in: Storage Devices | June 27, 2017 | by: Dian Syarifuddin

Memilih SSD yang Tepat Untuk Aplikasi Profesional

Beberapa tahun belakangan ini, SSD (Solid State Drive) yang ada di pasaran sudah semakin banyak ditawarkan. Bahkan SSD yang tersedia saat ini telah terbagi dalam beberapa kelas, mulai dari SSD untuk kalangan low-end, mid-range hingga high-end dengan harga yang semakin terjangkau. Secara umum, penggunaan SSD ini memang bisa dibilang telah berhasil menjadi salah satu solusi dalam meningkat performa pada PC, baik desktop maupun laptop. Namun dengan banyaknya pilihan SSD di pasaran saat ini, kita pun harus teliti dalam memilih, terlebih lagi SSD yang akan digunakan memang diperuntukkan untuk memadai segala kebutuhan pekerjaan profesional yang Anda miliki.

960Pro_02

SSD Wajib Digunakan untuk Para Profesional

Memiliki pekerjaan profesional seperti desainer grafis atau multimedia developer tentunya bakal menuntut sebuah sistem PC berkinerja tinggi. Apalagi seiring perkembangan aplikasi profesional yang ada saat ini, biasanya membutuhkan sebuah sistem PC dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Jika Anda berprofesi sebagai desainer grafis atau multimmedia developer, apakah SSD wajib digunakan di dalam PC Anda? Tentu saja SSD wajib Anda gunakan.

Seperti kita ketahui, SSD memiliki keunggulan sebagai performance booster yang tentunya dapat memproses sistem PC Anda menjadi lebih cepat, mulai dari booting dan loading saat menjalankan sebuah aplikasi berat. Sehingga Anda yang biasanya bekerja secara multitasking akan menjadi lebih cepat, apalagi SSD yang dipilih merupakan SSD dari kelas high-end.

Haruskah Pilih SSD High-end?

Para produsen SSD saat ini memang tengah rajin menawarkan beragam SSD. Namun untuk SSD yang masuk ke dalam kategori high-end memiliki beberapa perbedaan, khususnya pada sisi performa kecepatan baca/tulis yang ditawarkan. Hal ini biasanya untuk memberikan dukungan para pengguna yang memiliki beragam kebutuhan. Memilih SSD di kelas high-end juga bisa dianggap sebagai investasi karena SSD di kelas ini dirancang dengan tingkat durabilitas yang jauh lebih tinggi dibanding SSD lainnya.

Perkembangan SSD high-end saat ini bisa dibilang sudah semakin cepat. Beberapa produsen SSD sudah mulai memperkenalkan SSD high-end terbaru yang disandingkan dengan teknologi NVMe (Non Volatile Memory Express). Keunggulan SSD berteknologi NVMe dibanding SSD non NVMe terletak dari performa baca/tulis yang ditawarkan. NVMe sendiri merupakan teknologi yang dikembangkan untuk mengatasi limitasi dari teknologi yang sudah ada selama ini terutama dalam hal menangani kecepatan yang sangat tinggi pada sebuah SSD.

960Pro_05

Seperti pada SSD milik Samsung yang kebetulan ada di Lab. kami ini, yaitu 960 Pro yang dilengkapi dengan teknologi NVMe. SSD yang masuk ke dalam jajaran SSD high-end ini menawarkan kinerja baca/tulis yang sangat kencang mencapai 3500 MB/s dan 2100 MB/s dengan memanfaatkan jalur bandwidth PCIe Gen 3 x4. Dengan kemampuan tinggi yang dimilikinya, SSD ini mampu untuk mendukung segala kebutuhan pekerjaan Anda. Sebagai contoh, kami melakukan beberapa pengujian dengan menjalankan beberapa aplikasi profesional, seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere dan Sony Vegas Pro 14.

Pada pengujian aplikasi profesional ini kami menggunakan sistem PC sebagai berikut:

  • Prosesor: Intel Core i7 7700K
  • Motherboard: Chipset Intel Z270
  • Memory: DDR4 8GB
  • Graphics Card: Nvidia GTX 1080
  • PSU: 1050 watt

Adobe Photoshop

Photoshop-Test

Pada simulasi pengujian Photoshop, kami melakukan image manipulation photos prosess dengan tiga buah file foto berformat TIFF. Hasil di atas menunjukkan betapa kencangnya SSD dalam melakukan proses ini dibandingkan HDD. Terlihat juga bahwa SSD Samsung 960 Pro M.2 mampu menawarkan kinerja 2,8 kali lebih tinggi dibanding SSD SATA.

Photoshop-JPG-Test

Kami pun melakukan eksplorasi lainnya melalui Photoshop dengan melakukan manipulasi proses foto dengan file foto berformat JPG. Tentunya hasil di atas menunjukkan bahwa performa dari SSD high-end milik Samsung ini sangat bisa diandalkan untuk mendukung kebutuhan Anda.

Adobe Premiere

Premiere

Beralih ke pengujian yang lebih berat lagi. Kali ini kami mencoba menggunakan Adobe Premiere yang merupakan aplikasi profesional pengolah video. Kami melakukan proses importing beberapa video yang jika ditotalkan size-nya mencapai 80GB. Pada hasil ini, kami kembali mendapatkan keunggulan dari SSD premium Samsung, dimana kinerjanya mencapai 2,3 kali lebih cepat dibanding SSD SATA dari Samsung, termasuk perbandingan yang sangat signifikan antara SSD dengan HDD.

Sony Vegas Pro 14

Vegas

Seiring maraknya para konten kreator video saat ini, kami pun kembali mencoba pada aplikasi pengolah video selain Adobe Premiere, yaitu Sony VEGAS Pro 14. Skenario pengujian pada aplikasi ini kami melakukan importing file video berformat AVI dengan total size 17 GB. Hasil proses importing bisa Anda lihat perbedaan waktu yang signifikan. SSD profesional dari Samsung, yaitu 960 Pro yang kami gunakan 3 kali lebih cepat dibanding SSD SATA milik Samsung. Berikut video singkat pengujian Samsung 960 PRO pada beberapa aplikasi profesional.


 

Samsung 960 Pro: Ideal Untuk Aplikasi dan Kalangan Profesional

960-Pro-M.2

Kata “mahal” mungkin masih sering terlontar jika mendengar nama SSD. Apalagi jika Anda mendengar salah satu produk SSD milik Samsung yang satu ini. Samsung 960 Pro ini memang merupakan SSD kasta tertinggi dari Samsung dan SSD ini tersedia dalam tiga pilihan kapasitas, mulai dari 512 GB, 1 TB dan 2 TB. Selain itu, harga yang dibanderol Samsung 960 Pro memang cukup tinggi.

Namun dengan segala fitur, durabilitas tinggi serta performa yang dimiliki SSD 960 Pro ini, mungkin kata “mahal” tersebut akan langsung sirna. Samsung 960 Pro dilengkapi dengan teknologi NVMe, chip NAND MLC 2-bit dan juga kecepatan baca/tulis yang sangat tinggi.

Dengan performa yang dimilikinya, Samsung 960 Pro ini bisa menjadi pilihan yang ideal  Terlebih lagi jika Anda memiliki sebuah perusahaan yang bergerak dibidang desain grafis atau multimedia developer dengan mempekerjakan para profesional yang andal dibidang grafis dan multimedia, SSD ini akan sangat optimal dalam mendukung segala tugas pekerjaannya di dalam sistem PC high-end yang digunakan.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES