in: Highlights - Storage Devices - Tips | August 10, 2017 | by: Dian Syarifuddin

Jangan Buang Laptop Lama Anda!

Performa Laptop Meningkat Signifikan!

Penggantian HDD ke SSD pada kedua laptop yang kami gunakan, tentunya tidak hanya sampai disitu saja. Untuk itu kami akan menunjukkan simulasi lainnya yaitu performa yang didapat pada kedua laptop setelah HDD kami ganti ke SSD Samsung 850 EVO 500GB. Pertama, kami akan tunjukkan perbedaan kecepatan Read/Write menggunakan CrystalDisk Mark.

CrystalDisk Mark

CDM-Read

CDM-Write

Pada hasil pengujian sintetis di atas, terlihat kalau hasil sequential Read/Write antara HDD dengan SSD sangat jauh berbeda hingga 3x lipat. Akan tetapi, potensi sequential Read/Write yang ditawarkan SSD yang kami gunakan sebenarnya bisa ditingkatkan lagi jika interface pada laptop menggunakan SATA III. Kebetulan laptop yang kami gunakan ini menggunakan interface SATA II.

CDM SATA 3

Inilah hasil pengujian CrystalDisk Mark SSD Samsung 850 EVO 500GB melalui interface SATA III.

Photoshop CC

Test-Photoshop
Pada pengujian ini, makin PENDEK grafiknya, makin baik nilainya.

 

Saat kami menggunakan Photoshop CC, terbukti beban pekerjaan yang diberikan bisa diselesaikan oleh laptop dengan lebih cepat. Prosesor yang digunakan di laptop tentunya tidak berubah, demikian pula dengan RAM, kami tidak melakukan penambahan atau penggantian ke kecepatan yang lebih tinggi, tetapi performa meningkat hanya karena penggantian HDD ke SSD. Peningkatan yang didapatkan pun terbilang besar, hingga 1.8x lebih cepat.

Test Loading Time Game

Pengujian kami juga tidak berhenti pada CrystalDisk Mark dan Photoshop CC saja. Oleh karena salah satu laptop yang kami gunakan merupakan laptop gaming, kami mencoba melakukan pengujian loading time dua buah game, di antaranya Battlefield 3 dan Call of Duty: Modern Warfare 3. Berikut adalah hasil pengujian loading time pada kedua game tersebut.

BF3
SSD mampu memberika kecepatan loading time hingga 2.8x lebih cepat!
MW3
Loading time pada game COD: Modern Warfare 3 dengan SSD 2.3x lebih cepat dibanding HDD.

 

Pemilihan game di atas kami lakukan untuk menyesuaikan spesifikasi dari laptop gaming yang kami gunakan, yaitu MSI GX660R. Terbukti bahwa SSD mampu memberikan performa yang sangat tinggi dengan menyajikan loading time game menjadi lebih singkat dibandingkan saat laptop menggunakan HDD.

Sebelumnya kami sempat mensimulasikan penggantian HDD ke SSD pada sebuah laptop yang sudah berumur sekitar 3-4 tahun. Namun, melalui laptop “tua” berumur 7 tahun yang kami gunakan, terbukti bahwa SSD mampu “meremajakan” performa dari kedua laptop di atas. Peningkatan performa yang kami peroleh dari kedua laptop lama setelah mengganti HDD ke SSD juga dianggap jauh lebih baik ketimbang menambah kapasitas memory. Bahkan bisa dikatakan memiliki performa lebih kencang dibandingkan laptop baru yang masih menggunakan HDD.

Kesimpulan: SSD Solusi Paling Tepat Meningkatkan Performa Laptop Lama

Meskipun perkembangan teknologi laptop semakin canggih dalam beberapa tahun terakhir, bukan berarti laptop lama yang Anda miliki tertinggal sangat jauh akan performanya. Dengan melakukan upgrade yang terbilang cukup sederhana –mengganti HDD ke SSD, merupakan solusi yang paling tepat untuk meningkatkan performa laptop Anda, bahkan terbilang menjadi opsi upgrade yang lebih terjangkau.

DSCF7057

Dengan beberapa hasil pengujian di atas, terbukti bahwa SSD mampu memberikan peningkatan pada sebuah laptop yang memiliki spesifikasi tergolong cukup lawas. Meskipun laptop lama masih mengusung interface SATA II, kemampuan SSD tetap tampil jauh lebih tinggi dibandingkan HDD, dan masih sangat layak untuk menjalankan beberapa software penting yang biasa Anda gunakan seperti mengolah foto/video atau bahkan bermain game.

Jadi, sudah tentukan upgrade yang tepat untuk meningkatkan performa laptop lama Anda? Bagi  Anda yang masih memiliki laptop yang mungkin sudah sangat berumur hingga 7 tahun dan merasa masih bisa digunakan, jangan ragu untuk melakukan penggantian storage HDD laptop kesayangan Anda ke SSD. Selain mendapatkan performa lebih tinggi, SSD mampu memberikan performa lebih baik dibandingkan laptop terbaru yang masih menggunakan HDD di dalamnya.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES