“Windows ARM” – Laptop Akan Makin Menarik!

Reading time:
June 2, 2017

Menjelang akhir tahun 2016 lalu, Microsoft menampilkan demo Windows 10 di sistem berbasis ARM, bukan x86. Proyek tersebut memang tengah digarap, sebagai bagian dari kerja sama mereka dengan Qualcomm yang merupakan salah satu raksasa chip dunia. Kini, di Computex 2017, Qualcomm akhirnya menampilkan demo Windows 10 yang telah berjalan dengan baik di sistem dengan basis salah satu SoC mereka, yaitu Snapdragon 835, dan memberikan banyak informasi baru terkait “Windows ARM”.

Qualcomm - Windows ARM - 02

Jalankan Windows 10 dan Aplikasi Umum

Qualcomm menampilkan sistem demo yang menjalankan Windows 10 dengan baik di acara mereka di Computex 2017 ini. Sistem demo tersebut berjalan tidak berbeda dari PC Windows 10 secara umum yang kita kenal. Begitu pula dengan app. umum untuk Windows 10, termasuk Office, 7-Zip, dan lain sebagainya, juga tidak bermasalah saat diinstall dan dijalankan.

Perwakilan Qualcomm menjelaskan bahwa aplikasi 32-bit x86 memang sudah bisa dijalankan tanpa masalah. Namun, untuk x86-64, saat ini belum ada dukungan emulasi yang disediakan. Hal ini mungkin bukan masalah besar karena masih banyak sekali aplikasi Windows 10 yang berjalan di 32-bit.

Kedepankan Tawaran Konektivitas Seluler

Salah satu hal yang akan bisa ditawarkan oleh Windows 10 dengan Snapdragon 835 adalah konektivitas melimpah. SoC Snapdragon 835 memang telah dilengkapi modem Snapdragon X16 LTE, yang menawarkan Gigabit Class LTE. Modem tersebut akan membuat perangkat Windows 10 dengan Snapdragon 835 bisa terhubung langsung ke Internet dari seluler sehingga memudahkan pengguna untuk terhubung ke Internet dari lebih banyak tempat, terutama yang tidak terjangkau koneksi WiFi. Konektivitas seluler seperti ini sebelumnya memang cukup jarang ditemukan di laptop era saat ini.

Board Snapdragon 835 untuk
Board Snapdragon 835 untuk “Windows ARM”

Incar Kelas Menengah

Pihak Qualcomm menyebutkan bahwa perangkat Windows 10 dengan Snapdragon 835 akan hadir dalam berbagai wujud, baik laptop biasa, 2-in-1 detachable, atau 2-in-1 convertible. Perangkat-perangkat itu akan diposisikan di kelas menengah bawah, menantang langsung Core M3 hingga Core i5 Y Series. Nantinya, perangkat Windows 10 berbasis Snapdragon 835 akan cocok digunakan sebagai PC untuk pekerjaan ringan hingga sedang, seperti aplikasi office, editing foto sederhana, membuat presentasi, serta untuk konten-konten multimedia.

Berikan Lebih di Kelas yang Sama

SoC Snapdragon 835, satu-satunya saat ini yang siap untuk Windows 10, merupakan SoC premium Qualcomm untuk saat ini, sehingga wajar bila mereka yakin akan kemampuan yang ditawarkan. Kemampuan di sini bukan terbatas dari sisi performa, tetapi juga dari sisi lain, termasuk daya tahan baterai. Fabrikasi 10 nm yang digunakan SoC tersebut diyakini akan membantu menawarkan daya tahan baterai yang baik, karena efisiensi daya yang lebih baik dari fabrikasi 14 nm yang digunakan prosesor yang ada saat ini

Qualcomm juga menyebutkan bahwa SoC Snapdragon 835 dibekali dengan berbagai komponen tambahan yang mendukung sebuah sistem menawarkan lebih dibandingkan perangkat di kelas yang sama. Komponen yang dimaksud antara lain DSP, ISP, serta fitur keamanan berbasis hardware. Kombinasi komponen tambahan ini sebelumnya sudah teruji kemampuannya di perangkat Android, dan Qualcomm yakin hal itu bisa juga mereka bawa ke perangkat Windows 10 dengan Snapdragon 835.

Perbandingan ukuran board laptop yang ada saat ini dengan board Snapdragon 835.
Perbandingan ukuran board laptop yang ada saat ini dengan board Snapdragon 835.

Penggunaan SoC Snapdragon 835 untuk perangkat Windows 10 sendiri akan membawa keuntungan. Sebagai SoC dengan berbagai komponen terintegrasi, produsen perangkat tidak perlu lagi menambahkan chip lain untuk menawarkan fitur lebih, termasuk WiFi. Hal itu akan berimbas pada ukuran board yang lebih kecil, sehingga ruang di dalam perangkat bisa digunakan untuk baterai yang lebih besar. Selain itu, SoC ini tidak membutuhkan pendingin aktif, yang memakan ruang, untuk bekerja.

Masih Belum “Final”

Sepintas, dari demo dan penjelasan teknis yang diberikan oleh Qualcomm terkait “Windows ARM” ini, perangkat baru yang menarik terlihat bisa saja dihadirkan dalam waktu dekat ini. Sayangnya, “Windows ARM” ini sendiri masih jauh dari sempurna, dan Qualcomm serta Microsoft masih akan melakukan penyempurnaan sebelum melepas produk perdana ke pasar. Kami pun sempat berdiskusi mengenai beberapa hal di “Windows ARM” yang ternyata masih belum dipastikan wujud akhirnya. Namun, Qualcomm menjanjikan bahwa mereka, dan Microsoft, akan menghasilkan perangkat yang bisa bersaing, bahkan melebihi, apa yang ada saat ini di kelas menengah-bawah.

Qualcomm - Windows ARM - 01

Sejauh ini, tiga produsen ternama, HP, Lenovo, dan Asus, sudah dikonfirmasi akan jadi rekanan dalam memproduksi perangkat “Windows ARM”. Setidaknya, akan ada 10 tipe perangkat “Windows ARM” yang akan dihadirkan oleh tiga perusahaan ternama tersebut. Sayangnya, belum disebutkan kapan perangkat-perangkat itu akan siap dipasarkan.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…