in: News | May 1, 2017 | by: Yufianto Gunawan

3D NAND Segera Capai 50% Total Produksi NAND

Sejak beberapa waktu lalu, produsen chip NAND sudah mulai mendorong produksi chip jenis 3D NAND. Chip jenis ini memang makin banyak diminati karena bisa menawarkan kapasitas penyimpanan data yang lebih besar per chip. Oleh karena itu, kebutuhan akan chip 3D NAND pun terus meningkat. Bahkan, berdasarkan prediksi yang baru saja dirilis, 3D NAND akan mencapai, atau bahkan melebihi, 50% dari total produksi chip NAND.

nand-flash

Produsen Besar Mulai Dorong 3D NAND

Sejauh ini, Samsung dan Micron, dua produsen NAND terbesar dunia, sudah mulai mendorong produksi 3D NAND. Langkah ini disebut akan diikuti oleh beberapa produsen ternama lain dalam waktu dekat ini. Melihat hal tersebut, DRAMeXchange memprediksi bahwa produksi chip 3D NAND akan melebihi produksi NAND “biasa” di kuartal ketiga tahun 2017 ini.

Pasokan Masih Kurang

Walaupun produksi 3D NAND akan segera melebihi separuh dari total produksi chip NAND, kebutuhan akan chip 3D NAND diprediksi masih belum akan bisa dipenuhi seluruhnya. Salah satu yang menyebabkan hal ini adalah produsen smartphone yang memang memesan 3D NAND dalam jumlah besar. Apple bahkan disebut memesan 3D NAND dalam jumlah yang sangat besar, yang belum tentu bisa dipenuhi seluruhnya oleh para rekan mereka.

Sebagai imbas dari pasokan 3D NAND yang masih kurang, produksi beberapa produk berbasis 3D NAND pun disebut akan melambat, seperti SSD. Harga SSD di tahun 2017 ini memang diprediksi akan meningkat karena masih belum stabilnya produksi yang disebabkan kurangnya pasoksn 3D NAND. Bisa jadi, kondisi seperti ini akan bertahan hingga beberapa waktu ke depan, setidaknya hingga produsen chip bisa kembali mendorong produksi 3D NAND mereka.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES