in: News | August 29, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

PC Gaming Lenovo Legion: Dari Gamer Untuk Gamer

Di ajang Gamescom 2017, komitmen Lenovo Legion di segmen gaming kembali dibuktikan dengan diluncurkannya lini produk PC desktop generasi terbaru mereka. Lenovo pun memberi kesempatan spesial kepada kami untuk berbincang singkat dengan orang yang bertanggung jawab penuh untuk lini produk Legion, Mr. Teddy Lee, Senior Product Manager Of Gaming Business, PC & Smart Devices Business Group. Beliau memiliki peran penting untuk mengawasi portfolio dan roadmap, beserta menentukan teknologi apa yang sesuai dengan pasar PC gaming di produk Lenovo Legion. Ia juga bertanggung jawab membuat produk dengan desain lebih baik, membangun ekosistem gaming, dan menentukan kerjasama strategis dengan pihak lain.

Lenovo Gamescom 25
Mr. Teddy Lee

JagatReview: Apa alasan Lenovo begitu serius di pasar gaming?

Lenovo: Seperti kita ketahui, komunitas gaming saat ini berkembang sangat pesat. Beberapa tahun lalu kami mulai menyadari jika telah terjadi perubahan tren pada perangkat PC yang mulai menjadi alat untuk berinteraksi sosial. Dan salah satu komunitas sosial terbesar di luar sana adalah komunitas gaming. Lenovo sebagai perusahaan PC terdepan merasa sangat penting untuk mengatur strategi untuk mulai menyediakan lebih banyak produk untuk mendukung interaksi sosial di komunitas gaming. Kami sebenarnya selalu berada di segmen PC gaming, tetapi sejak 2-3 tahun lalu akhirnya kami mulai lebih memfokuskan diri di pasar tersebut.

JagatReview: Apa nilai jual utama Lenovo Legion mengingat produsen lain dapat menawarkan produk serupa dengan spesifikasi hardware mirip?

Lenovo: Terdapat rahasia kecil untuk ini. Beberapa waktu lalu kami meluncurkan brand khusus untuk produk gaming dengan nama Legion di ajang CES 2017. Salah satu alasan munculnya brand Legion pun sebenarnya diawali dari komunitas gaming. Dalam tahap perencaan produk Legion, kami meminta masukan sebanyak mungkin dari komunitas gaming seluruh dunia, baik dari segi desain, performa, dan masih banyak lagi. Tim Lenovo kemudian mengolah masukan yang didapatkan dan menggabungkannya dengan pemikiran mereka sendiri untuk menciptakan produk terbaik yang diinginkan. Jadi kami tidak membuat produk Legion atas usaha kami sendiri. Kami mendengar apapun masukan berharga dari komunitas gaming dalam membuat produk. Inilah yang membedakan kami dengan kompetitor lainnya.

JagatReview: Di pasar seperti negara Indonesia, hampir setiap orang membeli PC desktop rakitan dengan membeli komponen satu persatu dari berbagai merk. Bagaimana cara Lenovo Legion masuk ke pasar seperti ini dengan produk PC desktop nya? Adakah keuntungan yang ditawarkan dibandingkan membeli PC desktop rakitan?

Lenovo: Akan selalu ada konsumen yang merakit PC desktop gaming rakitan. Jadi yang Lenovo tawarkan seperti di Y920 Tower, Y720 Tower, dan Y520 Tower adalah PC desktop gaming jadi dengan standar tinggi untuk kualitas, reliabilitas, dan kualitas kontrol. Tentu saja PC desktop gaming jadi kami menawarkan garansi internasional. Kami pun menyadari ada gamer di komunitas gaming yang bekerja dan tidak memiliki waktu banyak untuk memikirkan komponen yang tepat untuk PC desktop gaming mereka. Gamer seperti itu menginginkan sebuah PC desktop gaming dalam bentuk jadi dan disinilah Lenovo mencoba menawarkan produk Legion nya. Lenovo Legion Y920 Tower, Y720 Tower, dan Y520 Tower pun menggunakan standar komponen seperti PC desktop konvensional lainnya sehingga memudahkan saat ingin melakukan upgrade atau penggantian.

Di Lenovo Legion Y920 Tower pun kami mengimplementasikan masukan dari komunitas gaming yang menginginkan performa lebih pada PC desktop gaming mereka. Kami pun menjalin kerjasama eksklusif dengan Corsair untuk mewujudkan hal tersebut. Pihak Corsair bahkan mendatangi teknisi kami untuk memberikan masukan hal apa saja yang dapat dilakukan pada motherboard Lenovo Legion Y920 Tower, sehingga kemampuan memori/RAM Corsair dapat dimaksimalkan performanya. Kami juga menjalin kerjasama eksklusif dengan pihak Asetek untuk menyediakan solusi pendinginan terbaik di Lenovo Legion Y920 Tower melalui produk AIO liquid cooling system mereka. Solusi pendingin itu memastikan keinginan komunitas akan performa PC desktop gaming yang lebih kencang akan terwujud. Kerjasama eksklusif dengan dua produsen ternama dengan produk kualitas tinggi mereka sangatlah penting dalam menciptakan PC gaming desktop terbaik untuk konsumen kami.

JagatReview: Jadi memang aman melakukan overclock di Lenovo Legion Y920 Tower?

Lenovo: Tentu saja. Bahkan kami menyediakan aplikasi bernama Nerve Center yang memiliki sejumlah overclocking preset, Normal Mode, Gaming Mode, dan Performance Mode. Kami pun telah melakukan pengujian Lenovo Legion Y920 Tower hingga batas performa maksimal untuk menjamin kualitas dan reliabilitas.

JagatReview: Apakah opsi Asetek dan Corsair tersedia di Lenovo Legion Y920 Tower, Y720 Tower, dan Y520 Tower?

Tidak. Asetek dan Corsair hanya tersedia di Lenovo Legion Y920 Tower. Bahkan gamer masih memiliki pilihan untuk tidak menggunakan sistem pendingin Asetek dan memori/RAM Corsair jika diinginkan.

JagatReview: Apakah ada rencana untuk merilis Lenovo Legion Y-Series Tower dengan menggunakan platform kelas extreme dari Intel dengan prosesor Core i9?

Lenovo: Kami senantiasa melihat kemungkinan itu. Mungkin akan ada kesempatan akan hadirnya PC desktop Lenovo Legion dengan prosesor Core i9 mengingat kerjasama erat kami dengan pihak Intel. Untuk saat ini kami belum dapat memberikan kepastiannya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES