in: News | August 4, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Coffee Lake Akan Butuh Motherboard Baru?

Intel, dalam beberapa minggu belakangan ini, makin ramai dibicarakan akan segera menghadirkan prosesor baru, dengan kode Coffee Lake. Prosesor ini merupakan penerus dari Kaby Lake, masih dengan fabrikasi 14 nm, tetapi tampaknya akan mengusung konfigurasi core yang berbeda. Menariknya, beredar sebuah kabar baru terkait Coffee Lake ini, bahwa prosesor itu nantinya akan butuh motherboard baru!

ASRock - Coffee Lake

Tidak Kompatibel dengan Chipset 100/200 Series!

Kabar ini muncul dari akun media sosial milik salah satu produsen motherboard ternama, ASRock. Akun tersebut mengkonfirmasi dua hal, pertama bahwa Coffee Lake memang tengah disiapkan, dan yang kedua bahwa motherboard baru akan dibutuhkan untuk prosesor itu. Coffee Lake tampaknya didesain tidak memiliki kompatibilitas dengan chipset Intel 100/200 Series.

Belum ada keterangan mengapa chipset baru dibutuhkan untuk Coffee Lake ini. Namun, karena kabar yang beredar menyebutkan konfigurasi core yang berbeda akan diusung oleh prosesor Coffee Lake, bisa saja hal itu memaksa munculnya chipset baru. Sayangnya, hal ini akan membuat peminat Coffee Lake yang sudah memiliki motherboard LGA 1151 mau tidak mau harus membeli motherboard baru.

Motherboard LGA 1151 Baru Segera Muncul

Berdasarkan kabar yang sebelumnya beredar, Coffee Lake akan tetap menggunakan soket LGA 1151. Namun, bila chipset baru dibutuhkan, kemungkinan dalam waktu dekat ini akan beredar motherboard baru yang mengusung chipset tersebut. Hal ini berarti ada tiga generasi chipset yang ditawarkan Intel untuk LGA 1151.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES