in: News | June 16, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Intel Gunakan Mesh Interconnect untuk Prosesor Baru

Quick Path Interconnect (QPI), yang selama ini menjadi andalan Intel untuk arsitektur server mereka, tampaknya sudah mencapai akhir masa penggunaannya. Intel baru saja menyebutkan bahwa interkoneksi baru untuk server multi-processor terbaru mereka sudah siap. Interkoneksi tersebut akan digunakan untuk prosesor Xeon Scalable, sebutan baru untuk prosesor Xeon multi-processor mereka.

QPI Kurang Bisa Akomodasi Banyak Core

Intel disebut merasa QPI sudah kurang cocok digunakan untuk prosesor Xeon generasi berikutnya. Salah satu sebabnya adalah jumlah core di prosesor Xeon yang semakin banyak membuat QPI menjadi tidak efisien karena sistem kerjanya. Oleh karena itu, Intel beralih ke sistem yang lebih sederhana, Mesh Interconnect, yang diharapkan bisa meningkatkan efisiensi kerja prosesor Xeon Scalable.

Mesh Interconnect sebenarnya sudah digunakan Intel di Xeon Phi, co-processor kreasi mereka. Merasa interkoneksi in lebih efisien bila diterapkan di prosesor dengan jumlah core banyak, Intel membawa interkoneksi ini ke Xeon Scalable mereka. Interkoneksi ini akan mulai digunakan di Xeon Scalable yang dirilis tahun 2017 ini.

Juga Hadir di Skylake-X

Interkoneksi antar core ini juga disebut hadir di Skylake-X, prosesor HEDT (High-End Desktop) terbaru Intel. Skylake-X sendiri sudah sempat tampil di Computex 2017 lalu dan dikabarkan akan dirilis dalam waktu dekat ini. Penggunaan Mesh Interconnect ini memang terlihat dibutuhkan di Skylake-X karena prosesor tersebut mengusung hingga 18 core dalam satu prosesor.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES