in: Graphics Card | June 28, 2017 | by: Luthfi Fuardi

Preview: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-Advance Limited

Jika ASUS memiliki Republic of Gamer (ROG), Gigabyte dengan AORUS dan MSI dengan GAMING sebagai lini unggulan untuk menarik minat para kaum enthusias dan gamer, pabrikan asal Tiongkok, Colorful memiliki iGame yang menawarkan hardware pc yang menunjang performa para gamer. Salah satu produk teranyar datang dari lini graphic card, yaitu iGame GTX 1070 X-TOP-8G Advance Limited Edition.

iGame-GTX-1070-TOP-X-AL_03

Mengusung nama Limited Edition, kemungkinan besar graphic card ini akan diproduksi terbatas oleh Colorful iGame. Kami pun merasa beruntung karena graphic card yang diproduksi terbatas ini datang ke Lab. Pengujian kami. Ingin tahu seperti apa performa dari graphic card berbasiskan GeForce GTX 1070 ini? Sebelum kami menyuguhkan performa keseluruhan dari graphic card ini, izinkan kami memberi sedikit hasil tes yang telah kami lakukan dan impresi pertama kami dengan graphic card ini.

Seperti graphic card berbasiskan NVIDIA GTX 1070 lainnya, graphic card ini juga berbasiskan chip GPU GP104 Beraritektur Pascal. Berbekal 1.920 CUDA core dan memori 8GB GDDR5 berkecepatan 8.000 MHz, graphic card ini memiliki kecepetan base clock lebih tinggi dari GTX 1070 Founders Edition yang memiliki kecepatan 1.683 MHz. Peningkatan itu juga membuat boost clocknya meningkat ke angka 1.860 MHz.

iGame-GTX-1070-TOP-X-AL_01

Untuk menangai spesifikasi pre-overclock-nya, graphic card yang datang dari lini iGame ini dilengkapi dengan sepasang konektor PCI-e 8-pin yang akan memasok daya ke fasa digital 8+2. Untuk menangani suhu kerja graphic card ini, Colorful mengandalkan sistem pendingin baru mereka bernama, Silver Shark. Sistem pendingin yang berukuran cukup masif ini datang dengan tiga buah fan berukuran 92 mm yang baru akan berputar saat suhu GPU berada di atas 62° Celsius.

iGame-GTX-1070-TOP-X-AL_02

Fitur LED RGB pun tak luput dari perhatian Colorful pada graphic card ini. Pada kipas bagian tengah graphic card ini, Colorful iGame menyematkan kipas berdesain khusus yang dilengkapi dengan fitur LED RGB. Logo iGame pada bagian atas Graphic card pun dapat berpendar, dan yang paling penting semua fitur efek LED RGB ini dapat dikendalikan sesuai keinginan Anda dengan software iGame-Zone.

Jadi penggunaan sepasang konektor PCIe 8-pin kami rasa cukup wajar mengingat graphic card ini datang dengan pendingin yang masif, memiliki fitur RGB, serta yang paling penting datang dengan spesifikasi yang telah pre-overclock. Lalu penasaran dengan performa pre-overclock dari graphic card ini? Apakah mampu mendekati performa sang kakak GTX 1080? Berikut hasil tes awal kami pada graphic card ini.

iGame GTX 1070 TOP-X-AL_sintetik_3DMark

Dari hasil di atas, dapat disimpulkan sementara bahwa pre-overclock yang dilakukan oleh Colorful pada graphic card ini memang belum bisa mengejar performa dari GTX 1080 Founders Edition. Namun hal ini mungkin lebih disebabkan oleh penggunaan jenis memori yang berbeda dimana pada graphic card ini masih menggunakan GDDR5 yang rating kecepatannya berada di 8.000 MHz sedangkan GTX 1080 FE sudah dibekali dengan GDDR5X yang rating kecepatannya sudah berada di angka 10.000 MHz. Dan jika mengacu pada tes perbandingan GTX 1060 yang telah kami lakukan sebelumnnya dimana graphic card yang memiliki kecepatan memori lebih tinggi mampu tampil lebih impresif, mungkin hal ini bisa juga berlaku pada GTX 1070 dan GTX 1080. Tapi ini baru impresi pertama kami terhadap graphic card ini, mungkin hal yang sebaliknya bisa terjadi pada pengujian lengkap kami. Jadi untuk Anda yang penasaran dengan performa graphic card besutan Colorful ini, tunggu review lengkapnya di Jagatreview.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES