in: News | September 23, 2017 | by: Yufianto Gunawan

AMD Radeon Hentikan CrossFire!

CrossFire, yang selama ini digunakan untuk menyebut teknologi multi graphics card dari AMD, akhirnya dihentikan! AMD Radeon Tech. Group (RTG), saat mengumumkan fitur multi graphics card/multi GPU (mGPU) untuk Radeon RX Vega, sama sekali tidak menyebut CrossFire. Berdasarkan laporan dari salah satu media ternama, AMD RTG memang telah resmi menghentikan CrossFire! Namun, ini bukan berarti mereka menghentikan dukungan mGPU di Radeon!

AMD Radeon CrossFire

CrossFire Sudah Usang

Salah satu hal yang membuat AMD menghentikan CrossFire adalah karena “teknologi” itu dianggap sudah usang. CrossFire, menurut AMD RTG, merujuk ke teknologi mGPU yang ditujukan untuk implementasi di DirectX 11. Kini, dengan hadirnya DirectX 12, AMD RTG merasa CrossFire sudah waktunya ditinggalkan, dan beralih ke mGPU sesuai yang didukung DirectX 12.

Secara umum, menghadirkan dukungan mGPU di DirectX 11 dan DirectX 12 sangat berbeda, di mana AMD RTG harus membuat profil CrossFire untuk game-game yang mengusung DirectX 11, sementara di DirectX 12, hal itu harus didukung secara native di game. Kini, AMD RTG hanya akan menyebut CrossFire ini sebagai “mGPU”. Mereka merasa sebutan itu lebih sesuai untuk kondisi yang ada saat ini.

Tetap Kembangkan Dukungan mGPU untuk DirectX 11

AMD RTG tidak akan benar-benar meninggalkan “CrossFire”. Mereka berjanji bahwa teknologi di balik CrossFire akan tetap dilanjutkan. Bahkan, profil mGPU untuk game-game DirectX 11 pun tetap akan dibuat untuk game-game yang akan hadir di kemudian hari. Jadi, secara garis besar, AMD RTG hanya akan menghilangkan nama CrossFire saja, bukan menghentikan pengembangan teknologi tersebut.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES