in: Display | May 10, 2017 | by: Luthfi Fuardi

Hands-On Review Monitor LG Ultra Wide 34UM69G-B

Desain Monitor LG 34UM69G-B

LG34UM69G_11

LG 34UM69G-B ini datang dengan layar wide screen berukuran 34 inci dengan resolusi 2560 x 1080 piksel. Berbeda dengan monitor konvensional yang biasanya datang dengan aspect ratio 16:9, monitor terbaru LG ini datang dengan rasio layar ber-aspect ratio 21:9 yang menjadikannya terlihat sangat lebar. Datang dari jajaran monitor Gaming LG, Desain monitor dengan garis-garis khas monitor gaming tetap menghiasi sang penerus ini. Bazzel tipis monitor ini tersembunyi di balik permukaan layarnya yang di lapisi lapisan anti-glare 3H, sehingga membuat monitor ini seperti bazzelless. Hadirnya lapisan anti-glare 3H juga membuat layar ini mampu meredam pantulan cahaya atau bayangan di layar yang membuat Anda dapat lebih nyaman menggunakan monitor ini. Sayangnya dengan Aspect Ratio 21:9 ini otomatis membuat monitor ini lebih lebar, sehingga Anda membutuhkan ruang lebih untuk membuat monitor ini berdiri dengan baik di meja Anda.LG34UM69G_14

LG34UM69G_10

Menurut kami desain ini tak terlihat buruk. Kami hanya mengeluhkan material glossy pada bagian belakang monitor yang membuatnya menjadi tempat yang sangat nyaman bagi jejak sidik jari. Beralih ke bagian kaki penyanggah monitor ini, LG menyematkan kaki penyanggah berbentuk “V” yang LG beri nama sebagai V-Line Stand. Kaki penyanggah ini memang terlihat kecil, namun bisa menjaga monitor berukuran 34 inci ini dengan baik. Menariknya, kaki-kakinya ini memiliki pengatur ketinggian yang membuat monitor ini dapat di atur tinggkat ketinggiannya secar fleksibel. Monitor ini juga memiliki fitur tilt yang memungkinkan Anda mulai 5 sampai 20 derajat.

LG34UM69G_12

Datang dari jajaran monitor Gaming LG, LG 34UM69G-B ini merupakan monitor yang mengandalkan backlight LED dengan tipe panel IPS (in-plane switching) yang memiliki kemampuan menghasilkan variasi warna hingga 16,7 juta warna di resolusi 2560 x 1080 piksel. Dengan kombinasi panel IPS, resolusi 2560 x 1080 piksel dan aspect ratio 21:9 itu, LG 34UM69G-B memberikan sudut penglihatan lebih luas baik saat berada di lingkungan sistem operasi atau saat bermain game dan mampu menampilkan detail yang tidak dapat ditampilkan jika menggunakan monitor non-21:9.

Secara spesifikasi, LG 34UM69G-B memiliki response time 5 milisecond untuk Grey-to-Grey. Namun, berkat hadirnya fitur Motion Blur Reduction, respon time monitor ini dapat meninggkat hingga 1 milisecond sehingga sanggup menghasilkan kualitas tampilan bebas dari gejala ghosting. Tingkat response time setinggi itu memang ideal untuk menangani adegan cepat pada sebuah video ataupun game. Penggunaan panel IPS pun membuat LG mengklaim bahwa monitor ini memiliki tingkat color gamut hingga lebih dari 99% sRGB sehingga cocok untuk pengguna yang membutuhkan monitor LCD dengan keakuratan warna tinggi.Hal paling menarik dari monitor ini adalah, meski datang dengan panel IPS, monitor ini memiliki refresh rate di angka 75 Hz. Memang bukan yang tertinggi, tapi Anda akan sangat jarang menemukan monitor berpanel IPS dengan refresh rate di angka ini.

LG34UM69G_15

Berbeda dengan produk LCD monitor pada umumnya dengan tingkat refresh rate 60 Hz, LG 34UM69G-B menawarkan keistimewaan pada pilihan tingkat refresh rate mulai dari 60 Hz, hingga 75 Hz untuk pilihan tertinggi. Pemilik PC dengan kemampuan menghasilkan frame rate di atas 60 fps tentu akan suka saat dipasangkan dengan LG 34UM69G-B. Anda tak akan menemukan gejala image tearing akibat tingkat refresh rate LCD monitor lebih rendah dari frame rate game. Bahkan pada saat fitur V-Sync dihidupkan, game masih dapat “berlari” pada tingkat frame rate hingga mencapai 75 fps saat mode 75 Hz digunakan, tidak seperti pada saat menggunakan LCD monitor 60 Hz dimana frame rate game dikunci pada 60 fps pada saat fitur V-Sync diaktifkan. Alhasil kualitas visual maksimal didapatkan tanpa perlu mengorbankan kenyamanan bermain.

LG34UM69G_16

Salah satu keistimewaan lain dari LG 34UM69G-B adalah hadirnya teknologi dynamic refresh rate ala AMD yaitu FreeSync. Teknologi tersebut memungkinkan tingkat refresh rate monitor untuk menyesuaikan dengan tingkat frame rate yang dihasilkan graphics card, bukan sebaliknya seperti pada teknologi V-Sync. Selain menyematkan fitur Adaptive Sync miliki AMD,  monitor ini juga menghadirkan fitur gaming lainnya seperti “Response Time” untuk mengatur tingkat response time monitor berdasarkan kecepatan layar dalam menampilkan gambar. Fitur tersebut sangat cocok digunakan pada saat monitor menampilkan adegan cepat seperti saat bermain game atau menonton film action. Terdapat pula fitur Black Stabilizer untuk mengatur tingkat black contrast monitor sehingga menghasilkan tampilan lebih jelas pada adegan gelap/kurang cahaya. Tak sampai di situ saja, LG juga menyematkan fitur 1ms Motion Blur Reduction yang akan mengurangi image ghosting (blur) saat transisi gambar.

SONY DSC

LG34UM69G__Menu (11)

Selain dapat memanfaatkan monitor 21:9 ini pada PC game, Anda juga bisa menggunakannya sebagai layar bagi console Anda. Memang masih belum banyak game-game yang mendukung aspect ratio 21:9, namun Anda bisa memanfat setting aspect ratio “Cinema” yang sudah disuntikkan LG di dalam monitor dengan bentuk elegan ini, beberapa game Playstation 4 yang memuat bar hitam di bagian atas dan bawah bisa dinikmati secara maksimal dengannya. Bahkan fitur akan sangat berguna juga untuk Anda saat menonton film yang memiliki black bar di bagian atas dan bawahnya.

LG34UM69G_3

Untuk membongkar dan memasangkan monitor ini pun cukup mudah, Anda hanya perlu menekan ke bawah tombol yang kami lingkari di atas dan menarik bagian bawah monitor untuk melepaskan kaki penyanggah monitor ini.

LG34UM69G_8

Saat Anda melepaskan kaki penyanggah monitor ini, Anda akan menukan mounting VESA 10×10 cm yang tersedia dibelakang monitor ini. Mounting ini berguna saat Anda ingin memasangkan monitor ini ke dinding atau ke kaki penyanggah dari pihak ketiga yang lebih fleksibel.

LG34UM69G_4

LG34UM69G_5
Untuk mengoperasikan LG 34UM69G-B, LG mengandalkan satu tombol joystick lima arah pada sisi bawah tengah layar. Penggunaan tombol joystick memang menjadi keunggulan dari monitor ini. Pengoperasian menu menjadi sangat mudah dan begitu menyenangkan, bahkan tanpa perlu melihat tombol itu sendiri. Tidak ada lagi kerumitan pengoperasian menu akibat meraba-raba deretan tombol pada sisi tersebunyi monitor. Pengguna cukup mengarahkan tombol joystick lima arah untuk menggerakkan kursor pada menu dan menekan untuk melakukan konfirmasi. Tombol joystick LG 34UM69G-B terbuat dari bahan putih semi-transparan dengan cahaya putih pada saat monitor LCD menyala. Tombol joystick ini juga berfungsi sebagai tombol power on/off, pengatur volume saat digerakan ke kiri/kanan dan pengaturan input saat digerakan ke atas/bawah.

LG34UM69G_1

LG 34UM69G-B menghadirkan ragam konektivitas seperti port DC-IN, audio,  port HDMI, satu port Display Port 1.2, satu port USB 3.0 Type-C. Sepertinya, kehadiran konektor USB Type-C di monitor ini tak hanya sebagai input monitor, tapi juga sebagai port untuk mengisi daya gadget berdaya 5V 1,5A. Monitor ini dilengkapi juga sebuah jack audio 3,5mm, namun Anda tak akan menemukan speaker di monitor ini. Konektor HDMI dan Display Port 1.2 memastikan monitor LCD siap menampilkan resolusi Full-HD dengan tingkat refresh rate 75 Hz sekaligus memanfaatkan teknologi AMD FreeSync.

LG34UM69G_2

LG juga menyertakan sebuah klip plastik untuk membantu Anda menyembunyikan kabel yang terhubung dengan monitor ini di belakang kaki penyanggahnya. Sedikit berbeda dengan klip plastik untuk kabel management monitor LG yang sebelum-sebelumnya, bentuknya yang menyerupai sirip hiu ini memungkinkan Anda menggantungkan headphone kesayangan Anda setelah Anda gunakan. Desain klip plastik ini juga terlihat kokoh, dan sepertinya dapat menahan kabel yang banyak dan headphone yang berat sekaligus.

LG34UM69G_7

LG34UM69G_6

Sebagai monitor yang ditujukan untuk penggunaan game dan multimedia, tak lengkap jika rasanya jika LG tak menyematkan speaker di monitor ini. Ya, monitor ini dilengkapi dengan dua buah speaker (stereo) yang diletakan di bagian bawah monitor, tepatnya berada di sisi kiri dan kanan dari joystick navigasi monitor ini. Meskipun terlihat kecil dan kurang meyakinkan, kami cukup terkesan dengan apa suara yang dihasilkannya. Cukup bertenaga, jernih namun telingan anda juga tak akan terganggu dengan suaranya karena suara yang dihasilkan tak terlalu tajam. Mungkin hal ini dikarenakan ada dukungan fitur MaxxAudio by Waves pada monitor ini, sehingga suara yang dihasilkannya dapat enak didengan telinga kami.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES