Jangan Buang Laptop Lama Anda!

Reading time:

Ketika Anda memutuskan untuk memilih sebuah laptop ketimbang PC desktop, tentu ada beberapa faktor penting yang menjadi bahan pertimbangan Anda. Misalnya seperti mendukung kegiatan mobilitas Anda yang mungkin lebih sering di luar ruangan, baik itu aktivitas pekerjaan atau kuliah, atau mungkin saja karena Anda tidak memiliki ruang yang cukup di meja Anda untuk menampung sebuah PC desktop beserta monitornya.

DSCF7012

Namun biasanya, ada faktor pertimbangan lain juga ketika Anda memutuskan untuk memilih laptop, yang mana jika kita lihat beberapa tahun lalu, para produsen laptop sangat gencar menawarkan beragam laptop dengan desain lebih trendy serta didukung dengan performa yang mumpuni. Tentunya dengan beragam aspek yang ditawarkan, mulai dari spesifikasi serta fitur yang pada sebuah laptop terbaru, akan dirasa sudah sangat cukup untuk menunjang segala kebutuhan Anda pada saat itu. Namun seiring berjalannya waktu, laptop yang juga merupakan perangkat elektronik pastinya memiliki umur pemakaian.

Dengan kondisi perkembangan teknologi laptop yang terjadi saat ini, akan sangat wajar apabila Anda memiliki pendapat dan merasa bahwa laptop lama yang Anda gunakan sudah tergolong cukup berumur. Tidak sedikit pula yang melontarkan pendapat bahwa performa laptop yang mereka gunakan sudah jauh menurun jika dibandingkan saat pertama kali digunakan.

Haruskah Membeli Laptop Baru?

DSCF7010

Bagi yang memiliki budget tak terbatas tentunya akan sangat wajar bila mereka lebih memilih  untuk membeli sebuah laptop dengan spesifikasi dan juga fitur yang lebih baru. Namun apakah membeli sebuah laptop baru menjadi sebuah keharusan? Mungkin jika dilihat dari kebutuhan si pemakai yang terus meningkat akan menjadi hal yang sangat wajar untuk membeli sebuah laptop baru. Akan tetapi, jika kebutuhan belum terlalu mendesak serta kondisi laptop lama yang digunakan masih bisa digunakan, akan menjadi pilihan yang bijak untuk menunda atau mungkin dana yang Anda miliki bisa dialokasikan untuk melakukan upgrade hardware demi meningkatkan performa laptop lama Anda.

Pilih Upgrade yang Tepat untuk Laptop!

Bila Anda akhirnya memutuskan untuk melakukan upgrade, pilihlah upgrade yang tepat untuk laptop Anda. Umumnya hardware pada laptop yang bisa diupgrade sangat terbatas tidak seperti PC desktop. Hardware pada laptop yang umumnya lebih banyak dilakukan dilakukan upgrade dengan menambah kapasitas memory dan hard disk. Biasanya yang dianggap paling berpengaruh untuk meningkatkan performa laptop dengan cara melakukan upgrade memory.

DSCF7046

Namun adapula opsi lain untuk memperoleh performa laptop lebih “segar” dengan cara melakukan proses instal ulang sistem operasi atau juga dengan cara menghapus beberapa aplikasi yang sudah jarang sekali digunakan, terlebih lagi aplikasi tersebut menggunakan memory terlalu banyak.

Sebenarnya masih ada cara lain yang jauh lebih ampuh jika dibandingkan dengan cara-cara di atas untuk meningkatkan performa laptop. Jika Anda menduga bahwa hal ini berkaitan dengan storage, maka Anda benar sekali. Dengan melakukan penggantian hard disk laptop dengan SSD (Solid State Drive), merupakan pilihan upgrade yang paling tepat. Upgrade ke SSD bahkan jauh lebih efektif ketimbang menambah kapasitas memory.

Mengganti HDD ke SSD Pada Laptop

Meskipun laptop yang Anda pakai sudah terhitung cukup berumur, umumnya HDD (Hard Disk Drive) yang digunakan pada laptop hadir dalam form factor 2.5”. Anda hanya perlu melepas HDD lama pada laptop tersebut dan menggantinya ke SSD.

Berikut ini kami akan menunjukkan bagaimana cara mengganti HDD ke SSD pada sebuah laptop. Oleh karena pembahasan ini mengenai “Laptop Lama”, kami menggunakan dua buah laptop yang tergolong cukup berumur sekitar 7 tahun yang kami miliki, dan SSD yang akan kami gunakan pada kesempatan ini adalah produk dari Samsung, yaitu Samsung 850 EVO berkapasitas 500 GB, yang kebetulan tengah berada di lab. pengujian kami.

FX400 DSCF7026

Tiap produsen laptop biasanya memiliki rancangan produk yang berbeda-beda, terutama soal tata letak dari storage-nya. Namun pada dasarnya, melakukan penggantian HDD pada laptop mudah dilakukan, seperti pada laptop yang kami gunakan ini.

DSCF7030
Lepas baut pengunci bracket yang terpasang pada HDD.

 

Tarik ke belekang HDD agar terlepas dari interface SATA.
Tarik ke belakang HDD agar terlepas dari interface SATA.
DSCF7035
Bracket pengunci HDD yang disediakan oleh produsen laptop yang kami gunakan ternyata cukup mudah untuk dibongkar pasang.
Pindahkan bracket pengunci HDD ke SSD 2.5”
Pindahkan bracket pengunci HDD ke SSD 2.5”.
Pasang SSD yang sudah terpasang bracket pengunci ke laptop
Pasang SSD yang sudah terpasang bracket pengunci ke laptop
Laptop siap digunakan!
Laptop siap digunakan!

 

Kedua laptop yang kami gunakan ini salah satunya merupakan laptop gaming (MSI GX660R) yang memiliki spesifikasi mumpuni pada masa kejayaannya karena dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7 generasi pertama, yaitu Core i7-740QM yang dipadankan dengan RAM 4GB dan GPU HD5870. Sedangkan salah satu laptop lainnya (MSI FX400) juga merupakan laptop berbasis prosesor Intel Core i5 generasi pertama, yaitu Core i5-450M yang dipadankan dengan RAM 2GB dan GPU NVIDIA GT325M.

GX660R

DSCF7049Pada laptop gaming yang kami gunakan, sang produsen laptop tampaknya menyertakan dua buah slot storage 2.5” sehingga sang pengguna bisa melakukan mode RAID pada laptop tersebut. Namun, kami memasang SSD Samsung 850 EVO 500GB yang kami gunakan pada laptop ini.

DSCF7053

Pemasangannya pun cukup mudah sama, dengan melepas bracket pengunci yang disediakan lalu memasangnya pada SSD.

DSCF7054
Laptop pun siap digunakan.
Laptop pun siap digunakan.

Setelah melakukan penggantian HDD ke SSD pada kedua laptop lawas di atas, tentunya kami akan menampilkan seberapa jauh peningkatan yang dialami kedua notebook tersebut. Penasaran seberapa jauh peningkatannya? Simak hasil pengujian dari kami pada halaman berikut.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…