in: News | August 19, 2017 | by: Irham

Install Endless OS Dual Boot Ternyata Sangat Mudah, Ini Dia Caranya!

Bosen dengan OS yang itu-itu aja? atau anda mau install OS yang legal tapi masih mempertimbangkan harga yang selangit? Mungkin anda bisa mencoba EndlessOS.

EndlessOS adalah OS baru untuk platform PC/notebook, yang dikembangkan oleh Endless Computer dengan menggunakan basis Linux. Mungkin terdengar agak mengerikan saat mendengar kata “Linux” karena kebanyakan OS ini digunakan oleh orang-orang yang professional di dunia IT. Namun EndlessOS menawarkan pengalaman yang lebih praktis, bahkan diklaim sesederhana penggunaan OS di Smartphone.

Sadar atau tak sadar, selama ini kita tidak butuh waktu lama untuk mempelajari  cara menggunakan smartphone, bahkan bagi kalangan early adopter. Dengan intuisi anda sendiri, anda akan langsung memahami cara penggunaannya. Begitu pula dengan EndlessOS, OS ini dirancang untuk dapat digunakan sesimpel mungkin bagi penggunanya. Mulai dari cara Install hingga penggunaannya.

Berikut ini kami akan memberikan bahasan mengenai cara menginstall Endless OS. Bagi anda yang ingin mencoba EndlessOS anda bisa mengikuti langkah-langkah yang kami tampilkan berikut ini.

1. Download dari mana? Cara instalasi Endless OS ini terbilang sangat mudah. Bahkan saya bisa menginstallnya tanpa mencari tahu terlebih dahulu penggunaan dari EndlessOS ini. EndlessOS bisa langsung diunduh melalui situs www.endlessos.com.

install-1

 

2. Proses download. Setelah mengakses situs tersebut, anda akan diberikan link untuk mengunduh installer Endless OS. Setelah installer ini terunduh, anda bisa mencarinya di folder explore anda Aplikasi installer ini mirip seperti installer aplikasi pada umumnya, misalnya seperti GoogleChrome. Karena installer ini memiliki format Exe.

install-3

 

install-4

 

3. Pilih mode instalasi. Saat installer dijalankan, maka anda akan diberi dua metode. Apakah anda ingin menginstal langsung pada perangkat notebook yang anda gunakan, atau membuat installer pada USB Drive.

Pada artikel ini kami akan mencoba metode pertama, yaitu menginstall langsung pada perangkat notebook yang digunakan. Metode pertama ini akan membuat perangkat anda memiliki dual boot. Seperti pada notebook yang saya gunakan berikut ini, sebelumnya telah terinstall OS Windows 7.

install-5

install 4b

 

4. Pilih versi. Untuk versi Basic, endless OS memiliki ukuran kapasitas yang tidak terlalu besar yaitu 1,6GB. Sementara untuk versi penuh dengan berbagai aplikasi yang lebih lengkap, ukuran installernya sebesar 13,9GB. Di sini saya mengunduh versi basic, mengingat ukurannya yang lebih kecil, dan juga sekedar untuk mengetahui  pengalaman penggunaan dari EndlessOS itu sendiri.

install-12

 

6. Download OS. Nah setelah memilih kapasitas OS yang ingin diinstal, selanjutnya tinggal klik next di bagian atas. Kemudian OS akan diunduh ke perangkat notebook anda. Ada dua proses yang dilakukan installer saat mengunduh yaitu melakukan verifikasi dan kemudian menginstal. Tunggu sampai semua proses selesai, maka Endless OS telah terinstall pada perangkat Notebook anda.

install-14

install-15

 

7. Restart/reboot. Setelah proses download dan instalasi selesai (secara otomatis), restart PC/Notebook Anda, nantinya akan muncul pilihan OS yang ingin anda jalankan pada saat booting. Pilih endlessOS maka OS anyar ini sudah siap digunakan.

install-16

 

8. Pengaturan awal. Anda akan diminta memilih bahasa, mengatur jam dan  juga membuat user dan password,untuk nantinya anda gunakan saat login ke PC/Notebook. Mirip seperti menu Administrator di Windows.

Tampilan dari Endless OS ini pun terasa sangat user friendly. Mirip gabungan antara Windows dengan Mac OS. Atau mungkin bagi anda yang berpengalaman menggunakan OS linux, maka Endless OS akan terasa lebih mudah digunakan. Apalagi Endless OS memang ditujukan untuk kalangan awam, yang membutuhkan OS gratis tapi tidak rumit dan juga aman digunakan.

Catatan update: Endless OS versi terkini memiliki penampilan yang lebih menyerupai Android/iOS dengan icon-icon yang terlihat di dalam foldernya.

install-17

Sekilas, OS ini sangat cocok bagi kalangan pendidikan, karena di dalamnya juga telah tersedia berbagai aplikasi yang telah memadai untuk aktivitas pelajaran. Apalagi buat kalian yang ingin membeli notebook ‘kosongan’ untuk mengejar harga lebih terjangkau, EndlessOS bisa jadi alternatif OS gratis, mudah digunakan dan legal.

Akan tetapi, OS ini pun akan cocok untuk Anda yang membutuhkan backup OS. Bayangkan, apa yang terjadi jika saat bepergian, OS utama Anda rusak total akibat virus atau malware. Endless OS akan dapat berfungsi sebagai OS cadangan yang tidak terinfeksi oleh virus yang dirancang khusus untuk Windows.

Untuk pembahasan mengenai pengalaman penggunaan Endless OS nantinya akan kami bahas di artikel berikutnya ya. Nantikan artikel mengenai Endless OS selanjutnya di jagatreview.com.

 

Catatan tambahan:

Jika laptop Anda memiliki fitur pengamanan ekstra seperti ‘Secure Boot’ pada HP, misalnya, Anda perlu mematikan fitur tersebut dari dalam BIOS terlebih dahulu. Sebab, fitur semacam ini akan menghapus setting dual boot yang dibuat oleh Endless OS.

Kami pun sudah menguji proses instalasi ini dengan perangkat yang menggunakan Windows 10 dan pengalaman kami pun sama saja dengan proses instalasi dalam tutorial ini. Tidak ada masalah yang timbul meski menggunakan mode UEFI.

Tags: