in: News | June 24, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Harga SSD dan RAM Masih Tinggi Hingga Tahun Depan!

Beberapa bulan terakhir ini, pasokan chip memori di dunia bisa dikatakan kurang. Hal ini disebabkan karena terus tingginya permintaan akan chip memori, termasuk DRAM dan NAND, sementara pasokan produsen tidak bisa memenuhi seluruh permintaan itu. Kondisi ini kemungkinan besar tidak akan berakhir dalam waktu dekat ini, bahkan diprediksi akan terus terjadi hingga tahun 2018!

nand-flash

SSD, RAM, dan Smartphone

Kebutuhan akan DRAM dan NAND tentu saja dipengaruhi langsung oleh permintaan terhadap produk “jadi” yang menggunakan komponen-komponen tersebut, termasuk SSD dan RAM. Selain itu, ada permintaan terhadap DRAM dan NAND dari dunia smartphone. Berdasarkan kabar terbaru, hal-hal ini sangat berpengaruh terhadap ketersediaan DRAM dan NAND di pasar, sementara produsen DRAM dan NAND masih coba meningkatkan kapasitas produksi mereka.

Peningkatan kapasitas produksi DRAM dan NAND sendiri sudah dilakukan produsen chip memori dalam beberapa waktu terakhir. Hal yang sudah coba mereka lakukan adalah memperluas kapasitas produksi dan menghasilkan chip dengan kapasitas yang lebih tinggi dengan teknik produksi yang lebih baik. Sayangnya, hasil nyata dari upaya tersebut belum bisa terlihat tahun 2017 ini.

Baru Membaik di 2018

Analis memprediksi bahwa upaya para produsen chip itu baru akan menunjukkan hasil tahun 2018 mendatang. Memang, beberapa upaya peningkatan kapasitas produksi yang dilakukan perusahaan seperti Hynix dan Samsung baru mulai akan terlihat hasilnya di paruh kedua tahun 2017 ini. Jadi, hasilnya baru akan bisa dinikmati di tahun 2018 mendatang.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES