in: News | July 10, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Harga Panel AMOLED Akan Makin Rendah!

Panel AMOLED saat ini makin banyak diminati, baik untuk televisi, monitor, laptop, maupun smartphone. Selama ini, panel AMOLED masih dianggap sebagai “barang mahal”, lebih premium dari panel lain yang umum digunakan untuk perangkat display. Namun, berdasarkan laporan terbaru, harga panel AMOLED sudah makin rendah!

Chinese AMOLED

Harga AMOLED Bergerak Turun

Berdasarkan laporan dari beberapa pihak, harga panel AMOLED saat ini bahkan sudah bergerak mendekati panel LTPS LCD. Bahkan, disebutkan untuk panel 5.5″ yang umum digunakan di smartphone, harga pasar untuk keduanya sudah ada di rentang yang sama. Hal ini cukup berbeda dari sebelumnya, di mana harga panel AMOLED jauh di atas panel LCD biasa.

Penurunan harga panel AMOLED ini disebut disebabkan karena produsen panel display sudah mulai mendorong produksi mereka. Peningkatan produksi disebut membuat harga produksi per panel turun, sehingga produsen bisa menjual panel dengan harga lebih rendah. Tren ini diprediksi akan terus berlanjut hingga beberapa tahun mendatang.

Produksi Masih Kurang

Sayangnya, hingga saat ini, walaupun produsen sudah mulai mendorong produksi panel AMOLED, jumlah produksi disebut masih belum mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan yang ada. Walaupun begitu, makin kompetitifnya pasar panel AMOLED tampaknya membantu menjaga harga produk yang terbilang masih langka ini tidak melambung, justru malah turun. Bila upaya produsen untuk mendorong produksi panel AMOLED ini sudah membuahkan hasil positif, bisa jadi harga panel AMOLED akan semakin rendah lagi dan penggunaannya makin meningkat.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES