in: News | May 31, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Motherboard Gigabyte X399 Aorus Gaming 7 Ditampilkan

Di hari kedua Computex 2017 kejutan datang dari AMD dengan diumumkannya prosesor desktop generasi terbaru mereka dengan codename Threadripper. Prosesor yang akan hadir pada Summer 2017 tersebut dikabarkan akan menawarkan jumlah core hingga 16 buah, 64 jalur PCIe, mendukung konfigurasi memori/RAM quad channel DDR4, dan akan menggunakan chipset tipe terbaru X399. Siapa menyangka bersamaan dengan pengumuman tersebut pihak produsen motherboard sudah siap menyambut hadirnya prosesor tersebut seperti GIGABYTE dengan X399 Aorus Gaming 7 mereka.

Gigabyte X399 Aorus Gaming 7 01
GIGABYTE X399 Aorus Gaming 7

GIGABYTE X399 Aorus Gaming 7 datang dengan warna hitam dominan yang dipadukan dengan warna abu-abu di beberapa bagian. Motherboard ini menggunakan soket TR4 yang dibuat khusus untuk prosesor AMD Threadripper. Terdapat empat slot memori/RAM DDR4 dengan dukungan kapasitas hingga 128 GB. Slot memori/RAM tampak diperkuat dengan logam dan dilengkapi lampu LED “RGB Fusion” yang akan membuat penampilan motherboard semakin meriah. Di dekat slot memori/RAM kiri dapat ditemukan konektor daya 8-pin dan juga 4-pin yang kami prediksi akan digunakan untuk menyuplai daya listrik ke prosesor.

Gigabyte X399 Aorus Gaming 7 03

Gigabyte X399 Aorus Gaming 7 dilengkapi lima buah slot PCIe 3.0 x16. Dengan 64 jalur PCIe dari prosesor seharusnya empat slot diantaranya akan beroperasi pada kecepatan x16. Belum diketahui apakah 64 jalur PCIe dari prosesor juga akan dibagi dengan tiga slot M.2 PCIe 3.0 x4 yang tersedia di motherboard ini. Satu slot M.2 dilengkapi heatsink Thermal Guard untuk menjamin performa SSD tetap maksimal sepanjang waktu. Gigabyte X399 Aorus Gaming 7 juga menghadirkan onboard buttons dan Debug LED. Untuk solusi audio belum diketahui menggunakan chip audip apa tetapi dapat terlihat jika motherboard ini menggunakan chip DAC ESS Sabre Hi-Fi yang dipadukan kapasitor audio dari Nichion dan WIMA.

Gigabyte X399 Aorus Gaming 7 04

Selain tiga slot M.2, solusi storage GIGABYTE X399 Aorus Gaming 7 juga menghadirkan delapan buah port SATA III 6 Gbps.

Gigabyte X399 Aorus Gaming 7 02

Semenatar itu pada sisi backpanel dapat ditemukan sembilan port USB Type-A dan satu port USB Type-C. Terdapat pula satu konektor PS/2 keyboard mouse, satu RJ45, lima konektor audio 3,5 mm, dan satu konektor S/PDIF.

Saat ini GIGABYTE memang baru menampilkan satu varian motherboard X399 untuk prosesor AMD Threadripper. Akan tetapi mengingat varian kali ini adalah tipe Gaming 7, bukan tidak mungkin jika nantinya ada varian lain seperti Gaming 9, Gaming 3, Ultra Gaming, dan masih banyak lagi.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES