in: News | May 29, 2017 | by: Luthfi Fuardi

ARM Perkenalkan CPU dan GPU Core Anyar!

Perkembangan perangkat mobile kian hari kian meningkat. Bahkan kini tuntutan atas performa tinggi untuk menjalankan VR, AR dan game mobile AAA lebih tinggi lagi. Untuk mendobrak batas yang telah ada, ARM sebagai salah satu pelopor di dunia mobile memperkenalkan beberapa produk baru, berupa dua core CPU dan satu core GPU anyar.

Computex17_ARM1
Nandan Nayampally, Vice President of Marketing and Strategy ARM

Dua Core CPU ARM Cortex A75 dan A55

Untuk meningkatkan kinerja komputasi, ARM memperkenalkan dua Core ARM Cortex A Series baru, yaitu ARM Cortex A75 dan A55. ARM Cortex A75 sendiri datang sebagai penerus dari ARM Cortex A73 yang tentunya di siapkan sebagai core “big” untuk SoC yang menggunakan ekosistem ARM.

Computex17_ARM4

Core ini menawarkan performa 50% lebih baik dari performa pendahulunya, ARM Cortex A73. Peningkatan performa ini didapatkan berkat optimalisasi dari generasi sebelumnya. Menariknya dengan performa yang 50% lebih baik, ARM Cortex A75 diklaim mememiliki konsumsi daya yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Selain ARM Cortex A75, ARM juga memperkenalkan ARM Cortex A55 yang didaulat sebagai generasi terbaru core ‘little’ dari SoC berekosistem ARM. Core CPU terbaru dari ARM ini sepertinya di posisikan di antara ARM Cortex A53 dan A57 yang sebelumnya hadir.

Menariknya kedua Cortex core terbaru dari ARM ini telah mengadopsi teknologi ARM DynamIQ yang menjanjikan fleksibilitas tinggi dalam performa komputasi big.LITTLE sehingga mampu menyeimbangkan dengan kebutuhan penggunanya.

GPU Mali-G72 Tawarkan performa hingga 40% lebih baik.

Performa komputasi yang baik tentunya harus diimbangi dengan performa visual yang memukau. Dan untuk mengimbangi performa Dari ARM Cortex A75 dan A55 terbaru, ARM juga memperkenalkan GPU core teranyar mereka, Mali-G72.

Computex17_ARM3

Tetap mengandalkan arsitektur Bifrost, ARM mengklaim optimalisasi dari arsitektur ini mampu membuat partner mereka bisa memberikan pengalaman mobile VR lebih baik kepada penggunannya. ARM juga mengklaim, selain memiliki performa yang lebih baik, GPU Mali-G72 juga memiliki konsumsi daya yang 25% lebih efisien.

Ketersedianan di Pasar

Computex17_ARM2

Untuk ketersedian di pasar, ARM belum secara jelas siapa yang akan pertama kali mengimplementasikan dua teknologi terbarunya ini. Namun sepertinya di awal hanya akan tersedia untuk Artifisial Intelegent dan beragam perangkat pintar lainnya. Sedangkan implementasinya untuk perangkat smartphone belum tersedia informasi lebih lanjut. Mungkin kita bisa menunggunya di akhir  2017 atau awal tahun 2018.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES