in: News | July 12, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Intel Perkenalkan Prosesor Xeon Scalable

Arsitektur Skylake akhirnya hadir di prosesor untuk data center, atau sistem server multi-processor. Intel secara resmi mengumumkan produk Xeon baru mereka, yang kini disebut sebagai Xeon Scalable, yang hadir dengan arsitektur Skylake-SP. Prosesor ini mengisi posisi yang dulunya diisi oleh lini Xeon E5 dan Xeon E7.

50+ Prosesor dengan Penamaan Baru

Intel mengumumkan 58 prosesor Xeon Scalable yang terbagi ke dalam Xeon Bronze, Xeon Silver, Xeon Gold, dan Xeon Platinum. Tentu saja, masing-masing tingkatan prosesor tersebut mengusung kemampuan yang berbeda. Xeon Bronze diposisikan sebagai yang terendah, sementara Xeon Platinum diposisikan sebagai yang tertinggi.

Xeon Bronze ditujukan Intel untuk kebutuhan pemrosesan ringan, dan tersedia dalam konfigurasi 6 dan 8 core, tanpa fitur seperti Hyper Threading dan Turbo Boost. Xeon Silver ditujukan untuk kebutuhan sedang dengan 4, 8, 10, dan 12 core yang dibekali dengan Hyper Threading dan Turbo Boost. Xeon Gold ditujukan untuk kebutuhan pemrosesan tingkat lanjut dengan 2 atau 4 prosesor dalam satu sistem, dengan setiap prosesor mengusung antara 4 ~ 22 core, dengan Hyper Threading dan Turbo Boost. Sementara Xeon Platinum ditujukan untuk kebutuhan pemrosesan tertinggi, dengan dukungan 2, 4, atau 8 prosesor dalam satu sistem, dengan jumlah core antara 4 ~ 28, yang juga dibekali dengan Hyper Threading dan Turbo Boost.

Spesifikasi lengkap prosesor Intel Xeon Scalable dapat dilihat di halaman berikut ini.

Peningkatan Performa Tertinggi untuk 1 Dekade

Prosesor Xeon Scalable berbasis Skylake-SP ini disebut Intel menawarkan peningkatan performa per-10 tahun tertinggi yang pernah mereka hadirkan. Bila dibandingkan dengan Xeon di era tahun 2007 lalu, Xeon Scalable ini menawarkan performa hingga 41x lipat. Sementara dibandingkan Xeon E5 dan Xeon E7 generasi sebelumnya, prosesor ini menawarkan kemampuan hingga 1.65x ~ 2.2x lipat.

Seluruh prosesor Xeon Scalable ini menggunakan fabrikasi 14 nm, sesuai dengan keluarga Skylake yang lain, serta hadir dengan mengusung soket baru, LGA3647. Intel telah menyiapkan chipset baru untuk mendukung prosesor-prosesor baru mereka ini. Sebagian besar prosesor Xeon Scalable ini akan tersedia di kuartal ketiga tahun 2017 ini, dengan harga tertinggi mencapai USD 13.000!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES