in: News | May 30, 2017 | by: Yufianto Gunawan

ASUS Perkenalkan Jajaran Motherboard X299

Menyambut kelahiran prosesor baru Intel, ASUS, salah satu produsen motherboard ternama, memperkenalkan produk baru mereka. Motherboard baru ini mengusung chipset Intel X299 dan soket LGA2066, dan ASUS pun telah menyiapkan beberapa tipe motherboard baru mereka untuk X299 ini, dari lini ROG, TUF, dan Prime. Hari ini, ASUS mengundang media di Computex 2017 untuk bekenalan dengan jajaran motherboard X299 baru mereka.

ASUS - 01

ROG Series

Terdapat dua motherboard yang diperkenalkan oleh ASUS untuk ROG Series mereka di sesi workshop, yaitu STRIX X299-E Gaming dan Rampage VI Apex. Keduanya mendukung prosesor Intel X Series yang baru saja dirilis beberapa jam lalu. STRIX X299-E Gaming lebih ditujukan sebagai produk ROG dengan harga yang terjangkau, sementara Rampage VI Apex diposisikan sebagai penghuni kelas yang lebih tinggi.

ASUS - 05

ASUS - 02

STRIX X299-E Gaming hadir dengan skema warna hitam dan mengusung 8x DIMM DDR4 dan 3x PCIe 3.0 x16. Rampage VI Apex, yang merupakan motherboard “APEX” kedua Asus, mengusung hanya 4x DIMM DDR4 untuk optimasi overclocking DDR4. Motherboard ini hadir dengan 4x PCIe 3.0 x16.

M.2
M.2 Cooling

Berbagai fitur unggulan disertakan ASUS untuk lini ROG Series ini, termasuk Sonic Studio III untuk mempermudah pengguna VR dalam hal audio, AURA Sync dengan Addressable RGB Header, ROG M.2 Cooling, serta dukungan untuk AURA SDK. Ada juga fitur VROC, Virtual RAID on CPU, untuk memungkinkan pengguna membangun RAID 0/1/5 dengan Intel SSD PCIe. Khusus untuk Rampage VI Apex, motherboard ini juga mendukung DIMM.2 untuk M.2 SSD.

Prime & TUF Series

Beralih ke lini Prime dan TUF. Sebagai andalan di Prime Series, ASUS sudah memiliki X299-Deluxe dan X299-A, yang menawarkan fitur-fitur yang lebih sederhana untuk LGA2066. Sementara untuk TUF Series, terdapat TUF X299 Mark I dan Mark II.

X299-Deluxe
X299-Deluxe
TUF X299 Mark I
TUF X299 Mark I

Prime Series, walaupun diposisikan untuk kelas terendah, tetap mengusung fitur yang menarik, seperti M.2 Cooling, fitur VROC, serta LiveDash OLED. LiveDash OLED sendiri merupakan fitur yang bisa menampilkan berbagai informasi terkait status operasional perangkat, seperti suhu, di panel OLED kecil di antara soket CPU dan slot PCIe. Pengguna bisa mengatur informasi apa, atau gambar apa, yang muncul di layar itu dari aplikasi.

LiveDash OLED
LiveDash OLED

Sementara untuk TUF Series, ASUS punya fitur pendukung durabilitas baru, yaitu TUF VGA Holder. Sesuai namanya, VGA Holder berfungsi untuk menahan bobot graphics card yang berat. ASUS mengklaim perangkat ini bisa menahan beban hingga 15 kg, yang tentunya sangat mencukupi untuk graphics card masa kini.

TUF VGA Holder
TUF VGA Holder
TUF Detective 2
TUF Detective 2

Motherboard TUF Series juga dibekali dengan TUF Detective 2, dongle khusus yang bisa mengirimkan informasi ke gadget, termasuk POST Code, parameter operasi, dan beberapa hal lain. Fitur yang juga tersedia dari TUF Detective 2 ini adalah melakukan remote shot down dari gadget. Seperti produk X299 lain ASUS, kedua motherboard TUF X299 ini juga menawarkan dukungan untuk VROC. Hal yang membedakan TUF X299 Mark I dan Mark II adalah Mark II tidak dilengkapi dengan “armor” khas TUF.

ROG Rampage VI Extreme di ROG Press Event

ASUS ROG Rampage VI Extreme

ASUS ternyata masih menyimpan satu motherboard ROG Series lain untuk X299. Motherboard itu menampakkan diri di ROG Press Event yang digelar setelah workshop untuk media. Motherboard tersebut adalah ROG Rampage VI Extreme, dan inilah yang menempati kasta tertinggi di jajaran produk baru ASUS untuk Intel X299. ROG Rampage VI Extreme ini menawarkan 8x DIMM DDR4, 4x PCIe x16, dan 2x DIMM.2.

VROC dengan Hyper M.2 x16

Fitur baru yang hadir bersama Intel X Series terbaru adalah VROC, Virtual RAID on CPU, yang memungkinkan RAID SSD Intel PCIe, sehingga bisa menawarkan performa yang sangat tinggi. VROC ini memungkinkan RAID 0, 1, dan 5, tetapi membutuhkan key khusus untuk mode RAID di luar RAID 0. Oleh karena itu, di motherboard X299 ASUS terdapat header khusus untuk VROC.

ASUS - Hyper M.2

 

Untuk beberapa tipe motherboard X299 mereka, ASUS juga menyediakan Hyper M.2 x16 card, yang memungkinkan 4x SSD M.2 dijalankan bersama di standar PCIe 3.0 x16. Hyper M.2 x16 ini juga kompatibel dengan VROC. Namun, untuk VROC, SSD M.2 yang digunakan seluruhnya harus dari Intel.

Overclocking di X299

Seperti platform HEDT Intel sebelumnya, X299 dengan Kaby Lake X dan Skylake X juga mendukung overclocking. ASUS pun telah melengkapi motherboard mereka dengan dukungan fitur overclocking yang baik, untuk prosesor maupun RAM. ASUS pun secara sederhana menampilkan demo overclocking di acara workshop media, dengan menampilkan overclocking Core i7-7900X ke 4.3 GHz.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES