in: News | August 26, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Membedah PC Gaming Lenovo Legion Terbaru

Lenovo Legion Y920 Tower

Tiga anggota baru PC gaming desktop Lenovo Legion akhirnya resmi di luncurkan pada ajang Gamescom 2017. Hadirnya tiga varian itu membuktikan komitmen Lenovo Legion untuk memenuhi kebutuhan gamer dari semua kalangan. Untuk gamer dengan kebutuhan PC gaming desktop tanpa kompromi di performa, Lenovo Legion Y920 Tower adalah jawabannya. Sementara untuk gamer yang mencari titik imbang faktor performa dan harga, Lenovo Legion Y720 Tower siap memenuhi kebutuhan itu. Sedangkan di kelas entry level, Lenovo Legion Y520 Tower adalah PC gaming desktop performa tinggi untuk gamer dengan anggaran tidak terlampau besar. Lalu keunggulan apa saja yang ditawarkan ketiga PC gaming desktop Lenovo Legion kepada gamer? Kami akan mencoba “membedahnya” di artikel ini.

Lenovo Legion Y920 Tower

Lenovo Gamescom 02 (Y920)

Dibanding Y900, desain casing Lenovo Legion Y920 Tower tampak tidak banyak berubah. Ia tetap dibalut warna black matte disekujur bodi dengan motif carbon fibre di sisi depan dan ujung sisi atas yang membuat tampil garang. Penutup samping casing memiliki jendela transparan yang memudahkan gamer saat ingin memamerkan jeroan sistem gaming mereka.

Lenovo Gamescom 11 (Y920)

Gamer kini tidak perlu lagi dibuat repot saat memasang perangkat USB. Lenovo Legion Y920 Tower menyediakan empat port Type-A USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps) dan satu port Type-C USB 3.1 Gen 2 (10 Gbps) di sisi depan. Masifnya jumlah port USB dan tersedianya port HDMI pun mengindikasikan kemudahan konfigurasi perangkat VR (virtual reality) seperti Oculus Rift atau HTC Vive di sistem gaming ini. Tersedianya konektor USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps) dan USB 3.1 Gen 2 (10 Gbps) pun membuat proses transfer data ukuran “raksasa” berlangsung dengan cepat. Gamer tentu tahu lamanya waktu proses transfer data game ukuran puluhan Gigabyte jika tidak menggunakan konektivitas USB tersebut. Konektor audio headphone microphone combo jack pun tersedia di sisi depan beserta tombol power on/off berukuran besar dengan posisi yang mudah dijangkau.

Lenovo Gamescom 12 (Y920)

Melangkah ke sisi belakang Lenovo Legion Y920 Tower kita dapat menjumpai deretan konektor seperti satu port PS/2 untuk mengakomodir keyboard/mouse lawas, dua port USB 2.0 ideal digunakan untuk keyboard-mouse, satu port HDMI, empat port USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), satu port RJ45 ditenagai chip Killer LAN, dan enam audio ports with S/PDIF yang mendukung konfigurasi audio multi-channel sekaligus teknologi Dolby Atmos.

Lenovo Gamescom 13 (Y920)

Graphics card di Lenovo Legion Y920 Tower menyediakan konektor display seperti tiga Display Port 1.4, satu HDMI 2.0b, dan satu DVI-D. Gambar di atas memperlihatkan Lenovo menggunakan konektor HDMI di graphics card untuk menyediakan konektivitas HDMI di sisi depan dengan menghubungkan melalui kabel yang melewati sisi dalam casing. Melimpahnya jumlah konektor display memungkinkan Lenovo Legion Y920 Tower untuk menggunakan lebih dari satu monitor.

Lenovo Gamescom 15 (Y920)

Casing Lenovo Legion Y920 Tower memiliki keunikan dimana untuk membuka panel samping dengan jendela transparan, cukup dengan menekan area seperti gambar di atas. Akses ke komponen internal menjadi lebih cepat tanpa memerlukan obeng untuk membuka baut.

Lenovo Gamescom 16 (Y920)

Gambar di atas memperlihatkan komponen internal Lenovo Legion Y920 Tower. Untuk mendinginkan prosesor Lenovo kini menyediakan pilihan liquid cooling system dari produsen Asetek dengan satu kipas dan radiator berukuran 120 mm. Tidak perlu khawatir lagi prosesor akan mengalami kepanasan meskipun “digeber” bermain game sepanjang waktu, terlebih saat melakukan overclocking. Komponen VRM motherboard pun dilengkapi heatsink untuk menjaga temperatur kerja tetap terjaga di batas normal.

Motherboard Lenovo Legion Y920 Tower menyediakan empat slot memori/RAM DDR4 dengan dukungan kapasitas hingga 32 GB. Lenovo Legion Y920 Tower kini dapat dikonfigurasi dengan menggunakan memori/RAM Corsair Vengeance LPX yang dapat di overclock, sehingga dapat meningkatkan performa keseluruhan sistem.

Varian Lenovo Legion Y920 Tower yang kami jumpai di ajang Gamescomm 2017 menggunakan GeForce GTX 1070 8 GB. Tampak GTX 1070 itu memiliki penampilan tidak biasa dengan tema merah mencolok. Perpaduan merah dan hitam di graphics card sepertinya dipilih untuk menyesuaikan dengan warna khas Lenovo Legion. Terlihat pula sisi sisi “ekor” graphics card ditambahkan lempengan logam untuk membantu mengunci posisi sekaligus menopang graphics card sehingga tidak membebani slot PCIe.

Lenovo Gamescom 17 (Y920)

Lenovo Legion Y920 Tower mendukung konfigurasi multi-graphics card dengan tersedianya slot PCIe x16 kedua yang dapat meningkatkan performa gaming nyaris dua kali lipat. Lenovo Legion Y920 Tower menggunakan SSD sebagai primary storage membuat performa sistem gaming lebih optimal dan responsif. Konfigurasi paling tinggi adalah 512 GB x2 RAID 0 SSD NVMe PCIe 3.0 x4. Menariknya Lenovo kini melengkapi SSD tersebut dengan pendingin untuk memastikan performa puncak dapat dicapai setiap saat. Tepat disebelah SSD terdapat modul wireless network yang mengandalkan chip Killer Wireless-AC (Wi-Fi ac). Implementasi dua chip Killer membuat teknologi Killer DoubleShot Pro dapat diaktifkan yang secara pintar mengatur lalu lintas data di jaringan dan memprioritaskan game online di jalur paling cepat sekaligus bebas hambatan.

Lenovo Gamescom 18 (Y920)

Lenovo Legion Y920 Tower menyediakan secondary storage HDD SATA dengan kapasitas maksimal 4 TB. Casing Lenovo Legion Y920 Tower sendiri memungkinkan untuk menampung hingga tiga storage SATA 3,5 inci.

Lenovo Gamescom 19 (Y920)

Untuk memastikan pasokan listrik setiap komponen mencukupi dan stabil, Lenovo Legion Y920 Tower mengandalkan power supply 610 Watt yang telah mengantongi sertifikasi 80 Plus Bronze. Tampak power supply tersebut datang dari produsen ternama AcBel.

Pilihan Spesifikasi

Processor

7th Generation Intel Core i7-7700K

7th Generation Intel Core i5-7600K

Graphics Card

NVIDIA GeForce GTX 1080 8 GB

NVIDIA GeForce GTX 1070 8 GB

NVIDIA GeForce GTX 1060 6 GB

AMD Radeon RX 570 4 GB

Memory

Up to 32 GB DDR4 Overclockable Corsair

Storage

512 GB x 2 PCIe SSD RAID 0

512 GB PCIe SSD + 4 TB SATA HDD

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES