in: Graphics Card | August 4, 2017 | by: Luthfi Fuardi

Review VGA Card: Colorful iGame GTX 1070 X-Top-8G Advance Limited

Graphics Card

Colorful iGame GTX 1070 X-Top Advance Limited (17)

Graphic card ini datang dengan sistem pendingin tiga fan yang bisa dibilang sangat menunjang tampilan dari graphic card ini. Kombinasi warna silver hitam dengan sedikit aksen merah membuatnya layak dinobatkan sebagai salah satu graphic card yang gagah. Apalagi adanya logam merah bersirip yang melingkar pada kipas bagian tengah, sepertinya membantu memfokuskan aliran udara dari kedua kipas di sampingnya.

Colorful iGame GTX 1070 X-Top Advance Limited (16)

Sistem pendingin bernama Silver Shark  yang berukuran cukup masif ini datang dengan dua buah fan berukuran 92 mm dan satu buah fan 80 mm yang dilengkapi dengan i-Ring (logam merah melingkar di bagian tengah) yang sandingkan dengan heatsink yang dilengkapi 4 heatpipe 6mm dan 1 Heatpipe 8mm yang membantu menyebarkan panas keseluruh permukaan heatsink bersiripnya tersebut. Dengan heatsink ini, Colorful mengklaim, suhu kerjanya 16 derajat lebih rendah ketimbang sistem pendingin Founders Edition dari NVIDIA. Di bawah sistem pendingin ini terdapat komponen VRM dengan desain 8+2 fasa yang diklaim mampu menangani pasokan listrik ke GPU dan Memori agar lebih stabil.

Colorful iGame GTX 1070 X-Top Advance Limited (8)

Colorful iGame GTX 1070 X-Top Advance Limited (9)

 

Datang dengan tiga kipas berukuran yang berbeda, Coloful yakin keitganya mampu membuang panas dari heatsink graphic card tersebut. Teknologi i-Ring pun sepertinya berguna untuk memfokuskan aliran udara agar lebih optimal lagi dalam membuang panas dari heatsink. Tak lupa, untuk menjaga kebisingan graphic card ini saat idle, fan sistem pendingin ini dilengkapi dengan fitur Intelligent Stop&Start Technologi yang membuat kipas baru akan berputar saat suhu GPU berada di atas 62° Celsius.

Colorful iGame GTX 1070 X-Top Advance Limited (12)

Colorful iGame GTX 1070 X-Top Advance Limited (11)

Colorful iGame GTX 1070 X-Top Advance Limited (10)

Dari bagian sisi-sisinya Anda bisa melihat branding iGame dan juga Anda akan melihat heatpipe besar yang tertanam dalam heatsink Silver Shark ini. Masif dan gagah, namun bagaimana kinerjanya dalam membuang panas?

Suhu Kerja Colorful iGame GTX 1070 X-Top-8G Advance Limited

Colorful iGame GTX 1070 X-Top Advance Limited (5)

Normal Mode:
  • Full-load :68°C (fan speed: Auto @47% 1773rpm)
  • Idle : 47°C (fan speed: Auto @0% 0 rpm)
OC/Turbo Mode:
  • Full-load :69°C (fan speed: Auto @49% 1885rpm)
  • Idle : 47°C (fan speed: Auto @0% 0 rpm)

Melihat suhu yang disuguhkan, sistem pendingin masif pada graphic card ini dapat membuktikan kinerjanya. Dengan spesifikasi pre-overclock, suhu kerja yang disuguhkan sistem pendingin graphic card ini cukup menjanjikan untuk diajak bermain game berlama-lama. Mungkin Colorful bisa menseting kipasnya lebih tinggi untuk mendapatkan suhu kerja yang lebih baik. Satu hal lagi yang harus di perhatikan adalah suhu idle-nya. Catatan suhu 47°C tanpa ada load itu bukanlah suatu yang menyenangkan dilihat.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES