in: News | July 17, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Facebook Siapkan Headset VR Baru Seharga USD 200

Facebook, melalui perusahaan yang telah mereka beli, Oculus, disebut tengah menyiapkan sebuah headset VR baru. Headset VR memang selama ini jadi spesialisasi Oculus. Namun, berbeda dengan Rift, produk Oculus sebelumnya, headset baru ini disebut merupakan headset standalone yang berarti bisa beroperasi terpisah dari perangkat lain, termasuk PC.

oculus-rift-vr-headset
Rift, headset Oculus sebelumnya.

Headset “Pacific”: Gunakan SoC Qualcomm

Sebagai headset VR standalone, Oculus tentu saja membutuhkan unit pemroses di dalam headset yang sementara ini disebut sebagai “Pacific” tersebut. Berdasarkan kabar yang beredar, headset tersebut akan menggunakan SoC dari Qualcomm. Sejauh ini, belum ada kabar SoC apa yang akan digunakan, tetapi kemungkinan besar SoC tersebut berasal dari keluarga Snapdragon 800 Series.

Belum ada kabar lebih lanjut terkait spesifikasi lengkap dari headset VR ini. Namun, berdasarkan gambaran awal terkait headset tersebut, “Pacific” bisa jadi akan berukuran lebih ringkas dan lebih ringan dari yang ada saat ini, termasuk dari Oculus Rift. Selain itu, karena tidak butuh terhubung ke perangkat lain, headset ini akan jauh lebih mudah digunakan.

Harga USD 200, Produksi oleh Xiaomi?

“Pacific” ini disebut akan hadir sebagai sebuah kelas baru di jajaran headset VR. Sebelumnya, headset VR membutuhkan input dari PC atau memanfaatkan smartphone sebagai unit pemroses dan display. Headset “Pacific” ini bisa jadi akan dijual dengan harga yang cukup rendah, hanya sekitar USD 200. Oculus dan Facebook juga disebut akan menggandeng Xiaomi sebagai produsen headset baru ini.

Tags: