in: Notebook / Laptop | June 23, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: Gigabyte Aero 15

The Notebook

Gigabyte Aero 15 Notebook

Gigabyte Aero 15 tampil begitu menawan dengan bodi tipis nan ramping. Keseluruhan bodi Gigabyte Aero 15 memiliki warna dasar black matte kecuali pada permukaan sisi belakang layar yang memiliki varian warna hijau dan jingga selain hitam. Bodi luar laptop gaming ini menggunakan bahan plastik keras yang membuatnya begitu kokoh.  Cukup disayangkan kami menemukan bekas sentuhan tangan masih dapat dengan mudah tertinggal pada permukaan bodi.

Gigabyte Aero 15 Rear Side

Permukaan sisi belakang layar dihiasi logo GIGABYTE yang akan memancarkan warna putih saat laptop dihidupkan dan juga motif serat karbon pada area di dalam garis.

Gigabyte Aero 15 Thickness

Gigabyte Aero 15 Thickness - Comparison

Salah satu daya tarik Gigabyte Aero 15 adalah ketebalan bodi hanya sebesar 1,9 cm dalam keadaan layar ditutup. Hanya berbeda 0,5 cm saja dibandingkan diameter sebuah baterai AA. Siapa menyangka di dalam bodi setipis ini ditanamkan komponen performa tinggi seperti Core i7 7700HQ dan GTX 1060 6 GB.

Gigabyte Aero 15 Screen - Bezel

Gigabyte Aero 15 Top View - Comparison
Gigabyte Aero 15 VS Laptop 15,6 Inci

Keistimewaan lain Gigabyte Aero 15 adalah ia menggunakan layar 15,6 inci dengan lebar bezel hanya sebesar 0,5 cm saja yang membuat ukuran bodi nyaris seperti laptop 14 inci. Gigabyte Aero 15 sendiri memiliki dimensi bodi sebesar 35,64 x 25 cm dengan bobot hanya sebesar 2,1 kg saja. Kombinasi dimensi dan bobot seperti itu membuat Gigabyte Aero 15 mudah dan nyaman dibawa kemanapun dibutuhkan.

Gigabyte Aero 15 Screen

Gigabyte Aero 15 dilengkapi layar LCD LED ukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD/1920 x 1080 piksel@60 Hz. Kombinasi ukuran layar dan resolusi seperti itu menghasilkan tingkat kerapatan piksel 141 PPI. Layar Gigabyte Aero 15 menggunakan tipe panel IPS (In-Plane Swicthing) yang dikenal mampu menghasilkan reproduksi warna secara akurat dan viewing angle hingga 178 °. Gigabyte pun tidak luput untuk merancang permukaan layar dengan lapisan tidak mengilap sehingga tidak memiliki sifat memantul seperti cermin yang membuat pemakaian menjadi lebih nyaman. Tipisnya bezel layar Gigabyte Aero 15 memang membuat penampilan laptop gaming ini terasa begitu eksklusif. Bahkan untuk saat ini sepertinya sulit sekali menemukan laptop gaming lain dengan bezel setipis ini.

Gigabyte Aero 15 Logo - X-Rite Pantone

Layar Gigabyte Aero 15 semakin istimewa dengan sertifikasi dan kalibrasi yang dilakukan X-Rite Pantone untuk reproduksi warna jauh lebih akurat lagi. Kemampuan layar seperti ini membuat Gigabyte Aero 15 juga cocok untuk kalangan konten kreator yang membutuhkan keakuratan warna tinggi.

Gigabyte Aero 15 Camera

Tipisnya bezel membuat posisi kamera Gigabyte Aero 15 dipindahkan menjadi di bawah layar.

Gigabyte Aero 15 Side View

Sudut maksimal bukaan layar pada Gigabyte Aero 15.

Gigabyte Aero 15 Connectors - Left

Melangkah pada sektor konektivitas, pada sisi kiri Gigabyte Aero 15 dapat ditemukan satu port Gigabit Ethernet (RJ45), satu port USB 3.1 Gen 1, HDMI, mini Display Port, dan headphone microphone combo jack.

Gigabyte Aero 15 Connectors - Right

Sementara itu pada sisi kanan dapat ditemukan memory card reader, satu port Type-C USB 3.1 Gen 2/Thundebolt 3.0, dua port USB 3.1 Gen 1, satu port DC-IN, dan lubang kensington security lock.

Gigabyte Aero 15 Keyboard & Touchpad

Tombol keyboard Gigabyte Aero 15 menggunakan desain chiclet dengan ukuran 1,5 x 1,5 cm. Cukup besar untuk mengakomodir jari besar sekalipun. Setiap tombol memiliki jarak cukup lebar sehingga meminimalisir kesalahan penekanan tombol. Saat digunakan, tombol keyboard tergolong responsif dan terasa empuk saat ditekan. Kami pun menemukan jika tombol ukuran besar (Spacebar, Enter, dan lainnya) menghasilkan suara penekanan lebih nyaring dibandingkan tombol huruf dan angka yang memiliki ukuran lebih kecil. Secara keseluruhan keyboard Gigabyte Aero 15 terasa nyaman saat digunakan meskipun untuk individu tertentu mungkin dibutuhkan sedikit adaptasi.

Gigabyte Aero 15 Keyboard Backlit

Keyboard Gigabyte Aero 15 dilengkapi lampu backlit di masing-masing tombol. Tidak aneh jika warna lampu backlit di satu tombol dapat berbeda dengan tombol lainnya. Terdapat 16,8 juta warna yang dapat dipilih untuk setiap tombol.

Gigabyte Aero 15 Touchpad

Touchpad Gigabyte Aero 15 dengan ukuran 10,5 x 7 cm mungkin terlihat tidak istimewa. Akan tetapi jika tombol klik kanan ditekan dan ditahan, lampu indikator akan menunjukkan kapasitas baterai yang tersisa saat laptop tidak dinyalakan. Lucunya untuk menggunakan fitur ini layar laptop juga harus dibuka dengan sudut cukup lebar.

Gigabyte Aero 15 Indicator Lamps

Lampu indikator inilah yang akan menunjukkan kapasitas baterai yang tersisa saat tombol klik kanan touchpad ditekan. Lima lampu menyala menunjukkan kapasitas baterai masih penuh. Saat laptop dinyalakan kelima lampu indikator ini akan menunjukkan aktivitas atau kondisi komponen seperti Bluetooth, Wi-Fi, storage, baterai, dan power.

Gigabyte Aero 15 Bottom Side

Penampang sisi bawah Gigabyte Aero 15 yang menjadi gerbang masuk udara segar ke dalam bodi laptop.

Gigabyte Aero 15 Exhaust

Lubang ventilasi pembuangan udara panas Gigabyte Aero 15 ditempatkan sejajar dengan engsel layar laptop. Desain seperti ini memang memiliki kontribusi membuat bodi laptop mejadi tipis tetapi mengakibatkan sebagian udara panas melewati permukaan layar, selain juga dibuang ke arah belakang.

Gigabyte Aero 15 Internal Component 01

Akses komponen internal Gigabyte Aero 15 dilakukan dengan melepas penutup pada sisi bawah. Gigabyte Aero 15 menggunakan sistem pendingin dengan dua area pelepasan panas terpisah untuk komponen prosesor dan graphics card. Dua area pelepasan panas terpisah membuat beban kerja setiap sirip-sirip heatsink tidak terlampau berat sehingga performa menjadi lebih optimal. Terlihat pula Gigabyte menempatkan komponen baterai menjauh dari prosesor dan graphics card, dua komponen penghasil panas paling tinggi, sehingga dapat membuat umur baterai menjadi lebih awet.

Gigabyte Aero 15 Heatsink - CPU & GPU

Gigabyte Aero 15 mengandalkan sistem pendingin Supra Cool Technology dengan dua buah heatpipe dan dua kipas. Komponen baseplate dari sistem pendingin tersebut tidak hanya digunakan untuk mendinginkan prosesor dan graphics card melainkan juga komponen VRM dan chip memori/VRAM. Komponen baseplate satu dan lainnya dihubungkan oleh heatpipe untuk menyeimbangkan beban pendinginan antar area pelepasan panas.

Gigabyte Aero 15 Heatsink - CPU

Area pelepasan panas untuk komponen prosesor Core i7 7700HQ. Lubang pembuangan ke arah belakang membuat tangan pengguna menjadi bebas dari resiko paparan udara panas.

Gigabyte Aero 15 Heatsink - GPU

Area di sisi sebaliknya digunakan untuk pelepasan panas dari komponen graphics card GeForce GTX 1060 6 GB GDDR5.

Gigabyte Aero 15 Memory

Gigabyte Aero 15 dilengkapi dua slot memori/RAM tipe SO-DIMM DDR4 dengan dukungan kapasitas satu keping hingga 16 GB dan kecepatan 2400 MHz. Unit pengujian kami dilengkapi satu keping memory/RAM DDR4 16 GB 2400 MHz.

Gigabyte Aero 15 M2 Storage & Left Speaker

Gigabyte Aero 15 dilengkapi dua slot M.2 dengan dukungan SSD konektivitas SATA III 6 Gbps atau NVMe PCIe 3.0 x4. Gigabyte Aero 15 tidak menyediakan dukungan storage 2,5 inci dengan konektivitas SATA. Absennya solusi storage 2,5 inci sebenarnya justru menguntungkan Gigabyte Aero 15 dari segi performa karena ia akan “dipaksa” untuk menggunakan SSD saja. Storage SSD akan membuat laptop gaming ini dapat mengerahkan performa sesungguhnya. Tidak sampai disitu saja, absennya storage 2,5 inci membuat Gigabyte dapat memanfaatkan ruang yang tidak terpakai untuk memperbesar ukuran baterai dimana hal ini membuat daya tahan menjadi lebih panjang.

Gigabyte Aero 15 Battery

Baterai Gigabyte Aero 15 memang tidak dapat dipandang sebelah mata dengan kapasitas tergolong masif di kelasnya, 94,24 Wh. Hasil pengujian kami di halaman selanjutnya membuktikan jika kapasitas yang diberikan memang tidak main-main.

Gigabyte Aero 15 Wireless & Right Speaker

Wireless card Intel Dual Band Wireless-AC 8265 yang menyediakan konetivitas nirkabel Wi-Fi ac dan Bluetooth V4.2. Gigabyte Aero 15 dilengkapi solusi audio stereo dengan dua speaker menghadap bawah.

Gigabyte Aero 15 Charger

Perangkat catu daya Gigabyte Aero 15 ini mampu menyuplai listrik hingga 150 Watt. Menariknya, sama seperti laptop-nya, charger Gigabyte Aero 15 memiliki ukuran kecil dan ramping (16,65 x 6,4 x 2,2 cm) dengan bobot di bawah 0,5 kg.

Gigabyte Aero 15 Charger - USB Port

Charger Gigabyte Aero 15 dilengkapi satu port USB untuk melakukan pengisian daya pada perangkat smartphone, tablet, power bank, dan masih banyak lagi. Memudahkan terlebih jika semua port USB di laptop sedang digunakan. Port USB memiliki kemampuan menyuplai listrik sebesar 5V@2,1 A.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES