in: News | August 7, 2017 | by: Yufianto Gunawan

ASUS Rilis Motherboard “APEX” dengan Chipset Intel X299

Awal tahun ini, ASUS merilis motherboard “APEX” pertama mereka untuk LGA 1155, dengan chipset Z270, yaitu Maximus IX APEX. Motherboard “APEX” sendiri mengusung suatu keunikan tersendiri, yaitu dengan desain PCB poligonal, dan diposisikan di tingkat tertinggi dari jajaran motherboard mereka. Kini, ASUS kembali merilis sebuah motherboard “APEX” baru.

ASUS ROG Rampage VI APEX

Hadirkan “APEX” di LGA 2066

Motherboard “APEX” baru yang diperkenalkan ASUS ini adalah Rampage VI APEX. Seperti lini Rampage sebelumnya, motherboard ini juga ditujukan untuk mendukung platform high-end desktop Intel. Rampage VI APEX ini hadir dengan soket LGA 2066 yang ditujukan untuk mengakomodasi prosesor Skylake X dan Kaby Lake X, serta mengusung satu-satunya chipset yang mendukung kedua prosesor itu saat ini, Intel X299.

Hanya Tawarkan 4 Slot DIMM DDR4

ASUS masih menggunakan desain poligonal untuk PCB motherboard kelas premium ini. Menariknya, ASUS tidak menghadirkan delapan slot DIMM DDR4 untuk motherboard ini, seperti yang ada di kebanyakan motherboard X299 lain. Mereka justru hanya menghadirkan empat slot DIMM DDR4 yang mendukung konfigurasi quad-channel untuk prosesor Skylake X dan dual-channel untuk Kaby Lake X. Terdapat juga slot DIMM.2 untuk penggunaan M.2 SSD kencang.

Dukung 4-Way SLI/Crossfire

Rampage VI APEX ini mengusung empat slot PCIe 3.0 x16. ASUS menyebutkan bahwa konfigurasi multi-graphics card hingga 4-way SLI atau 4-way Crossfire didukung oleh motherboard ini. Selain empat slot PCIe 3.0 x16, terdapat juga satu slot PCie x4 untuk kebutuhan ekspansi tambahan.

Kaya Fitur OC

Seperti Maximus IX APEX, Rampage VI APEX ini juga dibekali dengan berbagai fitur pendukung overclocking, termasuk konektor daya yang melimpah yang menjamin kestabilan pasokan daya ke komponen-komponen yang digunakan saat praktik overclocking. Fitur lain seperti LN2 Mode, Slow Mode, dan konektor thermal sensor juga tersedia di motherboard ini. ASUS sendiri menyebutkan bahwa motherboard ini memang ditujukan untuk kebutuhan overclocking, bahkan hingga ke tingkat ekstrim, untuk memecahkan banyak rekor dunia.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES