in: News | June 26, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Bug Hyper Threading Ditemukan di Skylake dan Kaby Lake

Sebuah bug disebut baru saja diumumkan terkait prosesor Intel, Core i “Skylake” dan “Kaby Lake”. Berdasarkan penjelasan dari salah satu distrubusi Linux populer, Debian, bug ini terkait dengan fitur populer dalam prosesor Intel, Hyper Threading. Bila Hyper Threading aktif, ada kemungkinan sistem akan bertingkah di luar kebiasaan yang bisa menyebabkan crash, yang berpotensi membuat rusak atau hilangnya data.

core-i3-vs-i5-vs-i7-6th-gen-skylake-main_thumb800

Potensi Masalah yang Cukup Luas

Karena bug ini ada di microcode untuk prosesor Skylake dan Kaby Lake dengan Hyper Threading, bug ini punya potensi masalah yang cukup luas. Selain Core i, baik untuk desktop maupun laptop, bug ini juga ada di Skylake-X dan Kaby Lake-X, Pentium Kaby Lake, serta Xeon E3 v5 & v6. Selain itu, bug ini juga bisa menimbulkan masalah tidak hanya di Debian Linux, tetapi semua sistem operasi.

Untungnya, tampaknya bug ini hanya akan menimbulkan masalah di kondisi spesifik yang cukup jarang terjadi, walaupun bukan tidak mungkin terjadi. Kondisi spesifik tersebut terkait dengan pemanfaatan register di dalam prosesor untuk instruksi tertentu. Saat ini, tampaknya cukup jarang aplikasi yang mengusung kode yang membuat prosesor memanfaatkan register tertentu itu dan membuat sistem mengalami crash.

Intel Sudah Akui Bug Ini

Intel disebut sudah mengakui adanya bug ini, dan mereka tampaknya sudah menggarap solusinya. Solusi itu akan hadir di update BIOS untuk motherboard. Hingga solusi tersebut tiba, salah satu solusi yang disebut oleh banyak pihak sebagai solusi sementara yang bisa mencegah bug adalah mematikan Hyper Threading.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES