in: Storage Devices | July 24, 2017 | by: Dian Syarifuddin

SSD Meningkatkan Performa Game

Industri game adalah industri yang selalu berkembang, Seiring dengan peralihan generasi, Anda akan bertemu dengan varian video game yang tidak hanya tampil semakin realistis, tetapi juga inovatif di saat yang sama. Menyenangkan memang, namun perubahan seperti ini juga seringkali jadi “mimpi buruk” bagi gamer PC. Permintaan untuk spesifikasi yang semakin kuat tidak terelakkan, dan jadi sesuatu yang harus dipikirkan. Bukan hal yang tak mungkin jika di satu titik, Anda menemukan bahwa PC yang sudah menemani Anda selama bertahun-tahun, ternyata tak lagi mampu memainkan sebuah game terbaru saat ini dengan kualitas paling optimal.

960Pro_03

Ketika situasi seperti ini muncul, maka opsi terbaik tentu saja adalah mempertimbangkan upgrade – mengganti komponen yang ada dengan varian yang lebih kuat. Kami yakin sebagian besar dari Anda mungkin akan langsung memikirkan tiga opsi ini sebagai prioritas upgrade: Graphics card, Prosesor, atau sekedar meningkatkan kapasitas RAM. Padahal, ada satu komponen lain lagi yang sebenarnya, tak kalah penting untuk menawarkan peningkatan performa yang dibutuhkan. Benar sekali, kita berbicara soal SSD atau (Solid State Drive). Percaya atau tidak, pelan tapi pasti, teknologi storage yang satu ini tak lagi bisa dikesampingkan begitu saja ketika Anda berpikir untuk membangun sebuah PC Gaming.

Memilih SSD untuk PC Gaming

Saat membangun sebuah PC gaming, biasanya para pengguna akan memperhatikan beberapa aspek komponen hardware yang harus dipertimbangkan. Mulai dari komponen hardware yang paling utama biasanya adalah graphics card. Lalu disusul dengan komponen hardware lainnya seperti prosesor dan RAM. Namun seiring perkembangannya, SSD juga kini sudah mulai dipertimbangkan menjadi salah satu komponen yang cukup penting bagi beberapa kalangan, termasuk para gamer.

SSD yang kini sudah semakin mudah ditemukan di pasaran, memang tersedia dalam beberapa kategori pilihan. Mulai dari low-end, mid-range dan high-end. Ketersediaan kategori pilihan dari SSD ini hanya sekadar untuk memudahkan para pengguna agar memilih SSD yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya. Lalu, SSD seperti apakah yang harus dipilih untuk sistem PC gaming.

Memilih SSD untuk PC gaming, khususnya bagi kalangan gamer yang lebih mendambakan kualitas grafis kelas atas tentunya akan memilih SSD yang memiliki performa tinggi. Seperti misalnya SSD yang dilengkapi dengan teknologi NVMe (Non Volatie Memory Express) yang saat ini sudah ramai di pasaran. SSD berteknologi NVMe menawarkan performa Read/Write 2 – 3 kali lipat kecepatannya dibanding SSD non NVMe.

Peranan SSD Pada Sistem PC Gaming

Seperti yang sudah sering kami sarankan, SSD tidak hanya berperan sebagai performance booster pada sebuah sistem PC, terlebih lagi pada sistem PC gaming. Sistem PC seperti ini biasanya sudah memiliki beragam komponen pilihan terbaik, seperti grtaphics card, prosesor dan juga RAM yang mumpuni. Dengan menggunakan SSD yang terbaik tentunya akan menawarkan kecepatan Read/Write yang jauh lebih tinggi dibanding HDD dan akan sangat memungkinkan untuk bisa menunjukkan kemampuan dari komponen hardware yang sudah dipilih. Sehingga sistem PC gaming yang Anda miliki tidak hanya dapat mempercepat proses booting pada OS-nya saja, tetapi juga loading game dan menghindari terjadinya stutter pada game favorit.

Untuk memberikan gambaran yang jauh lebih jelas kepada Anda soal pentingnya peranan SSD tersebut, kami mengadakan pengujian terkait loading beberapa game populer yang kami uji di bawah ini. Kami menggunakan sebuah sistem PC gaming di bawah ini dengan melakukan komparasi storage antara HDD SATA 7200 RPM dengan SSD berteknologi NVMe dari Samsung, yaitu 960 EVO M.2 500 GB yang sedang berada di lab pengujian kami.

Samsung-960-EVO

Spesifikasi PC yang kami gunakan:
  • Prosesor: Intel Core i7 7700K
  • Motherboard: Chipset Intel Z270
  • Memory: DDR4 8GB
  • Graphics Card: Nvidia GTX 1080
  • PSU: 1050 watt
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES