in: Storage Devices | August 12, 2017 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD: Corsair Neutron NX500 NVMe 400GB

Pada hasil pengujian ini, seperti biasa kami menggunakan beberapa benchmark pilihan, seperti HD Tune, CrystalDisk Mark, PC Mark 8, ATTODisk Benchmark dan pengujian real-life dengan melakukan transfer file besar dan kecil berkapasitas 6 GB. Oleh karena SSD Corsair Neutron NX500 M8Pe ini mengusung protokol NVMe, kami turut menyertakan dua SSD lainnya yang sama-sama mengusung protokol NVMe serta form factor HHHL Add-in card. Keikutsertaan dua SSD lainnya ini kami lakukan hanya semata-mata sebagai pembanding saja, dan berikut adalah hasil pengujian dari SSD Corsair Neutron NX500 400 GB.

HD Tune

HDTune-Read

HDTune-Write

HDTune-Access-Time

HDTune-Burst-Rate

Pada hasil pengujian sintetis melalui HDTune, terlihat kemampuan Read yang ditunjukkan SSD Corsair ini paling rendah di antara dua SSD pembanding. Akan tetapi, kemampuan Write yang dimiliki Neutron NX500 400 GB tampil paling tinggi.

CrystalDisk Mark

CDM-Read

CDM-Write

Hasil pengujian sintetis berikutnya berlanjut pada CrystalDisk Mark. Pada hasil pengujian ini terlihat bahwa SSD terbaru dari Corsair ini tampil paling gemilang di antara kedua SSD pembanding, baik pada kecepatan sequential Read maupun Write.

ATTODisk Benchmark

ATTODisk

Pada hasil pengujian menggunakan ATTODisk Benchmark, kami juga mendapatkan hasil pengujian yang sesuai dengan yang diklaim oleh Corsair bahwa SSD ini mampu menyentuh kecepatan Read hingga 3000 MBps dan Write 2300 MBps.

PC Mark 8

PCM8-Score

PCM8-Bandwidth

PCM8-Storage-details

Pada hasil pengujian menggunakan PC Mark 8, terlihat skor yang dihasilkan bersaing ketat dengan para pesaingnya. Namun untuk skor bandwidth-nya, Corsair Neutron NX500 kembali menunjukkan performa yang lebih tinggi. Sedangkan untuk hasil skor detail, tidak ada perbedaan yang signifikan dari Corsair Neutron NX500 ini dengan para pesaingnya.

Tes Transfer File 6 GB

Tes-Transfer-file

Setelah menunjukkan hasil pengujian sintetis, kini kita beralih ke pengujian secara real-life, yakni dengan melakukan proses transfer file besar dan kecil berkapasitas 6 GB. Berdasarkan hasil pengujian yang bisa Anda lihat di atas, baik pada proses transfer file Read/Write yang ditampilkan SSD Corsair ini sangat cepat.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES