in: Printer | August 11, 2017 | by: Friska Suryawinata

Hands-On Printer Inkjet Brother MFC-J3530DW

Walau mungkin untuk sebagian masyarakat, tidak lagi memiliki printer secara personal atau pribadi sudah bukan hal yang aneh lagi, akan tetapi dari segi bisnis atau usaha terkadang masih membutuhkan printer yang serba bisa atau multifungsi. Printer multifungsi kerap menjadi pilihan utama sebagai investasi jangka panjang untuk sebuah usaha, baik usaha kecil, menengah, maupun yang besar sekalipun. Dan tentu saja, walau memiliki beragam jenis fitur dan fungsi yang bisa dipakai, fungsi utama sebuah printer tentu saja adalah untuk melakukan printing atau cetak dokumen, baik berwarna atau hitam putih.

Spesifikasi dan Fitur

Brother sebagai salah satu perusahaan yang terkenal akan produk printer-nya, tidak lama ini meluncurkan produk printer multifungsi Brother MFC-J3530DW. Sebagai sebuah printer multifungsi, penampilan produk yang satu ini memang tergolong cukup besar dan memuat ruang yang cukup lebar, dengan dimensi 575 mm x 477 mm x 305 mm serta bobot nyaris 20 kg yang tak bisa dibilang ringan. Sehingga pada dasarnya, printer ini mungkin kurang cocok untuk ditempatkan di lokasi beruang sempit karena besar dimensi yang dimilikinya tersebut.

IMG_4597

Namun demikian, dimensi besar ini bukan berarti tanpa alasan, karena printer Brother MFC-J3530DW merupakan printer terbarunya yang mampu mencetak dokumen hingga ukuran paling besar A3. Dengan kemampuan cetak yang besar tersebut, printer multifungsi ini pun akan sangat cocok untuk digunakan di usaha atau perusahaan yang mengharuskan proses pencetakan dokumen berukuran besar, seperti untuk usaha desain atau sejenisnya.

IMG_4606

Kontrol utama dari printer ini bisa diatur melalui TFT Touch Panel LCD yang berdimensi 2,7 inch. Melalui panel tersebut, pengguna bisa mengoperasikan printer tanpa harus lebih dulu menghubungkannya ke komputer. Selain itu, konektivitas yang dimiliki oleh printer ini juga tergolong cukup lengkap, dengan disertai konektivitas Wi-Fi Direct, LAN, hingga USB.

Kemampuan Print, Scan, dan Copy

Kecepatan cetak yang dimiliki oleh Brother MFC-J3530DW ini sendiri berkisar antara 20 hingga 22 image per minute (ipm), bahkan bisa mencapai hingga 35 ipm dalam pengaturan kualitas Fast/Draft. Paper tray yang dimiliki printer ini mampu menampung kertas hingga 250 lembar, dengan paper output tray bisa menampung sekitar 100 lembar kertas, membuat pekerjaan cetak yang heavy duty menjadi lebih mudah.

IMG_4602

Printer ini menggunakan tinta inkjet InkBenefit yang terletak di bagian sisi depan printer, sehingga pengguna dapat dengan mudah untuk mengaksesnya ketika hendak mengisi ulang tinta. Tinta InkBenefit yang digunakan pada Brother MFC-J3530DW ini terdiri dari warna Cyan, Magenta Yellow, dan Black. Sementara untuk yield yang dimilikinya beraneka ragam. Untuk warna CMY, yield yang dimiliki bisa mencetak dari 550 hingga 1500 halaman, sementara untuk Black terdapat jenis yang memiliki tingkat yield tinggi hingga mencetak sebanyak 2400 halaman.

Selain mencetak dokumen, tentu saja printer juga turut memberikan opsi untuk melakukan cetak foto, dengan ukuran dan jenis kertas yang bisa diatur sendiri baik melalui setting di komputer maupun setting melalui panel kontrol utamanya. Hanya saja, untuk bisa melakukan cetak foto yang berkualitas baik, pengguna butuh memakai kertas foto khusus dan mengatur ulang setting untuk kualitas foto. Jika tidak, hasil warna yang dihasilkan oleh printer akan memiliki kecenderungan untuk berubah dari warna asli atau yang ditampilkan di komputer.

IMG_4601

Untuk urusan scanner, printer Brother yang satu ini memiliki dua jenis scanner, yakni tipe flatbed dan ADF, dengan masing-masing mampu melakukan proses pindai hingga ukuran 295 mm x 429.8 mm, dengan resolusi hingga 1200 × 2400 dpi untuk kualitas scanner flatbed dan resolusi 600 × 600 dpi untuk scanner ADF. Khusus untuk scanner ADF, printer bisa melakukan proses pindai secara bolak-balik atau duplex. Sementara untuk Copy, Brother MFC-J3530DW juga mampu melakukan cetak hingga ukuran A3 dengan resolusi hingga 1200 x 4800 dpi dan mampu memperbesar ukuran tulisan atau konten dokumen dari 25% hingga 400% pembesaran.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags: