in: News | May 15, 2017 | by: Friska Suryawinata

Cegah Ransomware, Microsoft Rilis Patch Baru untuk Windows XP

WindowsXP_1525955c

Dalam beberapa hari belakangan ini, dunia maya digegerkan dengan isu ransomware yang bernama WannaCry. Ransomware ini, jika menginfeksi komputer, akan bekerja sebagai pencuri data dan akan meminta si pengguna komputer untuk mengirimkan uang tebusan dalam rupa BitCoin, yang tentunya tidak akan berharga murah. WannaCry sudah menginfeksi lebih dari 75.000 komputer di seluruh 99 negara di dunia, dan termasuk di antaranya di Indonesia.

Untuk mencegah ransomware WannaCry ini, sejumlah perusahaan sekuritas dan termasuk Microsoft pun memberikan update dan patch baru untuk mencegah ransomware ini dari menginfeksi komputer pengguna. Salah satu langkah yang tidak biasa dilakukan oleh Microsoft untuk mencegahnya, adalah memberikan patch keamanan baru untuk OS Windows XP secara publik. Dukungan ini juga diberikan oleh Microsoft untuk OS Windows 8 dan Windows Server 2003.

Langkah yang diambil oleh Microsoft ini dinilai cukup mengejutkan, mengingat pihaknya memberikan patch baru secara publik untuk OS Windows lama yang umumnya hanya tersedia untuk custom support saja. Tapi mengingat ransomware ini lebih “mudah” untuk menginfeksi komputer yang memiliki OS versi lama yang sudah tidak mendapatkan dukungan resmi lagi, hal ini menjadi salah satu peringatan fatal bagi para pengguna komputer saat ini yang kurang awas terhadap masalah keamanan data dan komputer yang dimilikinya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES