in: News | May 31, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Gigabyte Pamerkan Motherboard X299 Series

Hari pertama gelaran Computex 2017 salah satunya dimeriahkan oleh Intel dengan mengumumkan hadirnya lini prosesor Intel Core X Series dengan basis arsitektur CPU Skylake X dan Kabylake X. Tentu saja Intel Core X Series ini bukan sembarang prosesor karena ia akan mulai menggantikan peran pendahulunya, Broadwell E, yang masuk jajaran produk Extreme Edition. Produsen-produsen motherboard ternama seperti GIGABYTE tentu saja menyambut antusias hadirnya Intel Core X Series karena disaat seperti inilah mereka dapat menunjukkan kepiawaian mereka dalam “meracik” produk motherboard.

Gigabyte Computex 2017 Room

Seperti tahun-tahun sebelumnya, GIGABYTE kembali mengundang kami ke VIP Room mereka di Taipei 101 lantai 36 untuk melihat dari dekat motherboard canggih terbaru mereka untuk prosesor Intel Core X Series. Enam produk motherboard Intel Core X Series dengan tipe soket LGA2066 dan chipset Intel X299 kami temukan pada kunjungan kami kali ini.

Aorus Gaming Series

Gigabyte X299 Aorus Gaming 9

X299 Aorus Gaming 9 saat ini menjadi varian produk paling tinggi dari GIGABYTE dari lini Aorus Gaming. Varian satu ini datang dengan penampilan menawan dengan warna hitam dominan yang dimeriahkan atraksi lampu LED di komponen tertentu. Motherboard ini mendukung seluruh varian prosesor Core/Xeon LGA2066 dengan dukungan kapasitas memori/RAM hingga 128 GB dengan prosesor Core atau 512 GB dengan prosesor Xeon. Tersedia pula lima slot PCIe 3.0 x16 dan tiga slot M.2 PCIe x4 yang dilengkapi heatsink Thermal Guard untuk menjamin performa SSD tetap maksimal sepanjang waktu. Solusi storage SATA III 6 Gbps pun dihadirkan dengan dukungan hingga delapan perangkat.

Gigabyte X299 Aorus Gaming 7

Secara sekilas motherboard X299 Aorus Gaming 7 memang tampak mirip sekali dengan varian di atasnya. Tidak hanya mirip dari penempilan tetapi sebenarnya kemampuan kedua motherboard ini dapat dikatakan setara. Walaupun begitu, pada X299 Aorus Gaming 7 hanya ditemukan satu slot M.2 yang dilengkapi heatsink Thermal Guard dan motherboard ini tidak dilengkapi chip OP-AMP seperti varian di atasnya.

Gigabyte X299 Aorus Ultra Gaming

Turun satu tingkat dari produk sebelumnya GIGABYTE menempatkan X299 Aorus Ultra Gaming. Pada varian yang satu ini GIGABYTE tampak menyederhanakan solusi networking dengan satu jenis chip dan juga audio tanpa menggunakan chip OP-AMP dan DAC. Komponen heatpipe dari heatsink VRM juga tidak tampak pada varian ini.

Gigabyte X299 Aorus Gaming 3

Di kelas entry level dapat ditemukan motherboard X299 Aorus Gaming 3. Dibandingkan varian di atasnya tampak konektor CPU 8-pin kini dikurangi menjadi satu buah dan jumlah slot M.2 dikurangi menjadi dua buah saja tanpa dilengkapi heatsink Thermal Guard. Komponen logam penguat slot PCIe x16 juga kini hanya dipasangkan pada dua slot utama, tidak lagi kelima-limanya.

Motherboard X299 Aorus Gaming sendiri menghadirkan setumpuk fitur menarik yang nyaris dapat dijumpai di semua varian seperti RGB Fusion dengan kemampuan kostumisasi warna dan efek, chip audio Realtek ALC1220 dengan tingkat SNR 120 dB yang dilengkapi kapasitor audio buatan WIMA, dukungan teknologi Sound BlasterX 720° untuk deteksi posisi musuh lebih akurat pada game (kecuali pada Gaming 3), Smart Fan 5, komponen “Ultra Durable” ala GIGABYTE dengan teknologi anti sulfur, solusi networking dengan teknologi cFos, dan lainnya.

Ultra Durable Series

Gigabyte X299 UD4

Dari lini produk Ultra Durable saat ini motherboard GIGABYTE X299-UD4 menjadi satu-satunya pemain utama. Motherboard ini tampak ditujukan untuk mereka yang mengincar fitur esensial dari platform Intel COre X Series. Tidak banyak pernak-pernik menghias bodi motherboard ini tetapi ia tetap menawarkan kemampuan dasar sama seperti varian motherboard X299 lainnya. Motherboard ini tetap mendukung penggunakan seluruh varian prosesor Intel Core X Series dengan dukungan kapasitas memori/RAM hingga 128 GB. Terdapat lima slot PCIe 3.0 x16 dan dua slot M.2 PCIe 3.0 x4 untuk SSD. Delapan port SATA III 6 Gbps tampaknya telah menjadi perlengkapan wajib untuk motherboard X299. Fitur unggulan seperti RGB Fusion, chip audio Realtek ALC1220 dengan kapasitor audio buatan WIMASmart Fan 5, komponen “Ultra Durable” ala GIGABYTE dengan teknologi anti sulfur, solusi networking dengan teknologi cFos, juga masih dapat ditemukan pada varian ini.

Industrial Series

Gigabyte X299S-WS

GIGABYTE C422-WS menggunakan soket LGA2066 dan mendukung prosesor Intel Core X Series dan Xeon Platinum/Gold. Delapan slot memori/RAM yang disertakan mampu menampung kapasitas hingga 512 GB. Motherboard ini pun dilengkapi tujuh slot PCIe x16 dimana empat diantaranya dapat dijalankan pada kecepatan x16 dan empat lainnya pada kecepatan x8. Seluruh slot memori/RAM dan PCIe x16 dilengkapi logam penguat untuk menjamin durabilitas terbaik. Untuk solusi storage motherboard ini menyediakan satu slot M.2 PCIe 3.0 x4, U.2, dan SATA III 6 Gbps.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES