in: News | June 21, 2017 | by: Yufianto Gunawan

AMD Resmikan Kehadiran Prosesor EPYC 7000

Prosesor baru AMD dengan arsitektur Zen yang dihadirkan khusus untuk server dan datacenter, EYPC, akhirnya resmi dirilis oleh perusahaan tersebut. EPYC semula sempat ditampilkan oleh Lisa Su, CEO AMD, di Computex 2017 lalu. Kini, melalui sebuah acara yang digelar di Austin, Texas, Amerika Serikat, AMD meresmikan kehadiran prosesor EPYC 7000.

EPYC

Tawarkan Hingga 32 Core per Prosesor

Performa menjadi salah satu fokus AMD untuk EPYC 7000, sehingga mereka meracik prosesor-prosesor EPYC 7000 sebagai prosesor yang menawarkan performa tinggi, di samping optimasi yang baik untuk berbagai beban kerja datacenter. Sebagai salah satu pendukung performa, EPYC 7000 ditawarkan hingga konfigurasi 32 core. EPYC juga mendukung hingga 8 DDR4 Channel per prosesor, dengan kapasitas maksimal yang didukung hingga 2 TB, serta 128 PCIe lane per prosesor.

Lisa Su, CEO AMD, saat memperkenalkan EPYC
Lisa Su, CEO AMD, saat memperkenalkan EPYC

Lisa Su, CEO AMD, menyebutkan dalam presentasinya bahwa performa dari EPYC 7000 ini membuatnya mengungguli apa yang ditawarkan pesaing mereka. EPYC 7601 menawarkan performa integer 47% lebih tinggi dari Xeon E5-2966 v4 untuk set kerja datacenter. Sementara di floating point, kinerjanya bahkan mencapai 75% lebih tinggi.

Spesifikasi singkat prosesor EPYC 7000 bisa dilihat di artikel kami sebelumnya.

Sistem Keamanan Terintegrasi

Selain performa, hal lain yang menjadi fokus dari EPYC 7000 adalah keamanan. AMD mengintegrasikan security processor ke dalam seluruh prosesor EPYC 7000, yang mendukung implementasi keamanan yang lebih baik, termasuk secure boot, serta enkripsi. Terkait enkripsi, EPYC 7000 mendukung enkripsi untuk data di memori serta enkripsi dengan kunci terpisah untuk setiap hypervisor atau virtual machine di dalam server. Hal ini diharapkan membuat aspek keamanan di server dengan EPYC 7000 tidak mudah, atau tidak bisa, dibobol seperti yang cukup umum terjadi belakangan ini.

EPYC - 13
Forrest Norrod dari AMD saat menjelaskan fitur dari EPYC

Dukungan Ekosistem yang Kuat

AMD juga menyebutkan bahwa EPYC 7000 akan memiliki dukungan ekosistem yang kuat. EPYC 7000 akan didukung oleh banyak sekali ekosistem di bidang server dan datacenter, termasuk oleh Microsoft, Samsung, Red Hat, VMware, Xilink, dan Mellanox. Selain itu, sistem operasi dan developer tool ternama pun sudah siap mendukung prosesor baru ini.

EPYC - 18
Perwakilan beberapa perusahaan yang mendukung ekosistem berbasis EPYC di acara peluncuran EPYC.

Rekan AMD Sudah Siap!

Beberapa rekan AMD juga sudah siap menghadirkan EPYC 7000 dalam paket solusi mereka, termasuk Dell EMC, Lenovo, Gigabyte, ASUS, Supermicro, TYAN, dan Hewlett Packard Enterprise (HPE). Salah satu rekan AMD yang menampilkan solusi EPYC 7000 mereka adalah HPE, dengan Cloudline CL3510. Selain itu, ada juga jajaran PowerEdge dari Dell EMC. Tidak ketinggalan, Supermicro pun turut serta menampilkan produk “A+” mereka yang mendukung EPYC.

Mark Papermaster dan perwakilan Dell EMC, salah satu partner AMD, menunjukkan produk yang telah mendukung EPYC
Mark Papermaster dari AMD dan perwakilan Dell EMC, salah satu partner AMD, menunjukkan produk yang telah mendukung EPYC

AMD menyebutkan bahwa beberapa rekan mereka di bidang cloud dan datacenter pun menyambut EPYC 7000 ini. Dropbox dan Microsoft Azure merupakan rekan AMD yang langsung mendukung EPYC 7000 ini, bahkan mengumumkan proyek yang sudah menggunakan prosesor baru tersebut. Microsoft Azure juga turut mengumumkan Project Olympus, platform open compute mereka, dengan basis EPYC 2P untuk akselerasi inovasi datacenter.

EPYC 7000 Series sendiri disebut AMD akan langsung dipasarkan setelah peluncuran resminya ini!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES