan performa sequential Read/Writre mencapai 545 MB/s dan 520 MB/s untuk yang berkapasitas 480 GB. Sayangnya kontroler yang diusung SSD ini tidak dijabarkan oleh sang produsen, namun NAND flash yang digunakan merupakan tipe TLC dengan desain transmisi sinkronus canggih 8-channel. Apacer juga turut menyertakan beberapa fitur lain seperti NCQ Command, SMART, TRIM dan tentunya ECC yang dapat meminimalisir terjadinya data error sehingga umur SSD jadi lebih panjang dan dilengkapi dengan garansi selama 3 tahun. Sebelum kita membahas lebih jauh seputar hasil pengujian yang kami peroleh, berikut ini kami jabarkan terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan pada SSD yang memiliki MTBF 1 juta jam ini.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7 6950X
  • Motherboard ASUS X99 Series Deluxe II
  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 16GB
  • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU Enermax Revolution
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES